x

Ini Dia Alasan Kenapa Perpanjangan Waktu Lama di Piala Dunia 2022

Kamis, 24 November 2022 07:31 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM - Tahukah kalian pencinta sepak bola sejati, mengapa perpanjangan waktu di ajang Piala Dunia 2022 lebih lama dari biasanya? Bahkan, paling cepat dari tambahan waktu dalam satu laga adalah minimal lima menit.

Padahal, biasanya dalam pertandingan sepak bola, waktu lima menit hingga tujuh menit itu sudah dianggap sangat lama.

Masih ingat dengan perpanjangan waktu yang terjadi dalam pertandingan Grup B Piala Dunia 2022 antara Inggris melawan Iran pada hari Senin, (21/11/22) kemarin?

Baca Juga

Di mana total waktu perpanjangan waktu laga tersebut mencapai 27 menit dengan rincian 14 menit di perpanjangan waktu untuk babak pertama dan 13 menit sisanya di babak kedua.

Tercatat, pada empat pertandingan awal Piala Dunia 2022, perpanjangan waktu yang diberikan mencapai 67 menit. Luar biasa bukan?

Setelaah ditelaah, ternyata perpanjangan waktu yang sangat lama di ajang empat tahunan ini memang sudah direncanakan dan dibuat oleh legenda wasit ternama asal Italia, Pierluigi Collina yang menjabat sebagai Kepala Komite Wasit FIFA.

Baca Juga

Kiprahnya saat masih aktif sebagai pengadil lapangan memang tak perlu diragukan lagi, sehingga tak heran jika dirinya disebut sebagai salah satu wasit terbaik sepak bola dunia.

Dilansir dari ESPN, Collina mengaku merasa gregetan dengan para pemain yang suka membuang-buang waktu, seperti pura-pura cedera, lalu ada juga yang merayakan selebrasi gol hingga mencapai satu menit, atau ada tim yang sudah aman dari kekalahan mencoba untuk mengulur-ulur waktu.

Oleh karena itu, demi menghibur para penonton yang hadir ke stadion dan juga penikmat sepak bola lainnya, Collina ingin agar Piala Dunia 2022 bisa tampil berbeda.

“Bayangkan posisi Anda sebagai penonton, membayar tiket mahal ke stadion untuk menyaksikan pertandingan sepak bola selama 90 menit, namun ternyata banyak waktu yang terbuang karena ada pemain yang mengulur waktu,” ujar Pierluigi Collina.

Pierluigi Collina, mantan wasit sepak bola asal Italia.

“Bagaimana bisa ada waktu yang ditotal sekitar 8-10 menit yang terbuang karena sepanjang laga ada tim yang hanya membuang-buang bola?”

“Bayangkan juga, satu selebrasi gol bisa mencapai satu sampai satu setengah menit dan jika ada tiga gol yang tercipta, maka sudah lima menit terbuang percuma,” tambahnya.

“Oleh karena itu, kami tim wasit sudah membahas ini begitu Piala Dunia 2018 Rusia kemarin selesai. Kami terus melakukan evaluasi, rapat besar-besaran dengan setiap konfederasi dari berbagai negara, bahkan seminar virtual jarak jauh juga kami tetap lakukan semasa pandemi.”

“Semua itu kami lakukan agar mendapatkan hasil yang terbaik. Bukan hanya untuk penikmat sepak bola, tetapi juga untuk kepentingan wasit itu sendiri. Wasit juga perlu istirahat untuk menjaga stamina, agar bisa menjalankan tugas di laga yang dipercaya berikutnya,” sambung Pierluigi Collina.

Baca Juga

1. Jawaban Mengapa Perpanjangan Waktu Piala Dunia 2022 Lama

Logo Piala Dunia 2022

Dengan demikian, kini terjawab sudah, mengapa perpanjangan waktu di Piala Dunia 2022 lama dari yang paling cepat sekitar lima menit, hingga 14 menit.

Keputusan yang diberikan oleh Collina ini tentunya sudah mendapat persetujuan dari Federasi Tertinggi Sepak Bola Dunia, FIFA sehingga tak mengherankan, perpanjangan waktu yang diberikan sejauh ini belum ada yang memprotes.

Baca Juga

Artinya, jika ada tim yang diunggulkan dalam satu laga, maka mereka sudah tak bisa lagi menggunakan taktik dengan pura-pura cedera, mengulur waktu dengan menahan bola di lini pertahanan atau membawa ke garis sudut lapangan.

Permainan sepak bola yang adil pun kini semakin berkembang dan untuk kinerja serta Kesehatan untuk para wasit yang bakal bertugas di Piala Dunia 2022 nanti pun diharapkan bisa terjaga dengan baik.

Baca Juga

Piala Dunia 2022 sendiri sudah digelar sejak Minggu, 20 November 2022 kemarin dan dari fase grup, pertandingan yang sudah dimainkan adalah tim-tim peserta dari Grup A hingga Grup F.

Kini, sore hari nanti, tim-tim peserta dari Grup G hingga Grup H baru akan menjalani laga pembuka mereka di Piala Dunia 2022. Kira-kira, apakah masih ada perpanjangan waktu yang lebih lama dari laga antara Inggris vs Iran? Menarik untuk dinanti.

Baca Juga
InggrisIranFIFAPiala DuniaPiala Dunia 2022Pierluigi CollinaUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini