x

Jadi Pelatih Persela, Bek Legendaris Timnas Indonesia Kejar Target Promosi Liga 1

Senin, 21 November 2022 18:28 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Charis Yulianto, pelatih berlisensi A AFC yang kini menangani Persela Lamongan.

INDOSPORT.COM - Persela Lamongan tampaknya sudah tak terlalu pusing lagi untuk mencari pelatih pengganti sepeninggal Fakhri Husaini.

Mantan pelatih timnas Indonesia U-16 dan U-19 itu didepak akibat gagal memenuhi ekspektasi klub. Persela baru sekali menang, selebihnya tiga kali imbang dan tiga kali kalah.

Akibatnya, Persela Lamongan terbenam di papan bawah klasemen Grup Tengah Liga 2 2022-2023, tepatnya posisi ke-8 dengan raihan enam poin dari tujuh pertandingan.

Tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu menunjuk Charis Yulianto untuk mengisi posisi pelatih kepala. Dia sebelumnya menjabat asisten pelatih.

"Iya, saya dipercaya untuk mengisi posisi head coach mengisi posisi yang ditinggalkan Fakhri Husaini," ungkap Charis Yulianto pada Rabu (16/11/22). 

Baca Juga

Pengangkatan Charis Yulianto tak lepas dari sertifikasi kepelatihan yang dimiliki. Dia diketahui sudah mengantongi lisensi A AFC.

Sementara asisten pelatih lain belum mumpuni dari segi lisensi. Salah satunya Ragil Sudirman, yang baru memegang lisensi kepelatihan B AFC.

Baca Juga

Charis pun mengaku hanya akan melanjutkan seluruh program Persela Lamongan yang sudah disusun sebelumnya ketika era kepelatihan Fakhri Husaini.

Sementara untuk target, dia juga masih mengacu kepada apa saja yang ditentukan pada awal musim. Yaitu mengantarkan Persela kembali promosi ke Liga 1. 

"Mengikuti apa yang sudah ada. Intinya akan terus memperbaiki performa dan prestasi tim ini," cetus eks asisten Pelatih Borneo FC dan Arema FC tersebut.

Baca Juga

1. Sampai Putaran Pertama

Momen Fakhri Husaini berpamitan dengan skuat Persela Lamongan. Foto: MO Persela

Kendati demikian, Charis Yulianto mengutarakan bahwa jabatan pelatih ini bersifat sementara. Artinya, dia akan kembali ke posisi asisten pelatih apabila Persela Lamongan sudah mendapatkan pengganti Fakhri Husaini.

"Mungkin ada pelatih baru. Setidaknya sampai putaran pertama kompetisi selesai," beber bek andalan timnas Indonesia di Piala Asia 2007 itu.

Baca Juga

Yang jelas, tugas Charis Yulianto sangat berat karena diminta untuk mengangkat performa tim kebanggaan warga Kota Soto itu di Liga 2 2022-2023. 

Baca Juga

Sampai putaran pertama, Persela masih punya dua jadwal laga. Yaitu menghadapi Nusantara United FC dan PSCS Cilacap yang harus tertunda imbas Tragedi Kanjuruhan.

Persela LamonganFakhri HusainiLiga IndonesiaCharis YuliantoLiga 2Bola IndonesiaBerita Liga 2

Berita Terkini