x

Profil Dony Tri Pamungkas, Macan Muda Persija yang Cetak Gol untuk Timnas U-20 di Turki

Jumat, 28 Oktober 2022 08:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Gelandang muda Persija Jakarta, Dony Tri Pamungkas yang bersinar bersama Timnas Indonesia U-20.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil Dony Tri Pamungkas, Macan Muda Persija Jakarta yang mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-20 di Turki, Rabu (26/10/22).

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-20 baru saja menggelar laga uji coba melawan Turkiye U-20 pada Rabu lalu, bertempat di Stadion Manavgat Attaturk.

Baca Juga

Tertinggal 0-1 di babak pertama, Timnas Indonesia U-20 memberikan perlawanan maksimal. Namun, Turkiye U-20 lagi-lagi menjebloskan bola ke gawang Garuda.

Timnas U-20 akhirnya bisa mencetak gol pelipur lara di babak perpanjangan waktu, lewat gol ciamik dari Dony Tri Pamungkas.

Lantas, siapakah Dony Tri Pamungkas? Berikut INDOSPORT.com mengulas sosoknya.

Baca Juga

Perantau Belia dari Boyolali

Dony Tri Pamungkas lahir di Boyolali, Jawa Tengah pada 11 Januari 2005 lalu. Dengan demikian, saat ini ia baru berusia 17 tahun.

Dony mengawali karier sepak bolanya di tim Bina Taruna pada tahun 2019 lalu. Ia masuk radar Persija Jakarta Youth, dan langsung bermain di Elite Pro Academy Liga 1 U-18.

Kala itu, ia bermain sebagai gelandang serang atau sayap. Namun seiring waktu, Dony juga bisa bermain sebagai wingback.

Baca Juga

Pelatih Persija Jakarta kala itu, Angelo Alessio juga tertarik melihat bakat Dony Tri Pamungkas. Ia dengan cepat dipromosikan ke tim senior dan menjalani debut di Liga 1.

Dengan kualitasnya tersebut, ditambah dengan nama besar Persija Jakarta, Dony pun langsung melejit hingga memiliki nilai pasar yang cukup tinggi, yakni Rp1,3 miliar.


1. Melejit Bersama Persija Jakarta

Gelandang muda Persija, Dony Tri Pamungkas

Dony Tri Pamungkas bergabung dengan Persija Jakarta sejak 1 September 2021. Ia pun mendapat jatah debut bersama Macan Kemayoran pada 28 September 2021 lalu.

Kala itu, Dony masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan Liga 1 Persija Jakarta melawan Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Baca Juga

Pelatih Angelo Alessio kembali memberi kepercayaan kepada Dony ketika Persija Jakarta menghadapi Persiraja, Arema FC, Madura United, dan Persebaya Surabaya.

Sempat dicadangkan, Dony Tri Pamungkas lagi-lagi diandalkan dalam laga kandang kontra PS Barito Putera dan Bali United. 

Memasuki putaran akhir, pelatih caretaker Persija, Sudirman memberi kesempatan bagi Dony untuk menjadi starting lineup.

Baca Juga

Kala itu, Dony membayar kepercayaan itu dengan bermain apik melawan Persikabo 1973, Madura United, hingga PSS Sleman.


Tembus Timnas Indonesia U-20

Pada satu kesempatan, Dony Tri Pamungkas membela Persija Jakarta U-18 dalam laga uji coba menghadapi Timnas Indonesia U-20.

Nampaknya, saat itu pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong melihat potensi Dony Tri Pamungkas, sehingga ia turut dipanggil untuk memperkuat skuat Garuda Muda.

Baca Juga

"Sepertinya saya dipantau saat Persija U-18 uji coba melawan Timnas U-20 lalu. Saya dikontak oleh sektim Timnas U-20," kata Dony dilansir dari laman resmi Persija.

Alhasil, Dony Tri Pamungkas kini masuk dalam skuat Timnas Indonesia U-20 yang menggelar pemusatan latihan di Turki dan Spanyol, jelang Piala Asia U-20 Uzbekistan.


2. Rekor Dony Tri Pamungkas

Dony Tri Pamungkas, pemain muda Persija Jakarta di Timnas Indonesia U-20

Penampilan Dony Tri Pamungkas di laga Timnas Indonesia U-20 vs Turkiye U-20 berhasil menorehkan rekor fantastis.

Dony menjadi pemain kelahiran tahun 2005 pertama yang sukses mencetak gol bagi Timnas Indonesia di ajang internasional.

Sebagaimana diketahui, rata-rata pemain Timnas Indonesia U-20 adalah kelahiran tahun 2004, sehingga bisa diandalkan di Piala Dunia U-20, tahun 2023 mendatang.

Hanya Dony dan Kadek Arel Priyatna yang berstatus sebagai pemain kelahiran 2005, dan dipercaya untuk bermain oleh STY.

Dengan gol ke gawang tim Turki, Dony Tri Pamungkas akan semakin mendapatkan tempat di hati Shin Tae-yong, selangkah menuju posisi inti di Piala Dunia U-20 2023.

Persija JakartaTurkiTimnas IndonesiaIn Depth SportsProfil Atlet dan FotoProfil Atlet MudaprofilBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini