x

5 Bintang Asal Italia yang Tampil Memukau untuk Chelsea di Liga Inggris

Senin, 31 Oktober 2022 22:48 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Jorginho, pemain Chelsea. Foto: REUTERS/Leonhard Foeger

INDOSPORT.COM - Banyak pemain asal Italia yang mendulang sukses bersama Chelsea di berbagai kompetisi termasuk di Liga Inggris (Premier League).

Chelsea merupakan salah satu klub besar di Liga Inggris yang gemar menggunakan banyak pemain bintang dari berbagai negara, salah satunya adalah Italia.

Baca Juga

Saat ini hany ada satu pemain bintang asal Italia di skuat utama Chelsea yaitu Jorginho. Pemain berposisi sebagai gelandang itu didatangkan dari Napoli pada 2018 lalu.

Sejak saat itu Jorginho sudah mampu mengunci satu tempat utama di skuad Chelsea, hingga saat ini masih jadi andalan.

Pemain berusia 30 tahun itu sejauh ini sudah tampil dalam 204 pertandingan, dan mencetak 29 gol serta 9 assist.

Baca Juga

Dari performa apiknya itu, Jorginho telah berkontribusi terhadap sejumlah gelar bergengsi yang hadir di lemari trofi The Blues di antaranya gelar Liga Champions, Liga Europa, UEFA Super Cup.

Jorginho sendiri bukanlah pemain asal Italia pertama yang sukses bersama Chelsea, melainkan 

Jika menengok lebih jauh lagi, cukup banyak pemain asal Italia yang terbilang sukses ketika membela Chelsea bukan hanya Jorginho semata. Siapa saja mereka?

Baca Juga

Samuele Dalla Bona

Sempat menimba ilmu di akademi milik Chelsea, Samuele Dalla Bona mendapat debut di tim senior pada 1999.

Penampilan terbaiknya datang pada musim 2000/2001 ketika ia memainkan 32 pertandingan di Premier League dengan koleksi 2 gol.

Hal tersebut kemudian membuat AC Milan berminat mendatangkannya ke San Siro. Sayang, keputusannya untuk berseragam Rossonerri justru membuat kariernya meredup.

Dalla Bona tak mampu bersaing di tengah barisan pemain bintang AC Milan.


1. Carlo Cudicini

Carlo Cudicini.

Carlo Cudicini merupakan kiper utama Chelsea memasuki musim 2000/2001. Total, ia menjaga gawang The Blues dalam 142 pertandingan di Premier League.

Namun, kedatangan Petr Cech pada 2004 memaksanya untuk lebih sering duduk di bangku cadangan.
Cudicini akhirnya meninggalkan Stamford Bridge pada 2009 untuk membela Tottenham Hotspur.

Gianluca Vialli 

Bermodalkan gelar Liga Champions yang ia raih bersama Juventus pada 1996, Gianluca Vialli memutuskan menerima pinangan Chelsea. Padahal, Chelsea saat itu masih merupakan tim papan tengah.

Namun, berkat ketajamannya, Vialli sukses membawa Chelsea meraih Piala FA di musim perdananya. Pemain berkepala plontos tersebut kemudian didapuk sebagai pelatih The Blues pada 1998.

Roberto Di Matteo

Selama enam musim berada di Stamford Bridge, Roberto Di Matteo sukses menghadirkan 2 gelar Piala FA dan masing-masing 1 Piala Liga, 1 Piala Winners, dan 1 Piala Super Eropa.

Tak heran ia begitu dicintai oleh para pendukung Chelsea.

Di Matteo sempat kembali ke Chelsea pada 2012, tetapi kali ini ia berperan sebagai pelatih. Ia pun menjadi pelatih pertama Chelsea yang mampu memenangkan gelar Liga Champions.


2. Gianfranco Zola

Mateo Kovacic (tengah) dan Hakim Ziyech (kiri) berjalan lesu usai Chelsea kalah dari Brighton (29/10/22). (Foto: Reuters/John Sibley)

Selain Gianluca Vialli, Chelsea juga mendatangkan Gianfranco Zola dari Parma. Kedatangannya pun mampu membuat Chelsea yang merupakan tim medioker menjadi tim yang cukup disegani.

Permainannya yang menawan serta efektif di depan gawang lawan membuatnya jadi salah satu pemain terbaik Chelsea di era Premier League. Zola meninggalkan Chelsea pada 2003 untuk kembali ke Serie A bersama Cagliari.

Emerson Palmieri

Datang pada 2018 dari AS Roma, Emerson Palmieri sebenarnya tak terlalu banyak diberikan jam terbang. Total, ia baru melakoni 33 laga di Premier League selama empat musim berada di Stamford Bridge.

Emerson juga sempat dipinjamkan ke Lyon pada musim 2021/2022. Meski begitu, ia setidakya pernah mengangkat gelar Liga Champions bersama Chelsea. Emerson juga punya peran penting ketika Italia menjuarai Piala Eropa 2020.
 

ChelseaLiga Inggris

Berita Terkini