x

Berbekal 'Surat Cinta' ke PSSI, Sandy Walsh Tak Sabar Segera Bela Timnas Indonesia

Kamis, 24 November 2022 17:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Bintang naturalisasi, Sandy Walsh secara terbuka mengirimkan surat kepada PSSI soal kesiapannya membela Timnas Indonesia di turnamen Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Bintang naturalisasi, Sandy Walsh secara terbuka mengirimkan surat kepada PSSI soal kesiapannya membela Timnas Indonesia di turnamen Piala AFF 2022.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong akhirnya memanggil 28 pemain ke Timnas Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia memang akan menggelar pemusatan latihan di Bali mulai 28 November nanti. Mereka bersiap menyambut Piala AFF 2022 yang berlangsung pada 23 Desember hingga 16 Januari mendatang. 

Ajang sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara ini dijadwalkan berlangsung pada 23 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Timnas Indonesia sendiri telah tergabung ke dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Mereka memiliki kans besar lolos lantaran AFF telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Grup A.

Baca Juga

Dalam pemanggilan 28 pemain ke Skuat Garuda senior, ada nama dua pemain naturalisasi baru yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Sandy Walsh tentunya merasa sangat bangga dengan pemanggilan tersebut. Hal ini diungkapkan olehnya wwat sebuah surat yang ditujukan kepada PSSI lewat akun Instagram-nya.

Baca Juga

“Surat itulah yang memulai segalanya… Bangga akhirnya bisa bergabung dengan Timnas Indonesia! Sayo bekerja,” tulis Sandy Walsh dalam keterangan caption.

Sementara pada unggahannya tersebut, Sandy Walsh memasang foto sedang membentangkan bendera Merah Putih Indonesia di stadion.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, Nama saya Sandy Walsh. Tujuan dari surat ini adalah untuk secara resmi mengumumkan niat saya untuk mengubah asosiasi dan mengonfirmasi selesainya proses naturalisasi saya,” tulis Sandy Walsh dalam suratnya.

Baca Juga

1. Sandy Walsh Siap Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

“Saya sangat senang meennnerima hak istimewa untuk mewakili bangsa Indonesia yang besar, budayanya yang kaya, dan di atas segalanya, orang-orang yang luar biasa.”

“Merupakan kehormatan besar untuk menerima kesempatan untuk menjadi bagian dari masa depan sepak bola Indonesia yang tidak diragukan lagi akan cerah. Saya berharap dapat bekerja dengan rekan tim dan staf saya yang berbakat. Saya berharap dapat melihat Anda semua segera. Terima kasih banyak, Sandy Walsh,” lanjutnya.

Surat yang dikirimkan Sandy Walsh itu pun mendapatkan sambutan positif dari calon rekan setimnya, Saddil Ramdani, dan juga ketua umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Selamat Bro,” tulis Saddil Ramdani.

“Semangat,” tulis Iwan Bule – sapaan akrab Mochamad Iriawan.

Baca Juga

Sementara itu, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengonfirmasi bahwa PSSI sudah bergerak mengurus perpindahan federasi dari dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Namun untuk saat ini yang sudah dikirimkan adalah berkas dari Jordi Amat sedangkan Sandy Walsh akan segera menyusul. Hal ini karena paspor Sandy Walsh baru saja jadi sehingga tidak bisa bebarengan dimasukkannya.

Baca Juga

Sandy Walsh dan Jordi Amat sebelumnya telah resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI). Keduanya resmi menjadi WNI setelah mengambil sumpah kewarganegaraan pada Kamis (17/11/22) kemarin.

Usai resmi dinaturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh langsung pasang target tinggi bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Keduanya ingin bawa pulang trofi untuk pertama kalinya bagi skuad Garuda.

Tak hanya Sandy Walsh dan Jordi Amat,tiga pemain yang berkarier di Eropa yakni Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman juga ikut dipanggil Shin Tae-yong untuk TC kali ini. 

Baca Juga
NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini