x

4 Negara Asia yang Mampu Bungkam Tim Favorit Piala Dunia, Salah Satunya Pernah Dilatih Shin Tae-yong

Kamis, 24 November 2022 13:18 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Para pemain Jepang meluapkan kegembiraannya usai mengalahkan Jerman terlihat pemain Jerman Antonio Rudiger terlihat sedih. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 4 negara Asia yang berhasil mengalahkan tim-tim favorit di Piala Dunia, di mana salah satunya pernah dilatih Shin Tae-yong.

Dalam gelaran Piala Dunia, sumber kekuatan dan tim favorit juara selalu datang dari benua-benua dengan prestasi sepak bola mentereng.

Benua Eropa dan Amerika Selatan menjadi dua benua yang kerap sekali menelurkan negara-negara unggulan di Piala Dunia.

Sebut saja Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, Inggris, Brasil, hingga Argentina. Namun, dengan mendapat status unggulan atau favorit yang tersemat terkadang memberikan beban tersendiri bagi negara-negara bersangkutan.

Hasilnya, tiap bertanding di lapangan tim-tim yang mendapat sematan unggulan tersebut kerap bermain di dalam tekanan untuk selalu menang.

Baca Juga

Akibatnya, tim-tim favorit tersebut justru tidak dapat menunjukkan performa terbaik mereka saat menghadapi lawan-lawannya.

Kondisi tersebut tak ayal juga mampu dimanfaatkan oleh negara-negara kecil yang tak diunggulkan seperti negara-negara dari wakil benua Asia.

Baca Juga

Wakil-wakil Asia sendiri memang kerap diremehkan karena postur mereka yang lebih pendek dibandingkan dengan wakil-wakil dari benua lain.

Kendati begitu, hal tersebut bukan menjadi halangan untuk bisa mengalahkan kekuatan-kekuatan tim favorit dari benua lain.

Setidaknya, berikut adalah 4 negara Asia yang berhasil mengalahkan tim favorit di Piala Dunia. Negara mana sajakah itu? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Korea Utara 1-0 Italia (Piala Dunia 1966)

Korea Selatan vs Jerman

Italia memang telah menjadi salah satu negara dengan sejarah sepak bola yang kuat di dunia. Hal tersebut membuat mereka kerap menjadi favorit juara di dalam turnamen-turnamen sepak bola.

Meski selalu kuat soal materi pemain, hal itu tidak menjamin mereka untuk selalu menang. Bahkan, Italia pernah harus tersungkur oleh negara non-unggulan saat Piala Dunia 1966.

Saat itu, Korea Utara menjadi mimpi buruk untuk memberikan kekalahan bagi tim yang mendapat julukan Gli Azzurri tersebut.

Korea Utara berhasil menggulung Italia dengan skor tipis 1-0. Kala itu, Italia memang harus kehilangan salah satu bintangnya, Giacomo Bulgarelli yang menepi karena cedera.

Tidak adanya aturan pergantian pemain saat itu membuat Italia kalah jumlah. Kekalahan dari Korea Utara tersebut pada akhirnya menjadi salah satu faktor yang membuat Gli Azzurri tak lolos fase knock-out.

Baca Juga

Korea Selatan 2-0 Jerman (Piala Dunia 2018)

Momen tragis ini terjadi saat Piala Dunia 2018 yang lalu. Jerman yang tampil sebagai juara bertahan harus menelan pil pahit dengan kalah dari Korea Selatan.

Saat itu Jerman membutuhkan kemenangan agar bisa lolos dari babak penyisihan grup. Sebab, pada laga perdana, Der Panzer telah kalah atas Meksiko.

Baca Juga

Berhasil meraih kemenangan di pertandingan kedua Jerman saat itu belum pasti lolos dari babak penyisihan grup.

Alhasil, kewajiban meraih kemenangan bak menjadi harga mati saat itu pada laga pamungkas babak penyisihan grup.

Melawan Korea Selatan yang masih dilatih Shin Tae-yong, Jerman saat itu jauh diunggulkan untuk meraih kemenangan.

Akan tetapi, yang terjadi bukan lah seperti itu. Jerman justru ditekuk Korea Selatan dengan skor 2-0 dan membuatnya gagal melangkah ke babak 16 besar.

Baca Juga

2. Argentina 1-2 Arab Saudi (Piala Dunia 2022)

Selebrasi para pemain Jepang usai Takuma Asano menjebol gawang Jerman di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Negara Asia lain yang berhasil mengalahkan kandidat atau tim favorit juara adalah Arab Saudi. Momen tersebut terjadi pada Piala Dunia 2022.

Argentina yang saat itu unggul terlebih dahulu lewat gol penalti dari Lionel Messi harus dibalikkan keadaannya pada babak kedua.

Arab Saudi yang tampil dengan serangan balik efektif berhasil melesatkan dua gol ke gawang Emiliano Martinez.

Dua gol tersebut berhasil ditorehkan lewat kaki Saleh Alshehri pada menit ke48’ dan Salem Aldawsri pada menit ke-53’.

Baca Juga

Jerman 1-2 Jepang (Piala Dunia 2022)

Seperti Arab Saudi, Jepang juga baru saja memberikan kejutan dengan berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 1-2.

Difavoritkan menang, Jerman unggul terlebih dulu lewat sepakan lewat titik putih Iklay Gundogan. Namun, pada babak kedua Der Panzer harus diputar balik lewat dua gol Jepang.

Baca Juga

Hasil tersebut turut membuat Jepang berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu wakil Asia yang mampu mengalahkan salah satu tim favorit Piala Dunia.

Kemenangan tersebut juga turut membawa Jepang saat ini bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 di bawah Spanyol.

Baca Juga
JepangPiala DuniaKorea SelatanPiala Dunia 2022Shin Tae-yongTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini