x

Makin Tak Tertandingi, Bedah Formasi Mengerikan Man City Jika Khvicha Kvaratskhelia Merapat

Selasa, 25 Oktober 2022 18:30 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Menjelang bursa transfer musim dingin, Manchester City dikabarkan tengah mengincar Khvicha Kvaratskhelia. Foto: REUTERS/Ciro De Luca

INDOSPORT.COM – Menjelang bursa transfer musim dingin dibuka pada Januari nanti, Manchester City dikabarkan tengah mempersiapkan diri untuk menggaet Khvicha Kvaratskhelia dari Napoli.

Nama Khvica Kvaratskhelia dalam beberapa pekan terakhir memang tengah menjadi perbincangan yang hangat di kalangan para penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Baca Juga

Namanya melambung setelah dalam awal-awal musim kompetisi Liga Italia dan Liga Champions 2022/23, Khvicha Kvaratskhelia menunjukkan performa yang menjanjikan.

Hal itu terlihat lagi saat Napoli berhasil membanti Liverpool pada mathcday ke-1 Liga Champions 2022/23 dengan dirinya ikut ambil bagian sebagai salah satu pencetak gol dilaga tersebut.

Kini, sang pemain asal Georgia tersebut telah mengoleksi 7 dol dan 8 assist dalam 14 pertandingannya bersama Napoli.

Baca Juga

Melansir dari Fichajes, atas performa gemilangnya tersebut Khvicha Kvaratskhelia saat ini dikabarkan menjadi incaran klub kaya raya Liga Inggris, Manchester City.

Dibentengi oleh sang presiden Napolil dengan memberikan tawaran kenaikan gaji, bagi Manchester City yang memiliki kekayaan tak tertandingi, benteng tersebut tak begitu memberi ketakutan kepada mereka.

Man City sendiri sejak dibeli oleh pejabat dan pebisnis asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour hampir tak mungkin untuk tidak bisa membeli pemain dengan harga berapa pun.

Baca Juga

Terlebih lagi saat ini, Man City juga membutuhkan pemain sayap yang lebih variatif agar bisa menusuk pertahanan lawan lebih dalam lagi.

Berikut INDOSPORT akan mengulas formasi mengerikan yang akan dipakai Pep Guardiola bersama Man City jika Kvicha Kvaratskhelia merapat ke Etihad Stadium.


1. Khvicha Kvaratskhelia Bisa buat Man City Lebih Variatif

Khvicha Kvaratskhelia saat laga Liga Champions Napoli vs Ajax Amsterdam

Sebagaimana diketahui, Man City saat ini telah memiliki kedalaman skuad yang mumpuni untuk mengarungi musim kompetisi 2022/23.

Namun, hal itu tampaknya belum cukup setelah adanya kabar yang menyatakan Man City tertarik untuk mendatangkan Khvicha Kvaratskhelia dari Man City.

Baca Juga

Akan tetapi, pertanyaan kemudian muncul, posisi apakah yang kira-kira tepat untuk diberikan kepada Kvaratskhelia?

Kvaratakhelia sendiri bersama Napoli kerap sekali ditempatkan pada posisi sayap kiri oleh pelatih Luciano Spalletti.

Namun, jika Khvicha Kvaratskhelia bergabung dengan Man City, bukan tidak mungkin Pep Guardiola akan memberikan tantangan baru kepadanya dengan ditempatkan di posisi sayap kanan. Lebih lagi Kvaratskhelai juga memiliki kekuatan di kaki kanan dan kiri yang sepadan.

Baca Juga

Kesepadanan itulah yang setidaknya akan membuat Pep Guardiola memiliki daya gedor yang lebih variatif lagi dengan adanya Kvaratskhelia.

Posisi sayap kanan Man City sendiri selama ini kerap dihuni Riyad Mahrez. Akan tetapi, usianya yang sudah memasuki angka 31 tahun membuat Pep setidaknya membutuhkan kesegaran dalam menyerang.

Formasi 4-3-3 sejatinya tetap akan menjadi formasi fundamental yang akan tetap dipakai oleh Pep Guardiola jika Kvaratskhelia datang.

Baca Juga

Dengan trio Phil Foden di sayap kiri, Erling Haaland di tengah, dan Khvicha Kvaratskhelia di sayap kanan dipastikan akan membuat lini serang Man City semakin tak tertandingi.

Selain formasi fundamental 4-3-3, Pep Guardiola juga akan dapat menggunakan formasi 4-1-2-3 dengan lini tengah yang akan diisi Kevin de Bruyne dan Bernardo Silva untuk menjadi gelandang tengah penghubung lini depan dan Rodri sebagai gelandang bertahan.


2. Lini Serang Semakin Mematikan

Khvicha Kvaratskhelia saat laga Liga Italia AC Milan vs Napoli. Foto: Reuters/Daniele Mascolo

Kedatangan Khvicha Kvaratskhelia dipastikan akan membuat lini serang Man City tak hanya lebih variatif akan tetapi juga lebih mematikan.

Terlebih lagi dengan Haaland yang saat ini telah menjadi momok menakutkan lewat permainan yang ia tunjukkan di lini tengah Man City.

Baca Juga

Haaland sendiri saat ini telah berhasil mencetak 22 gol dari 15 penampilannya bersama Man City di semua kompetisi.

Sebanyak 17 gol setidaknya telah Haaland lesatkan kala Man City bermain di Liga Inggris, dan lima sisanya di Liga Champions.

Sedangkan, Kvicha Kvaratskhelia sendiri saat ini juga telah mengemas 7 gol dan 8 assist dalam 15 pertandingannya di Liga Italia dan Liga Champions.

Baca Juga

Phil Foden yang akan menjadi tandemnya nanti saat ini juga telah berhasil menorehkan 7 gol dan dan 3 assist di semua kompetisi yang Man City jalani.

Jika ketiga pemain tersebut berada dalam satu barisan di lini serang bukan tidak mungkin lagi Man City akan memiliki barisan depan yang mematikan.

Terlebih lagi dengan statistik Kvaratskhelia yang kerap memberikan assist. Hal itu pastinya akan membuat Erling Haaland yang berada di lini tengah akan lebih mudah menggelontorkan gol dari umpan-umpannya.

Baca Juga

Prediksi Starting Line Up Man City dengan Kvaratskhelia

(4-1-2-3): Ederson Moraes; Joao Cancelo, Ruben Dias, John Stones, Oleksandr Zinchenko: Rodri; Bernardo Silva, Kevin de Bruyne, Khvicha Kvaratskhelia, Erling Haaland, Phil Foden.

Pelatih: Pep Guardiola.

Manchester CityNapoliLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisKhvicha Kvaratskhelia

Berita Terkini