x

Deretan Pemain yang Tampil di 5 Edisi Piala Dunia, Teranyar Cristiano Ronaldo

Jumat, 11 November 2022 19:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Aksi Cristiano Ronaldo (kanan) di laga UEFA Nations League Portugal vs Spanyol (28/09/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM – Berikut deretan pemain yang tampil di lima edisi Piala Dunia, seiring bakal masuknya nama Cristiano Ronaldo dalam daftar rekor ini.

Cristiano Ronaldo belum lama dipastikan akan masuk dalam buku rekor, setelah dirinya masuk dalam daftar 26 pemain yang dibawa Portugal untuk ajang Piala Dunia 2022.

Pemain berusia 37 tahun ini dipastikan akan masuk buku rekor Piala Dunia sebagai salah satu pemain yang akan tampil di lima edisi ajang tersebut.

Jika nanti Cristiano Ronaldo bermain meski hanya sedetik saja di Piala Dunia 2022, maka dirinya secara resmi akan masuk dalam daftar buku rekor tersebut.

Kemungkinan masuknya nama penggawa Manchester United ini ke buku rekor tersebut terbilang cukup terbuka lebar. Pasalnya ia menjadi andalan di lini serang Portugal.

Baca Juga

Kendati di musim ini kiprahnya tak begitu terdengar karena menjadi cadangan di Manchester United, Fernando Santos selaku pelatih Portugal dipercaya akan mengandalkannya.

Apalagi dengan fakta bahwa Cristiano Ronaldo merupakan pemain dengan caps terbanyak bagi Portugal, dan juga pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi timnya.

Baca Juga

Jika dimainkan di Piala Dunia 2022 nanti, Cristiano Ronaldo pun akan resmi masuk dalam buku sejarah sebagai pemain yang tampil di lima edisi Piala Dunia.

Sebelumnya Cristiano Ronaldo telah tampil di Piala Dunia 2006, 2010, 2014 dan 2018 dengan total 17 penampilan. Sehingga, jika turun di Piala Dunia 2022 nanti, ia akan masuk buku rekor ini.

Sebelum dirinya, tercatat ada beberapa pemain yang sudah terlebih dulu masuk buku rekor tersebut. Berikut daftar pemain tersebut yang dirangkum INDOSPORT dari berbagai sumber.

Baca Juga

1. Legenda Jerman

Lotthar Matthaus-Diego Maradona.

1. Antonio Carbajal (Meksiko)

Pemain pertama yang masuk buku rekor ini adalah kiper legendaris Meksiko, yakni Antonio Carbajal. Ia menjadi pemain pertama yang tampil di lima edisi Piala Dunia.

Kiper yang akrab disapa Tota ini tercatat tampil di lima edisi Piala Dunia, yakni pada edisi 1950, 1954, 1958, 1962, dan 1966.

Dalam lima edisi Piala Dunia yang diikutinya tersebut, Tota tercatat tampil sebanyak 11 kali bagi Meksiko di ajang empat tahunan itu.

Baca Juga

Nahasnya, dalam 11 penampilan itu Tota kebobolan 25 gol atau rata-rata 2,2 gol per pertandingan. Catatan ini menjadi catatan terburuk bagi seorang kiper di Piala Dunia, bersama dengan Mohammed Al-Deayea dari Arab Saudi.

Selain rekor ini, Tota juga masuk buku rekor kiper termuda di Piala Dunia 1950 pada usia 21 tahun. pencapaian terbaiknya di Piala Dunia hanya sampai di babak grup saja.

2. Lothar Matthaus (Jerman)

Butuh waktu hingga 20 tahun lebih bagi seorang pemain menyamai catatan Antonio Carbajal. Adapun pemain yang mampu menyamai catatannya adalah legenda Jerman, Lothar Matthaus.

Matthaus masuk dalam buku rekor ini setelah tampil di ajang Piala Dunia pada edisi 1982, 1986, 1990, 1994, dan 1998.

Baca Juga

Dalam lima edisi Piala Dunia itu, peraih gelar Ballon d’Or 1990 ini mampu membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 1990.

Total 25 penampilan dibuat oleh Matthaus di Piala Dunia. Jumlah penampilan ini membuatnya menjadi pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah ajang ini.

Di Piala Dunia 2022 ini, rekor penampilan terbanyak Matthaus tampaknya bisa pecah oleh Lionel Messi andai dirinya mampu membawa timnya ke babak final.


2. Kiper Legendaris Italia

Gianluigi Buffon mencium trofi Piala Dunia 2006

3. Rafael Marquez (Meksiko)

Kiprah Antonio Carbajal menjadi pemain Meksiko yang tampil di lima edisi Piala Dunia mampu disamai oleh sosok Rafael Marquez.

Bek andalan Meksiko ini tercatat telah tampil di lima edisi Piala Dunia, masing-masing pada edisi 2002, 2006, 2010, 2014, dan 2018.

Dalam lima edisi Piala Dunia ini, mantan penggawa Barcelona itu mampu mencetak 19 kali penampilan bersama Meksiko.

Baca Juga

Selain masuk buku rekor ini, Marquez juga memegang rekor mentereng, yakni sebagai pemain Meksiko yang paling banyak tampil di Piala Dunia.

Di samping itu, Marquez pun memegang rekor sebagai pemain pertama yang bisa menjadi kapten di lima edisi Piala Dunia.

4. Gianluigi Buffon (Italia)

Salah satu pemain profesional tertua di dunia saat ini, Gianluigi Buffon, juga berada dalam rekor ini, usai dirinya tampil di lima edisi Piala Dunia.

Tercatat eks penjaga gawang Juventus ini tampil di lima edisi Piala Dunia masing-masing pada 1998, 2002, 2006, 2010, dan 2014.

Baca Juga

Dalam partisipasinya di lima edisi Piala Dunia itu, Buffon bermain sebanyak 14 kali dan kebobolan 10 gol saja, dengan rataan 0,7 gol per laga.

Kehebatan Buffon dalam mengawal gawang pun kemudian membuatnya berhasil membawa Italia memenangi Piala Dunia 2006 usai menang adu penalti atas Prancis.

Sejatinya Buffon bisa saja memecahkan rekor pemain yang tampil di enam edisi Piala Dunia, andai pada 2018 lalu ia mampu membawa Italia lolos ke putaran final.

Cristiano RonaldoPortugalRafael MarquezPiala DuniaGianluigi BuffonPiala Dunia 2022Lothar MatthausOne FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini