x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Timnas Belgia, Tarian Terakhir Sang Generasi Emas

Senin, 14 November 2022 20:17 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Berikut profil Timnas Belgia di Piala Dunia 2022 yang mana ajang internasional akbar ini bakal menjadi tarian terakhir sang generasi emas.

INDOSPORT.COM – Berikut profil Timnas Belgia di Piala Dunia 2022 yang mana ajang internasional akbar ini bakal menjadi tarian terakhir sang generasi emas.

Awalnya Timnas Belgia ini dipandang sebelah mata, tetapi hal itu berubah setelah generasi emas tim berjuluk Setan Merah ini muncul.

Ya, sebut saja Thibaut Courtois, Vincent Kompany, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku, Mousa Dembele, merupakan beberapa nama yang cemerlang bersama Belgia beberapa tahun silam.

Hanya saja, kekuatan Belgia sudah mulai berkurang dengan gantung sepatunya Kompany dan Dembele, sementara Hazard dan Lukaku menunjukkan penurunan performa.

Sedihnya, generasi emas Timnas Belgia ini tidak memenangkan kompetisi apa pun meskipun sempat menghuni peringkat pertama FIFA.

Baca Juga

Setan Merah sudah kandas di perempatfinal Piala Dunia 2014 lawan Argentina, sementara Piala Dunia 2018 adalah prestasi terbaik mereka dengan finis di peringkat ketiga setelah mengandaskan Inggris.

Sementara itu, di Euro 2016 dan Euro 2020, tetangga negara Prancis itu juga takhluk di fase perempatfinal yang kian membuat generasi emas Belgia kian merana.

Baca Juga

Terlebih lagi, lambatnya regenerasi Timnas Belgia memperparah keadaan tersebut yang mana Setan Merah kurang lebih baru memiliki Lois Openda, Charles De Ketelaere, dan Amadou Onana.

Setidaknya, generasi emas Belgia bisa dibilang hanya menyisakan Thibaut Courtois dan Kevin De Bruyne yang masih konsisten bermain walaupun mereka sudah berusia kepala tiga.

Dengan demikian, Piala Dunia 2022 ini bisa jadi World Cup terakhir generasi emas Timnas Belgia yang mana mereka tentunya harus berjuang mati-matian untuk bisa memperoleh trofi terakhir.

Baca Juga

1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Profil Timnas Belgia Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Yves Herman)

Pelatih Belgia, Roberto Martinez, disinyalir bakal mengandalkan formasi tiga bek yang bisa dimodifikasi menjadi 3-4-3 ataupun 3-4-2-1.

Untuk posisi bek, Belgia kemungkinan masih akan mengandalkan Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen yang merupakan bagian dari generasi emas.

Di tengah, Setan Merah kemungkinan bakal mengandalkan Youri Tielemans yang cemerlang bersama Leicester City dan Alex Witsen yang jelas adalah bagian dari generasi emas.

Sementara itu, di posisi wingback Martinez kemungkinan akan memilih Yannick Carrasco dan Timothy Castagne

Untuk trisula di lini serang kurang lebih bakal menjadi milik Kevin De Bruyne, Eden Hazard, dan Leandro Trossard seandainya Romelu Lukaku belum pulih dari cedera.

Baca Juga

Perikiraan Formasi Timnas Belgia (3-4-3):

Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Leander Dendocker; Timothy Castagne, Youri Tielemans, Alex Witsel, Yannick Carrasco; Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Leandro Trossard.

Baca Juga

Daftar Skuad Timnas Belgia di Piala Dunia 2022:

Kiper: Koen Casteels (Wolfsburg), Thibaut Courtois (Real Madrid), Simon Mignolet (Club Brugge).

Bek: Toby Alderweireld (Antwerp), Zeno Debast (Anderlecht), Leander Dendoncker (Aston Villa), Wout Faes (Leicester City), Arthur Theate (Rennes) Jan Vertonghen (Anderlecht).

Gelandang: Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Timothy Castagne (Leicester City), Thorgan Hazard (Borussia Dortmund), Thomas Meunier (Borussia Dortmund), Kevin De Bruyne (Manchester City), Amadou Onana (Everton) Youri Tielemans (Leicester City), Hans Vanaken (Club Brugge), Axel Witsel (Atletico Madrid).

Penyerang: Michy Batshuayi (Fenerbahce), Charles De Ketelaere (AC Milan), Doku Lukebakio (Hertha Berlin), Eden Hazard (Real Madrid), Romelu Lukaku (Inter Milan), Dries Mertens (Galatasaray), Lois Openda (Lens), Leandro Trossard (Brighton).

Baca Juga

2. Player to Watch dan Prediksi

Aksi Kevin De Bruyne di laga UEFA Nations League antara Belgia vs Wales REUTERS/Yves Herman

Player to Watch

Kevin De Bruyne menunjukkan bahwa dirinya menjadi salah satu pemain yang paling konsisten baik bersama Manchester City maupun Timnas Belgia.

Sudah jelas bahwa Timnas Belgia masih membutuhkan kontribusi pria berusia 31 tahun ini di ajang sebesar Piala Dunia 2022.

Visi dan akurasi umpan sang pemain tentu sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, De Bruyne juga diberkahi finishing dan tendangan keras yang tak kalah oke.

Hal ini yang bakal membuat pria yang sudah mengoleksi 93 penampilan bersama Timnas Belgia bakal menjadi pemain kunci dalam timnya untuk bisa meringsek sejauh mungkin.

Baca Juga

Prediksi Timnas Belgia di Piala Dunia 2022

Meskipun banyak dihuni pemain yang sudah berusia 30 tahun ke atas, Timnas Belgia tetaplah salah satu tim terkuat di Piala Dunia 2022 ini.

Tergabung bersama Kroasia, Maroko, dan Kanada di Grup F, Setan Merah diprediksi bisa lolos dengan mulus bersama Luka Modric cs.

Timnas Belgia diprediksi setidaknya bakal melaju paling top di semifinal seandainya Setan Merah tidak bertemu lawan kuat, seperti Brasil atau Argentina.

Selain kedua tim tersebut, Belgia dirasa kurang lebih masih bisa melawan, termasuk Prancis yang kehilangan N’golo Kante dan Paul Pogba di lini tengah.

Baca Juga
BelgiaKevin De BruynePiala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini