x

Persis Solo Sukses Tekuk Persipa Pati dan Persiba Bantul, Rasiman Soroti Hal Ini

Sabtu, 29 Oktober 2022 12:08 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ilham Oktafian
Asisten Persis Solo, Rasiman, masih memiliki catatan ketika menang 3-1 atas Persipa Pati dan 3-0 atas Persiba Bantul dalam uji coba di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (28/10/22).

INDOSPORT.COM - Asisten Persis Solo, Rasiman, masih memiliki catatan ketika menang 3-1 atas Persipa Pati dan 3-0 atas Persiba Bantul dalam uji coba di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (28/10/22).

Dua uji coba dilakukan Laskar Sambernyawa dalam sehari. Pada partai pagi, Persis Solo menghadapi Persiba yang berstatus tim Liga 3. Dalam laga ini Persis Solo turut menurunkan striker Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka.

Baca Juga

Kaka tampil impresif dengan membuat satu gol ke gawang Persiba. Dua gol lain dicetak Muhammad Kanu Helmiawan dan Rendy Sanjaya.

Lalu, pada sore harinya, Persis Solo melawan Persipa Pati yang berstatus tim Liga 2. Dalam laga ini, Persis Solo mencetak tiga gol lagi lewat Arapenta Poerba, Fernando Rodrigues dan Alexis Messidoro.

Tri Handoko menjadi pembeda dalam uji coba ini. Mantan bintang Persis Solo saat masih di Liga 2 ini mencetak gol untuk Persipa Pati. Assist juga dibuat mantan pilar Persis Solo, Dedi Cahyono Putro.

Baca Juga

Rasiman cukup puas dengan apa yang ditampilkan timnya. Saat melawan Persiba, Rasiman cukup terkejut ketika timnya bisa membuat hampir 700 passing dalam satu pertandingan.

"Ada beberapa progres di tim ini, salah satunya penguasaan bola. Kita pecah rekor juga dengan membuat hampir 700 passing dalam sebuah pertandingan. Bahkan pada babak pertama statistik hampir 90 persen berbanding 10 persen," kata Rasiman, Jumat (28/10/22).

Rasiman juga puas karena Persiba memberi perlawanan yang bagus. Meski tiga gol diberondong Persis Solo ke gawang mantan rivalnya di Liga 2, Rasiman menilai laga ini berjalan sulit.

Baca Juga

"Kalau dari skor memang 3-0, tapi Persiba cukup bagus. Sebenarnya ini game yang sulit, tapi anak-anak bermain sangat luar biasa," tutur Rasiman.

Sementara saat melawan Persipa, Rasiman menyebut Persis Solo juga cukup menguasai bola. Pola high pressing yang diterapkan Fabiano Beltrame dkk. berjalan cukup bagus.


1. Soroti Salah Ambil Keputusan

Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

Namun, Rasiman menyoroti banyaknya salah keputusan yang dibuat ketika sudah masuk dalam area pertahanan lawan, terutama pada babak pertama.

"Kita punya beberapa hal positif saat melawan Pati. Kita bisa memenangkan banyak bola di final third saat high pressing, tapi masih ada yang perlu diperbaiki," jelas Rasiman.

Baca Juga

"Saat kita bisa mendapatkan bola, decision-nya masih kurang maksimal, terutama babak pertama. Pada babak kedua kita sudah ada perbaikan, kita beberapa transisi bola bagus. Dua gol datang dari proses itu," lanjut Rasiman.

Rasiman memastikan, program uji coba akan terus berjalan pada pekan depan. Persis Solo masih akan mempertimbangkan apakah main tandang sesuai perencanaan atau main di kandang sendiri.

"Setelah uji coba ini kita liburkan tim selama dua hari, kemudian kita latihan dan akhir pekan kita akan bertanding lagi. Program ini akan terus kita lakukan selama Liga 1 masih belum jalan," jelas Rasiman.

Baca Juga

Program dua uji coba dalam satu pekan ini sudah dilakukan Persis Solo sejak pekan pertama Liga 1 2022/2023 dihentikan imbas Tragedi Kanjuruhan.

Pada pekan pertama, Persis Solo uji coba melawan Persiharjo Sukoharjo dan Persedikab Kediri. Lalu, pada pekan kedua, Persis Solo melawan Persinga Ngawi dan NZR Sumbersari.

Kemudian, pada pekan ketiga, Persis Solo melakukan laga tandang ke Jawa Timur, melawan Persekabpas Pasuruan dan Gresik United.

Baca Juga

Dari seluruh laga uji coba tersebut, Gresik United menjadi satu-satunya tim yang gagal dikalahkan Persis Solo. Laga di Stadion Joko Samudro berakhir dengan skor 3-3.

Persis Solo membuat dua uji coba dalam satu pekan agar bisa memainkan seluruh pemainnya, termasuk memberi kesempatan pada beberapa pilar Persis Youth, seperti Arkhan Kaka.

Persis SoloPersiba BalikpapanLiga IndonesiaLiga 1Persipa PatiRasimanBerita Liga 1

Berita Terkini