x

Ada Inggris dan Italia, 3 Negara dengan Rekor Adu Penalti Terburuk di Piala Dunia

Selasa, 1 November 2022 20:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Skuat Timnas Inggris di laga Piala Dunia FIFA 2010 Afrika Selatan.

INDOSPORT.COM – Berikut tiga negara dengan rekor adu penalti terburuk sepanjang sejarah Piala Dunia, di mana Inggris dan Italia masuk dalam daftar ini.

Kompetisi paling sakral di sepak bola, Piala Dunia, dalam waktu dekat akan digelar. Dunia si kulit bundar pun saat ini tengah menyambut edisi ke-22 di tahun ini yang akan digelar di Qatar.

Baca Juga

Seperti biasanya, jelang Piala Dunia banyak hal yang biasa dikulik, termasuk sejarah dan sederet rekor yang ada dalam ajang ini.

Kali ini, INDOSPORT mencoba mengulik negara-negara yang memiliki rekor buruk soal adu penalti sepanjang sejarah Piala Dunia.

Sama seperti kompetisi berformat turnamen lainnya, Piala Dunia menghadirkan babak adu penalti untuk menentukan pemenang.

Baca Juga

Piala Dunia mulai menerapkan babak tos-tosan itu untuk menentukan pemenangnya sejak lama. Dan pertama kali adu penalti ini terjadi pada gelaran Piala Dunia 1982.

Sejak babak adu penalti pertama pada Piala Dunia 1982 itu, tercatat sudah ada 30 babak adu penalti yang tercipta di Piala Dunia hingga edisi 2022 ini akan digelar.

Dari 30 penalti yang tercipta itu, beberapa negara punya rekor buruk soal adu penalti karena kerap menelan kekalahan di ajang ini.

Baca Juga

Tak disangka, negara-negara yang punya rekor buruk adu penalti di Piala Dunia ini merupakan negara-negara yang pernah menjadi juara.

Lalu, negara mana saja yang memiliki rekor buruk dalam babak adu penalti di sepanjang sejarah Piala Dunia? Berikut daftarnya.


1. Ada Pengkoleksi Gelar Terbanyak Piala Dunia

Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 usai dikalahkan Turki di Playoff Kualifikasi (Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

1. Inggris

Inggris menjadi salah satu negara yang punya rekor buruk soal adu penalti di Piala Dunia. Tercatat, The Three Lions telah kalah tiga kali dalam babak tos-tosan itu.

Uniknya, tiga kekalahan di adu penalti ini didapat Inggris di tiga adu penalti pertamanya di Piala Dunia, yakni pada edisi 1990, 1998, dan 2006.

Di edisi 1990, Inggris kalah adu penalti dari Jerman Barat pada babak semifinal. Lalu, di Piala Dunia 1998 The Three Lions kalah adu penalti melawan Argentina di babak 16 besar.

Baca Juga

Di Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman, Inggris lagi-lagi kalah adu penalti melawan Portugal di babak perempatfinal.

Beruntung bagi Inggris, rekor buruk ini bisa diakhiri pada Piala Dunia 2018 lalu saat menang adu penalti 4-3 melawan Kolombia di babak 16 besar.

2. Italia

Italia selaku salah satu negara dengan koleksi gelar terbanyak di Piala Dunia, juga punya rekor buruk di drama adu penalti di ajang ini.

Sama seperti Inggris, Italia telah kalah tiga kali saat menghadapi adu penalti di Piala Dunia dari empat kali percobaannya.

Baca Juga

Parahnya, Italia menjadi negara pertama yang merasakan kekalahan di final via adu penalti, yakni pada Piala Dunia 1994 melawan Brasil.

Selain itu, Italia juga sempat kalah adu penalti di dua edisi Piala Dunia lainnya, yakni 1990 melawan Argentina di semifinal dan 1998 melawan Prancis di perempat final.

Rekor buruk itu pun akhirnya dipatahkan Italia di Piala Dunia 2006. Saat itu, Gli Azzurri berhasil menjadi juara Piala Dunia usai menang adu penalti atas Prancis.


2. Spanyol Lebih Miris

Pemain Spanyol bersuka cita dalam seremoni juara Piala Dunia usai mengalahkan Belanda di final, 11 Juli 2010.

3. Spanyol

Spanyol selaku juara Piala Dunia 2010, juga punya catatan buruk saat menghadapi drama adu penalti di ajang empat tahunan ini.

Dalam empat percobaan, La Furia Roja telah merasakan tiga kekalahan di drama adu penalti. Uniknya, dua kekalahan di antaranya didapat saat menghadapi tuan rumah.

Baca Juga

Kekalahan pertama Spanyol lewat drama adu penalti dirasakan pada perempat final Piala Dunia 1986 saat melawan Belgia.

Setelahnya, Spanyol mengalami kekalahan adu penalti di Piala Dunia 2002 melawan tuan rumah Korea Selatan dan kalah adu penalti di Piala Dunia 2018 melawan tuan rumah Rusia.

Baca Juga

Satu-satunya kemenangan Spanyol di babak adu penalti terjadi pada Piala Dunia 2002, yakni kala menang atas Republik Irlandia di babak 16 besar sebelum dibekuk Korea Selatan di perempat final.

ItaliaPiala DuniaPiala Dunia 2022Timnas InggrisTim Nasional SpanyolOne FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini