x

Arkhan Fikri Petik Banyak Pengalaman dari Pemusatan Latihan Timnas Indonesia di Eropa

Jumat, 25 November 2022 13:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Winger Timnas Indonesia U-20 asal Arema Fc, Arkhan Fikri. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 sudah menyelesaikan pemusatan latihannya di Eropa. Setidaknya para penggawa Garuda Nusantara digembleng selama kurang lebih 40 hari di tanah Biru.

Timnas Indonesia U-20 berlatih di dua negara dalam pemusatan latihan di Eropa. Di mulai di Turki kemudian berlanjut di Spanyol.

Para penggawa Timnas Indonesia U-20 pun memiliki pengalaman tersendiri dari pemusatan latihan di Eropa. Seperti diutarakan oleh Arkhan Fikri.

Arkhan menilai dirinya mendapat banyak pengalaman dari pemusatan latihan di Eropa. Sebab memang selama di Eropa, Timnas Indonesia U-20 tak hanya berlatih semata.

Mereka juga melakoni banyak laga uji coba dan melawan tim-tim yang kuat. Sebuat saja Perancis U-20 Slovakia da  masih banyak lagi.

Baca Juga

"Awal-awal kita bangun fisik dulu mungkin ya, kita ada di pantai, ada gym dan bangun otot-otot, terus kita ada banyak uji coba dengan tim besar seperti Prancis dan tim besar dari Spanyol dan Turki," ucap Arkhan Fikri.

Memang selama di Eropa Timnas Indonesia mencicipi beberapa laga uji coba. Selama di Turki sudah menghadapi Cakallikli Spor (2-1), Turki U-20 (1-2), Moldova U-20 (3-1), Moldova U-20 (0-0), Antalyaspor U-20 (3-2), Baerum SK (3-3), Al-Adalah FC (0-2).

Baca Juga

Setelah itu, TC lanjut di Spanyol Timnas Indonesia U-20 juga menggelar uji coba dengan cacatan tanpa kemenangan. Yaitu melawan Prancis U-20 (0-6), Slovakia (1-2), dan Malaga U-19 (0-0).

Laga melawan Malaga sekaligus menjadi uji coba terakhir Timnas Indonesia U-20 selama pemusatan latihan di Eropa. Anak asuh Shin Tae-yong ini direncanakan kembali ke Indonesia pada tanggal 24 dan 25 November.

"Kami mungkin banyak pengalaman dan belajar dari sini, kita bisa lebih baik ke depannya," pungkasnya.


1. Agenda Timnas Indonesia U-20 Selanjutnya Usai TC di Turki dan Spanyol

Pertandingan Uji coba Timnas Indonesia U-20 vs slovakia U-20. (Foto: PSSI)

Usai sudah rangkaian pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Eropa. Skuad Garuda Nusantara menutup rangkaian tur Eropa dengan bermain imbang melawan Malaga U-19.

Timnas Indonesia U-20 hanya mampu bermain imbang 0-0 saat beruji coba dengan Malaga U-19 pada laga uji coba terakhir di Spanyol.

Timnas Indonesia U-20 memang melakoni rangkaian pemusatan di Eropa. Dua negara menjadi destinasi Timnas Indonesia U-20.

Di mana pemusatan latihan dimulai di Turki. Selama di Turki, Timnas Indonesia melakoni tujuh laga uji coba.

Mereka menghadapi Cakallikli Spor (2-1), Turki U-20 (1-2), Moldova U-20 (3-1), Moldova U-20 (0-0), Antalyaspor U-20 (3-2), Baerum SK (3-3), Al-Adalah FC (0-2). Setelah itu, TC lanjut di Spanyol.

Baca Juga

Di Negeri Matador, Timnas Indonesia U-20 juga menggelar uji coba dengan cacatan tanpa kemenangan. Yaitu melawan Prancis U-20 (0-6), Slovakia (1-2), dan Malaga U-19 (0-0).

Kini selepas pemusatan latihan di Eropa, Timnas Indonesia U-20 sudah memiliki agenda lain. Sebagian pemain akan dikembalikan ke klub kecuali Marselino Ferdinan, Muhammad Ferarri, dan Dzaky Asraf yang diikut sertakan bersama Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Baca Juga

"Setelah ini tim akan pulang ke Indonesia, pemain akan kembali ke klub terlebih dahulu," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Adapun Timnas Indonesia U-20 akan TC kembali sebagai persiapan menghadapi Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023. Iriawan berharap hasil positif didapat para pemain.

"Setelah itu, akan ada pemusatan latihan lagi jelang persiapan menghadapi Piala Asia U-20 dan tentunya Piala Dunia U-20 tahun depan. Kami berharap di dua ajang tersebut, Indonesia mampu meraih prestasi terbaik," katanya.

Baca Juga
Timnas IndonesiaLiga IndonesiaIwan BuleBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Arkhan Fikri

Berita Terkini