x

Bedah Kualitas Giorgio Scalvini, Remaja Atalanta yang Bisa Merapat ke Juventus pada 2023

Jumat, 18 November 2022 20:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Atalanta dan Timnas Italia, Giorgio Scalvini. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Giorgio Scalvini, remaja Atalanta yang bisa merapat ke klub Liga Italia (Serie A), Juventus, pada 2023.

Berdasarkan laporan Calciomercato, raksasa sepak bola Turin tersebut menginginkan Giorgio Scalvini dan memasukkannya sebagai target di bursa transfer musim panas 2023.

Meski masih lama, Juventus sudah harus memasang mata lebar-lebar agar bidikan mereka tidak luput atau diembat para kompetitor.

Pasalnya, pemain yang satu ini masih berusia muda namun memiliki skill yang bisa dengan mudah menarik hati para pelatih sepak bola.

Keinginan Juventus mendatangkan remaja berusia 18 tahun tersebut berakar pada hasrat petinggi yang ingin menghidupkan kembali tradisi pemain Italia di klub mereka.

Baca Juga

Untuk mewujudkan misi besar tersebut, Federico Cherubini selaku direktur olahraga berikut Maurizio Arrivabene sebagai CEO pun terus membidik para pemain muda berbakat asal Italia.

Giorgio Scalvini pun masuk ke daftar mereka. Meski masih sangat muda, ia sudah menjadi pilar yang sangat berharga di skuad Gian Piero Gasperini.

Baca Juga

Sang pelatih pun memberi kepercayaan penuh padanya di skuad La Dea - dengan memainkan 11 dari 15 pertandingan La Dea di Liga Italia.

Selain bek tengah, pemuda kelahiran 11 Desember 2003 ini juga bisa dioperasikan sebagai gelandang bertahan.

Hanya saja, Atalanta nampaknya tidak akan mudah termakan bujuk rayu Juventus maupun klub-klub lain yang meminati pemainnya.

Baca Juga

1. Bedah Kualitas Giorgio Scalvini

Pemain Atalanta dan Timnas Italia, Giorgio Scalvini. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

Pasalnya, Giorgio Scalvini adalah pemain jebolan akademi Atalanta yang masih butuh dididik menjadi pemain hebat.

Apalagi, ia sudah sejak lama menjadi bagian Atalanta dengan dedikasi, hasrat belajar, dan kesabaran yang sangat luar biasa. Bahkan, Gian Piero Gasperini pun menyadari hal itu.

"Sekarang banyak pemain muda yang termakan ekspektasi tinggi. Namun Scalvini, seiring ia dewasa Anda akan melihat evolusi pemain dengan banyak talenta,” ucapnya dikutip dari Forza Italian Football.

Sepak terjang Giorgio Scalvini memang cukup mengagumkan untuk remaja seusianya. Tidak banyak pemain berusia 18 tahun yang sudah menjadi pemain reguler di sebuah klub.

Bukan hanya itu. Ia juga sudah mendapat panggilan ke Timnas Italia senior yang saat ini ditangani Roberto Mancini.

Baca Juga

Tentu saja, untuk sampai ke titik ini Giorgio Scalvini harus melalui perjalanan yang lumayan panjang. Sejak merapat ke Atalanta dari Brescia pada 2015 lalu, ia selalu tampil menonjol saat bermain di tim level usia.

Beruntung, sepak terjangnya itu tidak luput dari mata elang Gian Piero Gasperini, terutama ketika berada di tim primavera.

Baca Juga

Tidak kalah dari pemain senior, Giorgio Scalvini memiliki keunggulan berupa kekuatan fisik, tenaga, stamina, dan kebugaran tubuh yang apik.

Selain itu, ia juga dikenal tenang ketika membawa bola, peka dengan posisinya, percaya diri dalam penguasaan bola, dan memahami permainan dengan baik.

Bicara soal skill, ia termasuk di atas rata-rata untuk pemain muda seangkatannya. 

Baca Juga
 

2. Tak Mudah Datangkan Giorgio Scalvini

Pemain Atalanta dan Timnas Italia, Giorgio Scalvini. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

Dengan kualitas-kualitas yang dimiliki Giorgio Scalvini, nampaknya memang tidak akan mudah bagi Atalanta untuk melepasnya begitu saja - termasuk ke Juventus.

Giorgio Scalvini, yang lahir di Chiari, Itaia, mengawali kariernya bersama sebuah tim yang bernama Palazzolo.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan sepak bolanya di klub yang ‘melahirkan’ Sandro Tonali, Brescia Calcio.

Ia bergabung dengan akademi Atalanta pada tahun 2015 dan di sinilah ia mulai meraih kesuksesan masif yang membawanya ke tim senior Gian Piero Gasperini.

Usia muda pun tidak menjadi halangan bagi Giorgio Scalvini untuk membuktikan di layak berada di kompetisi tertinggi sepak bola Liga Italia, Serie A.

Baca Juga

Ia bahkan sempat menjadi penentu kemenangan timnya saat Atalanta berjumpa AS Roma pada bulan September lalu.

Bagaimana tidak? Gol tunggalnya di pertandingan tersebut menjadi satu-satunya penyelamat La Dea yang berhasil meraih kemenangan tipis atas Giallorossi dengan skor 1-0.

Baca Juga

Saat ini, ketika ia masih membidik karier yang lebih tinggi lagi bersama Atalanta, Juventus pun muncul sebagai peminat yang ingin mendatangkannya di bursa transfer musim panas 2023.

Hanya saja, menurut laporan Calciomercato, belum ada pembicaraan lebih lanjut antara Atalanta-Juventus terkait negosiasi transfer Giorgio Scalvini ini.

Mari kita tunggu saja ya perkembangannya.

Baca Juga

Sumber: Calciomercato

JuventusAtalantaGian Piero GasperiniLiga ItaliaBerita Liga ItaliaOne Football

Berita Terkini