x

Diajak Iwan Bule Cicipi Nasi Padang, Begini Reaksi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Sabtu, 19 November 2022 12:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Ketua Umum PSSI, Mohamad Iriawan, berbagi momen saat mengajak dua bintang naturalisasi anyar, Jordi Amat dan Sandy Walsh, makan nasi padang. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berbagi momen saat mengajak dua bintang naturalisasi anyar, Jordi Amat dan Sandy Walsh, makan nasi padang.

Momen tersebut dibagikan Iwan Bule – sapaan akrab Mochamad Iriawan, melalui akun pribadinya di Instagram, Jumat (18/11/22) malam WIB.

Ketua Umum PSSI tersebut menjamu Jordi Amat dan Sandy Walsh dengan berbagai pilihan lauk pauk khas Sumatera Barat di sebuah restoran Padang.

“Mengajak @sandywalsh dan @jordiamat5 mencoba Nasi Padang,” tulis Iwan Bule.

Jordi Amat yang keturunan Spanyol dan Sandy Walsh keturunan Belanda tampak  begitu menikmati hidangan tersebut.

Iwan Bule juga tampak mengajak mengobrol Jordi Amat dan Sandy Walsh sambil sesekali menjelaskan nama-nama masakan yang sedang disantap mereka.

Baca Juga

Jordi Amat yang ternyata menyantap nasi goring khas Padang sempat menghadap ke arah kamera. Dia pun menggambarkan rasa nasi goreng yang dia cicipi.

“Nasi goreng, mak nyusss,” ujar Jordi Amat.

Baca Juga

Tentunya, ini menjadi pengalaman baru bagi Jordi Amat dan Sandy Walsh yang beberapa hari lalu resmi menyandang status sebagai WNI demi membela Timnas Indonesia.

Mochamad Iriawan pun tak pernah lelah mendampingi Jordi Amat dan Sandy Walsh tiba di Indonesia hingga pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kemenjumkam, Jakarta.

Diketahui, saat proses pengambilan sumpah WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham, Keramat Jati, Sandy dan Jordi didampingi langsung oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga

1. Iwan Bule Setia Dampingi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22).

Namun ternyata Iriawan bukan hanya menemani Sandy dan Jordi dalam mengucap sumpah WNI saja tetapi juga dalam pembuatan KTP hingga Paspor.

Hal ini disampaikan langsung oleh Mochaman Iriawan tepat setelah dirinya mendampingi Sandy dan Jordi mengucap sumpah WNI.

"Proses selanjutnya kami sampaikan kawan-kawan, adalah pembuatan KK (kartu keluarga) kemudian KTP dan Paspor indonesia. Hari ini juga saya akan antar dua-duanya ke Dukcapil, ini supaya segera proses KK, paspor, dan KTP segera selesai," ujar Mochamad Iriawan di Kantor Wilayah Kemenkumham, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (18/11/22).

Iriawan menyampaikan bahwa hal ini dilakukan agar proses pembuatan KK hingga paspor Indonesia milik Sandy dan Jordi bisa segera diurus.

"KTP-nya Jakarta, alamatnya adalah (enggan beri tahu)," katanya. 

Setelah jadi WNI dan mengutus KTP, PSSI berusaha untuk mengurus perpindahan antarfederasi, agar Jordi dan Sandy bisa bermain di Piala AFF 2022.

Baca Juga

Ketum PSSI akan bersurat secara formal dan informal ke FIFA supaya prosesnya tidak mengalami kendala. 

Perpindahan federasi biasanya memakan waktu satu hingga dua minggu. Artinya, Sandy dan Jordi tetap didaftarkan ke panitia Piala AFF, sambil menunggu perpindahan federasi. 

Naturalisasi Jordi dan Sandy ditetapkan dalam surat keputusan Presiden RI yang ditandatangani oleh Joko Widodo pada 9 November 2022. Keppres atas nama Sandy bernomor lima (5) sedangkan Jordi dengan nomor enam (6).

Baca Juga

Keppres tersebut telah diserahkan ke Menpora Zainudin Amali dan Kemenkumham Yasonna Hamonangan Laoly untuk ditindaklanjuti.

Jordi Amat lahir dan besar di Spanyol, tapi punya darah Indonesia dari neneknya. Dia bahkan diakui sebagai generasi ketiga (cucu) dari Raja M.D Kansil dari Kerajaan Siau, Sulawesi Utara. Sementara Sandy Walsh merupakan pemain kelahiran Belanda namun memiliki kakek dan nenek pihak ibu dari Jawa.

Kini keduanya sudah sah menjadi WNI pasca melewati proses yang panjang. Dalam waktu dekat mereka akan segera mendapatkan panggilan dari PSSI untuk memperkuat timnas Indonesia.

Baca Juga
PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshMochamad IriawanKetua Umum PSSIBerita Timnas IndonesiaJordi Amat

Berita Terkini