x

3 Alasan Jepang Bisa Tundukan Jerman dan Jadi Tim Kedua Asia yang Menang di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022 10:56 WIB
Editor: Juni Adi
Prediksi pertandingan antara Jerman vs Jepang (Piala Dunia Qatar 2022).

INDOSPORT.COM - Timnas Jepang punya potensi tampil mengejutkan saat berhadapan dengan timnas Jerman di laga perdana Grup E Piala Dunia 2022.

Duel seru tersaji di laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 antara Jerman vs Jepang di Stadion Khalifa Internasional, Qatar, Rabu (23/11/22) malam WIB.

Der Panzer masih menjadi salah satu tim yang selalu difavoritkan untuk meraih gelar juara, karena konsistensinya bisa terus lolos ke Piala Dunia.

Namun sayang, di edisi terakhirnya pada 2018 di Rusia, Jerman tampil mengecewakan. Mereka gagal lolos dari fase grup, karena finis di peringkat ke-4.

Kegagalan itu menjadi pelajaran penting untuk timnas Jerman agar bisa berbenah dan meraih hasil maksimal di Piala Dunia 2022 ini. 

Baca Juga

Bersama pelatih baru, Hansi Flick, Jerman tak ingin hal yang sama terulang. Mereka juga punya modal bagus jelang pertandingan.

Jerman hanya sekali menelan kekalahan dari total 16 pertandingan bersama Hansi Flick sejauh ini.

Baca Juga

Catatan itu menunjukan kalau Jerman terus menunjukan perkembangan yang menjanjikan, agar bisa kembali menjadi tim Eropa yang menakutkan di setiap turnamen.

Kombinasi pemain senior dan junior masih menjadi komposisi khas Jerman. Adapun pemain-pemain senior semacam Manuel Neuer.

Thomas Muller, dan Mario Gotze yang dipadukan dengan sederet pemain muda bertalenta seperti Kai Havertz, Karim Adeyemi, serta Jamal Musiala.

Baca Juga

Di sisi lain, Jerman jgua tidak bisa mengangap remeh Jepang. Meski berkekuatan pemain lokal, tapi banyak posisi penting yang dihuni oleh pemain berpengalaman di Eropa.

Ditopang pemain-pemain seperti Yuto Nagatomo, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Takumi Minamino, Takefusa Kubo, hingga Daichi Kamada, wakil Asia ini berpotensi mengejutkan.

Oleh karena itu, Jepang punya tiga alasan lain yang bisa membuat Jerman terkapar di laga perdana Grup E Piala Dunia 2022: 


1. Arab Saudi Inspirasi

Selebrasi pemain Arab Saudi Salem Al-Dawsari usai mencetak gol kedua mereka dengan rekan setimnya. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Jepang bisa mengikuti jejak timnas Arab Saudi sebagai negara wakil Asia pertama yang meraih kemenangan di Piala Dunia 2022.

Kemenangan itu didapat setelah Arab Saudi mengalahkan Argentina 2-1 di laga pertama Grup C Piala Dunia 2022.

Argentina sempat unggul lebih dahulu melalui gol penalti Lionel Messi di babak pertama. 

Tetapi usai jeda, Arab Saudi bangkit. Dua gol mereka gelontorkan di awal-awal babak kedua melalui Saleh Al-Shehri menit ke-48 dan Salem Al-Dawsari menit ke-53. 

Skor 2-1 untuk keunggulan Arab Saudi bertahan hingga laga usai, meski Argentina berusaha mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada.

Hasil ini tentu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Argentina dengan skuad saat ini, menjadi salah satu negara yang difavoritkan menjadi juara.

Sebab mereka datang dengan status sebagai juara Amerika Latin usai memenangkan Copa America 2022 dan menang atas Italia di laga Finalisma.

Setelah 36 laga tak terkalahkan, Argentina akhirnya tumbang.

Kemenangan historis ini disambut dengan penuh sukacita oleh para suporter Arab Saudi, baik yang di dalam stadion maupun yang di luar.

Timnas Jepang yang secara kualitas juga tidak kalah bagusnya dari Arab Saudi, berpeluang mengikuti jejaknya melawan Jerman nanti.


2. Jerman Dibayang-bayangi Traumatis

Para pemain Jerman tertunduk lesu usai kalah dari Korea Selatan.

Jerman sebagai salah satu negara kuat Eropa, pernah menuai hasil buruk saat berhadapan dengan wakil Asia di Piala Dunia.

Hal itu terjadi pada edisi 2018 lalu. Kala itu Jerman dibungkam oleh Korea Selatan dengan skor 2-0.

Dua gol Korea Selatan dicetak oleh Kim Young-Gwon dan Son Heung-min di menit-menit injury time babak kedua.

Hasil tersebut membuat tim besutan Shin Tae-yong kala itu memulangkan Jerman karena gagal lolos ke fase gugur.

Itu merupakan kali pertama Jerman gagal lolos dari babak penyisihan grup setelah keikutsertaan mereka di Piala Dunia dalam sejarah.

Baca Juga

Jerman kala itu terdampar di dasar klasemen dengan 3 poin, sedangkan Korea Selatan finis di peringkat ke-3 dengan 3 poin juga namun unggul selisih gol.

Jepang Bukan Lawan Sembarangan

Baca Juga

FIFA menyebut bahwa laga melawan Jepang bisa dibilang menjadi salah satu penentu nasib Jerman di Piala Dunia 2022. 

Pasukan Hans Flick harus meraih kemenangan agar peluang lolos ke fase gugur tetap terbuka lebar sebab pada laga selanjutnya mereka akan melawan Spanyol. 

Sayangnya itu mungkin tidak akan mudah bagi Jerman. Pasalnya, Jepang adalah salah satu lawan yang sulit untuk ditundukan bagi mereka.

Baca Juga

Hal itu dibuktikan dari dua pertemuan terakhir kedua tim, Jerman hanya bisa meraih satu kemenangan, dan satu laga lainnya berakhir dengan hasil imbang.

Kendati Jepang belum pernah menang, catatan di atas membuktikan kalau Samurai Biru berpotensi merepotkan Manuel Neuer dan kolega.

JepangArgentinaJermanArab SaudiPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini