x

Sowan ke PSSI, Justin Hubner dan Ivar Jenner Boyong Keluarga Temui Iwan Bule

Senin, 24 Oktober 2022 17:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Ivar Jenner dan Justin Hubner bersama keluarganya menyambangi kantor PSSI.

INDOSPORT.COM - Dua pemain blasteran Indonesia-Belanda, Justin Hubner dan Ivan Jenner, mengunjungi Kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta, Senin (24/10/22). Keduanya bertemu dan membicarakan banyak hal dengan Ketua Umum Mochamad Iriawan.

Justin dan Ivar ternyata tak datang sendiri. Nama pertama didamping kedua orang tua, sedangkan nama terakhir ditemani sang ayah. Mereka juga didampingi agen pemain, Fardy Bachdim yang merupakan kakak Irfan Bachdim.

Baca Juga

Kedua pemain dan keluarganya berdiskusi banyak hal dengan Ketum PSSI selama kurang lebih empat jam. Sayangnya, Iwan Bule, sapaan Iriawan, belum bisa memberikan penjelasan detail soal pertemuan siang tadi.

Iwan Bule menyerahkan wewenang kepada utusan PSSI, Hamdan Hamedan untuk memberikan keterangan detail soal proses naturalisasi Justin Hubner dan Ivar Jenner.

"Nanti ya sama Pak Hamdan, dia yang akan mewakili memberikan penjelasan detailnya. Tapi kalau mau wawancara pemain dan keluarga, boleh silakan,” kata Iwan Bule.

Baca Juga

Setelah pertemuan, Ketum PSSI dan dua pemain bersama keluarganya berfoto bareng. Ivar dan Justin nantinya juga akan menjalani tes fisik di GBK Arena bersama Kepala Tim Medis PSSI, dokter Syarif Alwi . 

Sementara itu, utusan PSSI, Hamdan Hamedan, menjelaskan Ivar Jenner dan Justin Hubner adalah dua nama yang memang direkomendasikan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kualitas kedua anak muda itu sesuai kriteria Shin Tae-yong setelah sebelumnya dipantau langsung oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dan Kim Jong-jin yang merupakan asisten dan analisis pertandingan di timnas Indonesia.

Baca Juga

"Coach Shin rekomendasikan empat pemain, tapi memang benar awalnya ada 11 nama. Namun, kemudian dipantau empat nama yang sesuai kriteria coach Shin," jelas Hamdan.

“Sebelumnya ada tiga kan yang datang, jadi total ada 15 nama. Kemarin itu coach Indra dan coach Jin memantau latihan dan pertandingan mereka, dari situ kemudian dilaporkan performa mereka, lalu coach Shin rekomen empat pemain,” imbuhnya.


1. Rekomendasi Shin Tae-yong

Ivar Jenner dan Justin Hubner bersama keluarganya menyambangi kantor PSSI.

Ivar Jenner kini bermain untuk klub Belanda, FC Utrecht U-21 dan Justin Hubner merupakan bek tengah klub Inggris, Wolverhampton Wanderers U-21. Keduanya kini berusia 18 tahun. 

Justin Hubner punya darah Indonesia dari pihak ayah, sedangkan ibunya keturunan Belanda. Dia mengakui kakek dan neneknya (dari pihak ayah) berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, dan Bandung, Jawa Barat.

Justin mengawali kariernya bersama tim muda Belanda, Brabant, kemudian pindah ke skuad muda Den Bosch pada 2017. Selanjutnya, dia merantau ke Liga Inggris pada awal 2020 dan bermain untuk Wolverhampton Wanderers U-21.

Baca Juga

Sedangkan Ivar Jenner diketahui memiliki garis keturunan Indonesia dari sang nenek yang berasal Jember, Jawa Timur. Dia sempat menimbah ilmu di klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, tapi kemudian memutuskan pindah ke tim kota kelahirannya yakni FC Utrecht.

Menariknya, Ivar Jenner sudah pernah bermain untuk timnas Belanda U-15 di laga uji coba melawan Belgia pada 7 Maret 2019. Setelah itu, ia juga mendapat panggilan untuk mengikuti seleksi di Belanda U-17 dan U-18.

Baca Juga

Sebelumnya ada tiga pemain keturunan yang sempat dipanggil ikut latihan menjelang Piala AFF U-19 2022. Mereka adalah Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel.

Akan tetapi, kabarnya Shin Tae-yong belum puas dengan kemampuan ketiga nama itu. Sehingga, dia memutuskan untuk mengajukan nama baru ke PSSI.

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaIvar JennerMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaJustin Quincy HubnerOne Football

Berita Terkini