x

Kisah Kylian Mbappe, Bocah Pinggiran Paris yang Jadi Pahlawan Prancis di Piala Dunia

Rabu, 23 November 2022 18:47 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Penyerang Timnas Prancis di Piala Dunia 2022, Kylian Mbappe.

INDOSPORT.COM - Pencinta sepak bola mungkin tak asing dengan Kylian Mbappe. Pemain berusia 23 tahun itu kini berseragam klub Paris Saint-Germain (PSG) dan membela Timnas Prancis di ajang Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, Kylian Mbappe memiliki nama asli Kylian Adesanmi Mbappe Lottin. Ia lahir di Arondisemen XIXe, Paris, Prancis pada 20 Desember 1998 silam. 

Kylian Mbappe merupakan anak dari keluarga olahragawan. Ayahnya bernama Wilfried merupakan orang asli Nigeria, dan Ibunya yakni Fayza (Aljazair).

Bakatnya di dunia si kulit bundar tertular dari sang ayah. Wilfried diketahui merupakan pelatih sepak bola klub lokal Prancis, AS Bondy.

Karena pekerjaan sang ayah, Kylian Mbappe kemudian ikut berlatih di AS Bondy sejak usia enam tahun (2004). Ia sejak kecil dilatih sebagai seorang winger kiri dan diberi tahun cara dribel bola dengan baik.

Baca Juga

Bakatnya membuat pemandu bakat memasukannya ke akademi Clairefontaine. Kemudian di usia 11 tahun, ia mengenyam pendidikan di Chelsea.

Setelah itu, Mbappe kembali ke Prancis dan berlatih di akademi AS Monaco pada 2013 lalu. Di situ, dirinya terus menunjukkan bakat luar biasa hingga dipanggil ke Timnas Prancis U-17 pada 2014.

Kemudian pada 2015 akhirnya Mabppe mendapat kontrak profesional di AS Monaco hingga 2018. Pada 2017-2018 ia sempat dipinjamkan ke raksasa Ligue 1 Prancis, PSG.

Baca Juga

Karena penampilan luar biasanya, Mbappe akhirnya dikontrak secara permanen oleh PSG dari bursa transfer musim panas 2018 hingga saat ini.

Di Timnas Prancis, Mbappe pernah membawa negaranya sukses meraih gelar juara Piala Dunia 2018. Saat itu usianya masih menginjak 19 tahun.

Mbappe sukses menjadi pemain termuda kedua di belakang legenda Brasil, Pele yang mencetak gol di final Piala Dunia. Ketika itu, ia berhasil menjebol gawang Kroasia di menit ke-65, dan membawa Prancis menang dengan skor 4-2.

Baca Juga

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022 

PrancisPiala DuniaAS MonacoPSGPiala Dunia 2022Kylian MbappeProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini