x

Bursa Transfer: Takut Dalot Tak Setia, Ten Hag Blak-blakan Ingin Man United Rekrut Bek Kanan Baru

Senin, 31 Oktober 2022 18:10 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Performa apik Diogo Dalot pada musim 2022/2023 tidak membuat Manchester United merasa cukup punya stok bek kanan. Foto: REUTERS/Craig Brough

INDOSPORT.COM - Performa apik Diogo Dalot pada musim 2022-2023 tidak membuat raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United merasa cukup punya stok bek kanan.

Manajer Erik ten Hag ingin menambah kedalaman di sektor tersebut pada bursa transfer musim dingin mendatang untuk semakin menambah daya kompetisi Manchester United.

Baca Juga

Setelah dibeli pada 2018 silam, Dalot akhirnya mulai menunjukkan buah dari potensi besarnya meski sempat menjalani periode dimana ia jadi cadangan mati dan bahkan 'diasingkan' ke klub lain sebagi pinjaman.

Dalot sudah menjalani 17 laga di semua ajang musim ini sebagai starter dengan kontribusi 1 gol dan 2 assist.

Penampilan terbaik fullback berpaspor Portugal tersebut hadir pada partai melawan West Ham United pada Minggu (30/10/22) lalu di kompetisi Liga Inggris.

Baca Juga

David de Gea mungkin menjadi man of the match resmi berkat penyelamatan-penyelamatan krusialnya dan Marcus Rashford paling banyak dibicarakan karena gol semata wayang namun peran Diogo Dalot tidak kalah penting.

Eks FC Porto tersebut memang hanya punya akurasi operan 77% namun 4 diantaranya berbuah key pass. Tidak ada pemain lain dengan jumlah yang melebihinya.

Dalot juga impresif dalam hal bertahan yakni mengumpulkan 4 tekel sukses juga 5 sapuan plus 3 intersepsi. Di ketiga kategori statistik tersebut ia termasuk yang paling terbaik mencakup semua pemain dari Manchester United dan West ham.

Baca Juga

Jika sampai Dalot cedera, maka Manchester United tidak punya pelapis sepadan. Aaron Wan-Bissaka saat ini masih dalam pemulihan cedera namun tipe permainannya terlalu rigid untuk melebur dengan skema fluid Ten Hag.

Maka dari itu mau tidak mau The Red Devils harus mencari bek kanan baru entah itu sebagai pelapis, pesaing, atau bahkan yang lebih ekstrim penggati Dalot.


1. Sudah Tentukan Target?

Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: REUTERS/David Klein

Kontrak Diogo Dalot saat ini di Old Trafford tersisa hanya hingga Juni 2023 mendatang dan itu artinya ia bisa pergi sebagai free agent setelah musim ini berakhir.

Manchester United punya opsi untuk memberikan perpanjangan selama setahun namun hingga kini belum ada satupun rumor yang menyebut jika kata sepakat sudah tercapai.

Baca Juga

Justru Dalot malah diisukan tengah mempertimbangkan kemungkinan menyebrang ke klub lain. Barcelona dalam beberapa pekan terakhir kencang disebut berminat untuk menampungnya secara gratis.

Jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano, membocorkan jika saat ini Manchester United sudah menemukan target bek kanan baru dalam diri Jeremie Frimpong dari Bayer Leverkusen.

Ia masih muda namun mulai bisa menembus skuat senior Belanda. Erik ten Hag menyukai gaya permainannya yang dinamis dan Frimpong mungkis bisa didaratkan sebelum 2022/2023 berakhir.

Baca Juga

Namun alih-alih sebagai pengganti Dalot, Ten Hag ingin Frimpong menjadi rival internal bagi sang starter. Manajer 52 tahun itu mengindikasikan jika ia ingin ada persaingan sehat dalam skuatnya di tiap lini.

"Kami butuh dua fullback (kanan dan kiri) karena banyak pertandingan yang harus kami jalani," beber Ten Hag seperti yang dikutip dari Sky Sports.

Dalot sendiri masih belum berani untuk bicara terlalu jauh soal masa depan. Ia hanya ingin menikmati performa apiknya saat ini dan fokus membangun momentum positif klubnya.

Baca Juga

"Saya tidak ingin berpikir soal situasi kontrak. Sebagai tim, kini kami tengah berkembang degan baik. Saya bahagia di Manchester United dan selalu menunjukkan itu," ungkap Dalot.

Manchester United dan Erik ten Hag masih punya kira-kira lima bulan untuk coba meyakinkan Diogo Dalot untuk tetap setia. Jika gagal, mungkin mereka harus lebih cepat bergerak di bursa transfer mengingat mereka tidak memiliki banyak opsi lain.

Sumber: Sky Sports

Bursa TransferManchester UnitedLiga Primer InggrisLiga InggrisDiogo Dalot

Berita Terkini