x

Liga 1: 2 Alasan PSS Sleman Dukung Percepatan Kongres Luar Biasa PSSI

Rabu, 2 November 2022 18:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Logo klub Liga 1, PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - PSS Sleman membeberkan alasan mendukung percepatan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Keputusan yang dibuat sejalan dengan sikap federasi terkait reformasi dan evaluasi sepak bola Indonesia.

Sikap PSS Sleman terkait KLB sangat ditunggu-tunggu suporter setianya. Bahkan, di Lapangan Pakembinangun yang menjadi lokasi latihan Bagus Nirwanto dkk., terdapat spanduk dari suporter terkait KLB.

Baca Juga

PSS pun membuat pengumuman resmi terkait KLB, Selasa (1/11/22). Mereka setuju dengan keputusan PSSI mempercepat pelaksanaan kongres pada tahun depan.

Sikap PSSI tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Persis Solo dan Persebaya Surabaya yang menuntut percepatan KLB demi reformasi sepak bola nasional.

"Kami sangat mendukung upaya yang dilakukan PSSI untuk melakukan percepatan KLB," kata Direktur Operasional PT PSS Sleman, Antonius Rumadi.

"Karena hal ini sesuai dengan apa yang telah kami buat dalam pernyataan sebelumnya mengenai reformasi dan evaluasi sepak bola Indonesia," cetusnya.

Baca Juga

Selain selras sikap terkait reformasi dan evaluasi sepak bola nasional, ada alasan lain yang membuat PSS Sleman setuju dengan percepatan KLB PSSI.

"PSS juga sangat menghormati hasil keputusan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta dan akan mendukung penuh tim transformasi sepak bola Indonesia," tutur Rumadi.

Tak lupa PSS Sleman turut berbicara mengenai kelanjutan investigasi Tragedi Kanjuruhan. Sejauh ini, ada enam tersangka yang sudah ditahan di Mapolda Jawa Timur.

Baca Juga

Salah satu sosok yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kejadian usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya adalah Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Proses hukum yang terus berjalan saat ini akan selalu kami dukung. Terlebih mengenai penetapan tersangka agar bisa diproses secara hukum atas tragedi Kanjuruhan," tuturnya.


1. Pengamanan Pertandingan

Suporter PSS Sleman melawan Persita Tangerang di laga BRI Liga 1 2022.

Rumadi menyadari bahwa situasi sepak bola Indonesia sedang sulit. Di saat sepak bola sedang berupaya bangkit setelah dihantam pandemi Covid-19, Tragedi Kanjuruhan justru harus terjadi.

Rumadi berharap bahwa reformasi dan evaluasi untuk menghadirkan sepak bola yang lebih baik harus dilakukan dengan tenang dan cermat.

"Saya berharap semoga apa yang terjadi saat ini bisa diselesaikan dengan pikiran yang jernih dan tentunya hati yang bersih untuk sepak bola Indonesia yang lebih baik ke depannya," harap Rumadi.

Baca Juga

PSS Sleman masih merasakan kesedihan atas tewasnya 133 suporter dan dua anggota Polri dalam Tragedi Kanjuruhan. PSS tidak ingin kejadian tragis itu terulang lagi.

Makanya, Rumadi memaparkan bahwa PSS telah melakukan evaluasi terkait dengan pengamanan pertandingan Liga 1 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo.

Sebagai stadion yang kerap dipadati suporter tuan rumah dan tim tamu, PSS merasa perlu melakukan evaluasi atas apa yang sudah dikerjakan hingga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023.

"PSS sudah melakukan audiensi kepada beberapa pihak mengenai penanganan kerumunan di Stadion Maguwoharjo. Kemarin juga kami sudah berdiskusi bersama panpel dan ada beberapa poin penting yang kami dapatkan," jelas Rumadi.

Baca Juga

"Poin-poin itu nantinya akan kami teruskan kepada pengelola stadion dan kepada pihak terkait. Harapannya bisa terlaksana dan Tragedi Kanjuruhan tidak akan terulang kembali," imbuhnya.

Salah satu evaluasi PSS Sleman terkait pertandingan di Stadion Maguwoharjo adalah sikap dari suporter tim tamu. Panpel sempat dibuat kewalahan ketika suporter Persib Bandung dan Persebaya Surabaya datang melebihi kuota yang diberikan.

Makanya, salah satu poin yang dituntut PSS untuk memperbaiki sepak bola Indonesia adalah "Meminta kepada seluruh suporter, baik tuan rumah maupun tamu, untuk menghargai keputusan Panpel terkait segala peraturan yang sudah dibuat."

PSSIPSS SlemanKongres Luar Biasa (KLB)Liga IndonesiaKongres PSSIBola IndonesiaOne FootballTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini