x

Ferry Paulus Terpilih Menjadi Dirut PT LIB, ini Tanggapan Umuh Muchtar

Kamis, 17 November 2022 06:04 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS) yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (15/11/22) lalu.

Dalam RUPS tersebut, Ferry Paulus berhasil terpilih untuk mengisi posisi Direktur Utama PT LIB yang sebelumnya ditempati oleh Akhmad Hadian Lukita.

Sebelumnya, pemegang saham PT LIB yaitu 17 dari 18 klub Liga 1 2022-2023 plus PSSI sepakat dengan pemilihan Ferry Paulus. Hanya satu tim tidak hadir yaitu Persis Solo saat RUPS Luar Biasa.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, mengatasnamakan pribadi memberikan tanggapannya mengenai terpilihnya Ferry Paulus menjadi Direktur Utama PT LIB. 

Pria yang akrab disapa Pak Haji ini, merasa heran dengan terpilihnya Ferry Paulus. Karena menurutnya, alangkah baiknya posisi tersebut diisi oleh orang yang tidak ada kaitannya dengan klub Liga Indonesia.

Baca Juga

"Saya tidak atas nama Persib atau PT (PBB) ya saya sebagai pengamat saja. Memang saya komisaris Persib tapi ini pribadi saya," kata Umuh Muchtar di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (16/11/22) kemarin.

"Bahwa menurut saya itu, lebih tepatnya dari orang Asprov PSSI yang ada di seluruh Indonesia (pilih salah satu), karena tidak ada kepentingan serta keterikatan di klub," ungkapnya menambahkan.

Baca Juga

Dari informasi yang didapatnya, penunjukan Ferry Paulus menjadi Direktur Utama PT LIB, lantaran tidak ada lagi sosok yang maju untuk mengisi posisi tersebut.

"Ini bagaimana caranya ya, katanya tidak ada lagi pilihan di situ harus dari klub, klub yang harus jadi memimpin itu dari PSSI tidak ada yang turun, yang lainnya akhirnya menunjuk saudara Ferry Paulus," ucapnya.

Lebih lanjut Umuh menuturkan, seharusnya dalam pemilihan Dirut PT LIB bisa dilihat dahulu latar belakang sosok yang menjadi kandidatnya. Selain itu, sosok yang terpilih juga harus menjamin kemajuan sepak bola Indonesia.

Baca Juga

1. Umuh Sebut RSUP Harusnya Digelar Setelag KLB PSSI

Anggota Komisaris LIB Roofi Ardian, Komisaris Utama Juni Rahman, Dirut LIB Ferry Paulus, Dirut Operasional Sudjarno pada jumpa pers hasil RUPS PT LIB di Hotel Sultan, Selasa (15/12/22).

"Harus berhitung dan dilihat basicnya, asal usulnya, kalau ketua LIB itu minimal harus yang mapan orang yang punya perusahaan dan benar-benar untuk memajukan sepak bola," ujar Umuh Muchtar.

"Tapi ini sudah terlanjur Ferry Paulus, apa boleh buat kita tunggu saja hasilnya bagaimana. Asal benar bisa merombak dan harus transparan dan kasih tahu ke klub yang punya saham," jelasnya.

Umuh juga berpendapat, seharusnya RUPS Luar Biasa PT LIB digelar setelah Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Meski demikian, ia tetap berharap orang yang terpilih mengisi posisi di PT LIB bisa menjalankan tugasnya dengan profesional.

"Kalau menurut saya KLB dulu ya itu ya paling tepat KLB ratakan dulu baru RUPS. Ini sudah terlanjur coba aja tunggu bagaimana mekanisme mereka ke depan," tegasnya.

Sementara itu, Meski telah dipilih secara musyawarah mufakat ternyata Ferry Paulus punya syarat. Ia cuma mau menduduki jabatan dirut LIB paling lama tiga bulan.

Baca Juga

"Itu yang saya persyaratkan ke pemegang saham, karena memang sejujurnya jabatan ini adalah jabatan yang berat untuk saya. Saya hanya menghantarkan PT LIB lebih sustain (berkelanjutan menangani) masalah keuangan dan regulasi," ucap Ferry Paulus.

"Kesibukan saya di luar juga sudah banyak, maka saya persyarakatkan itu hanya tiga bulan," jelas pria yang kerap disapa FP ini.

Ferry pun menjelaskan nantinya setelah tiga bulan akan ada RUPS Luar Biasa kembali PT LIB di mana akan memilih kembali direktur utama PT LIB yang baru nantinya. "Setelah itu akan ada pemilihan dirut atau direksi yang lain, tapi saya meminta persyaratkan itu," terangnya.

Baca Juga

Ferry Paulus sebelumnya adalah komisaris PT LIB. RUPS Luar Biasa LIB juga memutuskan Munafri Arifuddin menjabat sebagai direktur.

Lalu, Komisaris Utama PT LIB dipegang Juni Rahman. Kemudian anggota komisaris yakni Yabes Tanuri, Ponaryo Astaman, Ardian, dan Roofi Ardian.

Baca Juga
Persib BandungUmuh MuchtarFerry PaulusLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini