x

5 Pemain Hebat dari Negara yang Tak Diperhitungkan di Piala Dunia

Selasa, 15 November 2022 19:41 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Davor Suker, Penyerang Kroasia

INDOSPORT.COM - Di Piala Dunia, tentu negara-negara besar diisi bertabur pemain bintang. Namun, ada juga negara kecil yang punya pemain tak kalah hebat.

Pasalnya, pemain-pemain top dunia tidak selalu lahir dari negara-negara besar. Tetapi, ada pula yang muncul dari negara kurang diperhitungkan.

Baca Juga

Bahkan, sang pemain menjadi pemain legendaris, lebih hebat dari mereka yang lahir dari negara yang sarat akan prestasi.

Namun, tetap saja sepak bola adalah olahraga tim, di mana prestasi sebuah tim didasari oleh kekompakan tim, bukan keunggulan satu-dua pemain saja.

Berikut lima pemain hebat yang berasal dari negara yang tidak diunggulkan di Piala Dunia.

Baca Juga

Davor Suker (Kroasia)

Untuk negara yang tergolong kecil, yakni populasi di bawah tujuh juta manusia, Kroasia mampu menghasilkan pemain-pemain top dunia.

Selain Luka Modric yang masih aktif bermain di Real Madrid, Kroasia juga patut berbangga pernah memiliki seorang Davor Suker.

Baca Juga

Pada Piala Dunia 1998, secara mengejutkan Kroasia mampu mencapai final dalam turnamen tersebut. Sayangnya, mereka kalah dari Prancis saat itu.

Suker, striker andalan Kroasia kala itu, mampu mencetak enam gol dalam Piala Dunia 1998. Hal ini membuatnya dianugerahi Golden Boot.


1. George Weah (Liberia)

George Weah, saat masih berseragam AC Milan.

Berbicara soal pemain terbaik di tanah Afrika, nama-nama besar seperti Samuel Eto'o, Didier Drogba, hingga Mohamed Salah tentu masuk dalam daftar.

Namun, publik tidak boleh melupakan kehebatan George Weah dari Liberia. Dia adalah satu-satunya pemain asal benua Afrika yang sukses meraih trofi Ballon d'Or.

Baca Juga

Kemampuan puncaknya adalah saat masih berseragam AS Monaco, Paris Saint-Germain, dan AC Milan.

Jari Litmanen (Finlandia) 

Jari Litmanen tidak hanya pemain legendaris Finlandia, tetapi juga untuk Ajax Amsterdam. Ada beragam prestasi yang diraihnya.

Baca Juga

Bahkan, sesama rekan setimnya yang sama-sama pemain bintang, Frank Rijkaard, memuji performa Litmanen selama bermain untuk Ajax.

"Dennis Bergkamp sangat brilian untuk Ajax. Tetapi, nomor punggung 10 terbaik yang pernah dimiliki (Ajax) tetap milik Jari," kata Frank dari Sportskeeda.

Selama aktif bermain, Litmanen dua kali berada di 10 besar nominasi Ballon d'Or, di mana salah satunya berhasil menempati urutan ketiga di edisi 1995.

Hristo Stoichkov (Bulgaria) 

Hristo Stoichkov adalah mantan bintang Barcelona di era 90-an. Selama lima tahun di sana, dia mencetak 77 gol dalam 149 penampilan.

Dia juga masuk dalam bagian 'Dream Team' dari legenda Barcelona, Johan Cruyff, dalam merebut trofi La Liga dan Piala Eropa.

Baca Juga

Di Piala Dunia 1994, Stoichkov membawa Bulgaria finis di tempat keempat setelah menyingkirkan juara bertahan Jerman dalam turnamen tersebut.

Atas hasil ini, sang striker dianugerahi trofi Ballon d'Or pada 1994. Ini menunjukkan bahwa pemain-pemain Bulgaria patut diperhitungkan.


2. George Best (Irlandia Utara)

Selebrasi George Best usai mencetak gol untuk Manchester United pertandingan Piala FA kontra Northampton Town, 7 Februari 1970.

George Best adalah salah satu pemain ikonik dan terhebat untuk Manchester United. Dia tampil begitu memukau selama 11 tahun berseragam Man United.

"George Best adalah salah satu pemain paling berbakat sepanjang masa dan mungkin pesepak bola terbaik yang tidak pernah mencapai final besar dunia," kata Franz Beckenbauer, legenda Jerman.

Baca Juga

Sayangnya, prestasinya semakin memudar akibat gaya hidupnya yang dekat dengan alkohol dan dunia malam.

Piala DuniaGeorge BestPiala Dunia 2022Davor SukerTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini