x

Louis Van Gaal, Alasan Belanda Bisa Tampil dengan Mengesankan di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022 02:50 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Yohanes Ishak
Bintang Belanda, Virgil van Dijk, mengungkapkan bahwa pelatih Louis van Gaal merupakan kunci dari performa tim di Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Bintang Belanda, Virgil van Dijk, mengungkapkan bahwa pelatih Louis van Gaal merupakan kunci dari performa tim di Piala Dunia 2022.

Sebagaimana diketahui, Belanda sukses memenangkan pertandingan perdana di Piala Dunia 2022 ketika melawan Senegal, Senin (21/11/22).

Menghadapi tim yang juara Piala Afrika 2021 lalu, Belanda sukses mencatatkan clean sheets dengan skor yang berakhir 0-2.

Dua gol untuk kemenangan Belanda dicetak oleh Cody Gakpo 84’ dan Davy Klaassen 99’ dan dengan hasil itu, Der Oranje kini memuncaki klasemen Grup A Piala Dunia 2022.

Padahal, dalam pertandingan tersebut Senegal jauh lebih mengancam karena telah menciptakan 15 percobaan dengan empat diantaranya berhasil mengarah ke gawang.

Baca Juga

Hanya saja, Virgil van Dijk, dkk. sukses mengamankan lini belakang dari serangan yang dilakukan oleh Senegal.

Bek andalan Liverpool, Van Dijk mengungkapkan bahwa salah satu faktor penting di balik kesuksesan Belanda di laga pembuka adalah Louis van Gaal.

Baca Juga

Terungkap sebuah kabar bahwa selain peran dan taktik dari Van Gaal, ternyata kesehatan sang pelatih disebut sebagai faktor lain yang memengaruhi penampilan klub.

Pasalnya, dikabarkan jika juru taktik Timnas Belanda itu juga tengah berjuang melawan penyakitnya di tengah pelaksanaan Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Perjuangan Van Gaal Melawan Penyakit di Piala Dunia 2022

Pelatih Belanda, Louis van Gaal

Melansir Daily Mail, juru taktik berusia 71 tahun ini sedang berjuang melawan penyakit kanker prostat di tengah pelaksanaan Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, Van Gaal mencoba untuk merahasiakan kondisinya dari seluruh pemain Belanda sampai mereka bisa lolos ke Piala Dunia Qatar.

Dilaporkan bahwa pada bulan April lalu, pria 71 tahun itu telah menjalani perawatan radioterapi hingga sebanyak 25 kali.

Menyikapi masalah tersebut, bek Liverpool mengungkapkan jika kondisi Louis van Gaal telah mendorong penampilan Belanda di turnamen kali ini.

“Kami semua juga manusia, karena ketika berita itu (penyakit Louis van Gaal) keluar, itu mengejutkan kami,” ungkap Van Dijk dikutip dari Daily Mail.

Baca Juga

“Tidak mudah baginya untuk menghadapi segala situasi, tetapi saya pikir dia melakukannya dengan luar biasa,” sambungnya.

“Dia adalah manajer kami, manusia yang hebat dan sangat lugas. Jadi, kami pasti akan melangkah lebih jauh karena ini adalah Piala Dunia terakhir untuknya,” jelasnya.

Kondisi yang telah dirahasiakan oleh Louis van Gaal menang benar adanya, karena mantan striker Tottenham, Vincent Janssen turut mengungkapkan hal tersebut.

Baca Juga

“Dia sangat tertutup. Dia tidak terlalu banyak membicarakannya (penyakitnya). Dia berjuang dengan sangat keras,” ungkap Janssen.

Sementara itu, bek Manchester City Nathan Ake juga turut mengungkapkan betapa pentingnya peran Van Gaal.

“Dia adalah pelatih yang hebat. Dia mendukung kami, memberi kami motivasi dan keyakinan. Itu membuat kami memiliki hubungan yang lebih erat,” ungkap Nathan Ake.

Baca Juga
BelandaLouis van GaalPiala DuniaPiala Dunia 2022Virgil van Dijk

Berita Terkini