x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Prancis, Awas Kutukan Juara Bertahan!

Jumat, 4 November 2022 16:10 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Profil tim Piala Dunia 2022 dari Grup D Prancis sang juara bertahan yang harus mewaspadai kutukan para pemenang di babak penyisihan.

INDOSPORT.COM – Berikut profil tim Piala Dunia 2022 dari Grup D, Prancis, sang juara bertahan yang harus mewaspadai kutukan para pemenang pada babak penyisihan.

Tergabung di Grup D, Timnas Prancis diprediksi bakal mudah melewati babak penyisihan Piala Dunia 2022 lantaran hanya akan menghadapi Australia, Denmark serta Tunisia.

Baca Juga

Berkaca dari ranking FIFA saat ini, jelas Prancis sangat jauh diunggulkan dari tiga kontestan lain dan mungkin hanya Denmark yang bisa jadi batu sandungan.

Akan tetapi, Prancis tetap tak boleh anggap enteng tim-tim lain di Grup D lantaran ada satu kutukan yang biasanya bikin sial para juara bertahan Piala Dunia.

Tercatat sejak Piala Dunia 1998, tidak ada tim selain Brasil yang berhasil lolos dari penyisihan grup setelah keluar sebagai juara Piala Dunia edisi sebelumnya.

Baca Juga

Bahkan Prancis pun sempat merasakan kutukan tersebut pada Piala Dunia 2002. Setelah keluar sebagai juara di tahun 1998, skuad Les Bleus gagal lolos dari Grup A lantaran finis di posisi juru kunci usai catatkan sekali imbang dan dua kali kalah.

Sementara di edisi Piala Dunia 2018 lalu, Jerman yang jadi juara edisi sebelumnya juga gagal lolos dari penyisihan grup bahkan finis di urutan keempat setelah telan dua kekalahan.

Tak cuma faktor kutukan juara bertahan, Prancis juga diprediksi bakal tampil pincang setelah sejumlah bintang utama mereka alami cedera.

Baca Juga

Sejauh ini sudah ada empat pemain Prancis yang cedera dan berpotensi absen dari Piala Dunia 2022, yakni Jules Kounde, Raphael Varane, Aurelien Tchouameni serta Paul Pogba.

Lantas dengan fakta di atas, akankah Prancis bisa melangkah jauh di gelaran Piala Dunia 2022 nanti? Atau malah ikut terkena kutukan sang juara bertahan dan gagal lolos dari penyisihan grup.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

Meski berpotensi bakal tak diperkuat sejumlah pemain bintang akibat cedera, tetapi Prancis masih memiliki cukup banyak bakat muda yang tengah bersinar dan bisa jadi opsi buat Didier Deschamps.

Jika melihat dari daftar pemain yang ada dan yang pernah dipanggil untuk memperkuat Timnas Prancis sepanjang 2022 ini, tampaknya nama-nama lama eks pahlawan di Piala Dunia 2018 lalu bakal masih jadi tumpuan Les Bleus.

Baca Juga

Untuk posisi penjaga gawang, ada Hugo Lloris yang tampaknya bakal jadi pilihan utama berkat penampilan gemilangnya bersama Tottenham musim ini.

Walau ada nama lain seperti Mike Maignan, tetapi pemain dari klub AC Milan tersebut tengah alami cedera dan berpotensi besar bakal jadi pilihan kedua bahkan tak dipanggil andai kondisi fisiknya belum bisa pulih.

Untuk mengawal Hugo Lloris, akan ada trio Dayot Upamecano, Presnel Kimpembe serta Lucas Hernandez yang layak menempati posisi center back.

Baca Juga

Presnel Kimpembe yang tampil solid di PSG, bakal gantikan peran Raphael Varane yang saat ini masih cedera dan mungkin bisa absen di Piala Dunia kali ini.

Maju di posisi gelandang, ada Benjamin Pavard dan Theo Hernandez yang bermain sebagai wide midfielder dan bertugas untuk membantu serangan lewat crossing-crossing di sisi samping

Sementara Tchouameni dan Camavinga akan bertugas sebagai pengatur serangan serta tempo permainan di lini tengah Prancis.

Baca Juga

Tchouameni dan Camavinga yang tampil gemilang bersama Real Madrid diharapkan bisa melanjutkan kekompakan mereka saat mengawal skuad Les Bleus.

Terakhir di sektor penyerang, trio Antoine Griezmann, Karim Benzema dan Kylian Mbappe berpotensi besar bakal jadi tumpuan untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Terutama Karim Benzema yang baru saja meraih gelar Ballon d’Or 2022, prestasi tersebut dipastikan bakal membuat sang striker tampil penuh motivasi dan bisa membawa Prancis akhiri kutukan juara bertahan di Piala Dunia 2022.

Perkiraan Formasi Timnas Prancis

(3-4-1-2): Hugo Lloris; Dayot Upamecano, Presnel Kimpembe, Lucas Hernandez; Benjamin Pavard, Tchouameni, Camavinga, Theo Hernandez; Antoine Griezmann; Karim Benzema, Kylian Mbappe.

Berikut adalah daftar pemain Timnas Prancis untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Hugo Lloris (Tottenham Hotspur), Alphonse Areola (West Ham United), Steve Mandanda (Rennes)

Bek: Benjamin Pavard (Bayern Munchen), Jules Kounde (Barcelona), Presnel Kimpembe (PSG), William Saliba (Arsenal), Raphael Varane (Manchester United), Lucas Hernandez (Bayern Munchen), Theo Hernandez (AC Milan), Dayot Upamecano (Bayern Munchen), Ibrahima Konate (Liverpool)

Gelandang: Adrien Rabiot (Juventus), Aurelien Tchouameni (Real Madrid), Matteo Guendouzi (Marseille), Jordan Veretout (Marseille), Edouardo Camavinga (Real Madrid)

Penyerang: Kingsley Coman (Bayern Munchen), Kylian Mbappe (PSG), Karim Benzema (Real Madrid), Olivier Giroud (AC Milan), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Ousmane Dembele (Barcelona), Christopher Nkunku (RB Leipzig)


2. Player to Watch

Kylian Mbappe saat laga Ligue 1 Prancis antara Paris Saint-Germain vs Nice

Meski Karim Benzema yang bakal jadi sorotan usai meraih Ballon d’Or 2022, tetapi pemain kunci Timnas Prancis pada Piala Dunia nanti tampaknya masih bakal dipegang Kylian Mbappe.

Selain faktor usia yang lebih muda, ketajaman Kylian Mbappe juga terlihat lebih produktif ketimbang Karim Benzema sepanjang musim 2022/23.

Baca Juga

Tercatat dari 12 pertandingan yang dijalani Benzema musim ini, dirinya hanya bisa mencetak enam gol buat Real Madrid di semua ajang.

Berbanding terbalik dengan Kylian Mbappe yang mampu mencetak 18 gol dari total 18 pertandingan bersama PSG musim ini.

Tak cuma bersama PSG, statistik gol Mbappe bersama Timnas Prancis juga terlihat sangat impresif yakni dengan torehan 28 gol dari total 59 pertandingan.

Bahkan saat gelaran Piala Dunia 2018 lalu, Kylian Mbappe sukses mencetak empat gol termasuk di partai final yang memastikan Prancis keluar sebagai juara usai kandaskan Kroasia 4-2.

Prediksi Prancis di Piala Dunia 2022

Berbekal materi pemain yang tengah on fire serta motivasi sebagai juara bertahan, tampaknya Prancis bisa melangkah jauh di Piala Dunia 2022 kali ini.

Bahkan jika melihat dari lawan yang ada pada babak penyisihan grup, Prancis punya peluang besar untuk lolos ke babak 16 besar, minimal dengan status runner up.

Andai lolos dari penyisihan grup, Prancis akan menghadapi pemenang atau runner up dari Grup C. Berkaca dari hasil drawing grup C, hambatan terbesar Prancis untuk melangkah ke perempat final nanti adalah Argentina.

Namun jika Prancis menghadapi lawan lain selain Argentina, maka peluang mereka untuk lolos ke babak delapan besar Piala Dunia 2022 sangat terbuka lebar.

PrancisPiala Dunia 2022Kylian MbappeUpdate Piala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini