x

PSSI Minta Komitmen Klub Liga 1 untuk Melepas Pemain ke Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Minggu, 20 November 2022 04:53 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Indonesia Marc Klok melakukan selebrasi setelah mencetak gol penalti ke gawang Malaysia.

INDOSPORT.COM - PSSI berharap keteguhan komitmen peserta Liga 1 2022-2023 untuk tetap melepas pemainnya ke Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 mendatang.

Sebab, kemungkinan besar perhelatan kompetisi Liga 1 tetap berjalan di ajang Piala AFF 2022 nanti. Apalagi sebagian besar pemain dari Timnas Indonesia diperkuat oleh nama-nama yang merumput di kasta tertinggi Liga Indonesia.

Hal ini diutarakan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Irawan. Memang kali ini sedikit berbeda di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Bila biasanya dalam perhelatan Piala AFF kancah Liga 1 akan dihentikan. Namun untuk kali ini kemungkinan tetap berjalan saat Piala AFF bergulir.

Baca Juga

"Awalnya 'kan kami ingin (kompetisi) berhenti pada AFF, cuma ternyata kami kehilangan dua bulan kompetisi tidak bertanding," kata Endri Erawan.

"Kami juga takut kehilangan satu bulan lagi kalau (kompetisi ditunda) sampai AFF selesai. Nanti liganya enggak selesai-selesai. Pastinya kalau Liga 1 jalan akan ada benturan dengan AFF," tambahnya.

Baca Juga

Dengan tetap kompetisi tetap berjalan, Endri Irawan berharap komitmen klub-klub peserta kompetisi Liga 1 untuk melepas pemainnya ke Timnas Indonesia.

Terkait ada pembatasan pemanggilan ke Timnas Indonesia atau tidak, Endri menyebut kalau hal itu akan dibicarakan lagi dengan manajemen klub.

Baca Juga

1. Kapan Liga 1 dan Piala AFF Bergulir?

Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

"Jadi ini komitmen klub. Masalah jumlah pemain yang dilepas berapa mungkin akan dibicarakan lagi," ujar Endri.

"Tapi yang jelas klub sudah tahu bahwa AFF ini (berlangsung) sampai Januari dan akan berbenturan dengan Liga 1," ucapnya menambahkan.

Memang hingga saat ini kelanjutan untuk kompetisi Liga 1 2022-2023 masih belum menemui kejelasan kapan kembali bergulir.

Baca Juga

Jika mendapatkan izin dari otoritas terkait seperti pemerintah dan kepolisian, PSSI akan menggulirkan lanjutan Liga 1 mulai 2 Desember 2022.

Baca Juga

Rencana ini disepakati saat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT LIB pada Selasa (15/11/22) lalu.

Sementara itu, Piala AFF 2022 akan bergulir seusai perhelatan akbar Piala Dunia 2022 Qatar. Tepatnya pada 20 Desember dan berakhir di 16 Januari 2023 mendatang.

Baca Juga
PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalLiga 1Piala AFF 2022

Berita Terkini