x

Bedah Formasi Timnas Brasil Usai Neymar Cedera Ankle, Bakal Kesulitan di Fase Grup Piala Dunia 2022?

Jumat, 25 November 2022 12:23 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
Neymar mengalami cedera di laga Piala Dunia 2022 Brasil vs Serbia (25/11/22). (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM – Timnas Brasil bisa saja mengalami kehilangan besar di Piala Dunia 2022, jika Neymar kemudian absen karena cedera ankle usai melawan Serbia.

Timnas Brasil baru saja memenangi laga matchday pertama grup G Piala Dunia 2022 melawan Serbia pada hari Jumat (25/11/22) dini hari WIB.

Pasukan Brasil mampu memenangi laga melawan Serbia dengan skor 2-0 melalui dua gol yang dicetak oleh Richarlison di menit ke-62 dan 73.

Hasil pertandingan ini membaw Seleccao menjadi pemuncak klasemen grup G Piala Dunia 2022 dengan raihan 3 poin dan keunggulan satu gol dari Swiss di peringkat kedua.

Dalam pertandingan melawan Serbia, Brasil menurunkan sejumlah pemain utama, seperti kiper Alisson Becker hingga gelandang bertahan Lucas Paqueta.

Baca Juga

Duet Alisson dan Lucas Paqueta dilengkapi beberapa pemain lain, seperti Neymar, Richarlison, Casemiro, dan bintang muda, Vinicius Junior.

Namun demikian, petaka menghampiri timnas Brasil ketika Neymar terpaksa harus ditarik keluar dan digantikan pemain Manchester United, Antony.

Baca Juga

Belakangan, diketahui bahwa kondisi ankle Neymar terlihat memburuk dan nampak bengkak dalam sebuah gambar jelang akhir pertandingan.

Brasil sendiri masih akan menjalani dua pertandingan sisa, yaitu melawan Swiss dan Kamerun sebagai penentu kelanjutan mereka ke babak selanjutnya di Piala Dunia 2022.

Berikut merupakan 4 kemungkinan formasi Brasil di laga lanjutan Piala Dunia 2022 selepas cedera ankle yang diderita oleh Neymar.

Baca Juga

1. Kemungkinan Formasi Brasil di Piala Dunia 2022

Neymar mengalami cedera di laga Piala Dunia 2022 Brasil vs Serbia (25/11/22). (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Brasil yang masih dibesut oleh Tite kemungkinan akan mengandalkan beberapa pola, seperti 4-2-3-1 yang bisa diganti dengan pola yang serupa, yaitu 4-3-3.

Dengan susunan pemain yang tersedia, harusnya kehialngan Neymar tidak akan begitu berarti, karena dengan mengganti pola permainan, performa Brasil akan stabil sepanjang Piala Dunia 2022.

Jika menggunakan formasi 4-2-3-1, maka Brasil perlu menurunkan gelandang serang yang juga akan berfungsi sebagai otak permainan.

Pasalnya, dalam formasi ini, Neymar bermain di belakang Richarlison yang turun sebagai penyerang utama dan menjadi penggerak utama permainan Brasil garapan Tite,

Namun demikian, ada kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa digunakan Brasil di laga sisa Piala Dunia 2022 yang dirangkum dalam analisis singkat berikut.

Pola Brasil Tanpa Neymar

Baca Juga

Dalam formasi 4-2-3-1 Brasil, ada satu posisi kosong yang seharusnya diisi oleh Neymar, yaitu gelandang serang yang sebenarnya bisa diperankan oleh pemain lain, yaitu Lucas Paqueta.

Namun, Tite selaku pelatih Brasil memosisikan Paqueta sebagai deep-lying playmaker mendampingi Casemiro yang berperan sebagai gelandang bertahan murni.

Baca Juga

Jika Paqueta kemudian didorong ke depan sebagai gelandang serang, maka Brasil akan menurunkan satu gelandang bertipe box to box untuk mengimbangi Casemiro.

Maka, Fred akan mengisi posisi tersebut, meskipun Casemiro harus bekerja lebih keras di posisi bertahan.

Jika tidak menurunkan Fred, masih ada nama gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes yang bisa dimanikan berdampingan dengan Casemiro di lini tengah dalam skuat Brasil di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. 4-3-3 Alternatif Terbaik Brasil?

Neymar mengalami cedera di laga Piala Dunia 2022 Brasil vs Serbia (25/11/22). (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Brasil masih punya alternatif formasi tanpa menurunkan Neymar di posisi gelandang serang dengan menarik posisi tersebut dan mengubahnya menjadi gelandang tengah.

Gelandang tengah tersebut bisa diisi oleh beberapa pemain timnas Brasil, seperti Bruno Guimaraes, Fred, dan Fabinho.

Hanya saja, dari tiga gelandang yang dibawa timnas Brasil ke Piala Dunia 2022 ini, Fabinho bertipe sama dengan Casemiro, sehingga baru akan berguna jika menghadapi tim yang cenderung lebih spartan.

Fred dan Bruno Guimaraes lebih cocok bermain di posisi tiga gelandang yang akan mengimbangi permainan Lucas Paqueta dan Casemiro.

Kondisi ini mungkin akan mengurangi dinamisnya permainan timnas Brasil, tetapi akan memberikan keseimbangan di laga lanjutan Piala Dunia 2022.

Bagaimana Brasil Tanpa Neymar?

Baca Juga

Brasil kemungkinan akan melaju dengan baik di gelaran Piala Dunia 2022, mengingat performa Swiss dan Kamerun tak begitu baik.

Namun demikian, Tite selaku pelatih Brasil perlu berhati-hati dan mulai mencari strategi yang pas agar Brasil bisa bermain dengan baik.

Baca Juga

Jika Neymar bisa sembuh tepat waktu atau bisa pulih ketika Brasil memasuki babak 16 besar, karena akan jadi babak yang berat.

Kondisi tanpa Neymar sebenarnya sempat terjadi ketika Brasil kemudian dihancurkan Jerman dengan skor 1-7 di Piala Dunia 2014.

Hal inilah yang harus diantisipasi oleh timnas Brasil agar dapat melaju sejauh mungkin dalam gelaran Piala Dunia 2022.

Baca Juga
NeymarBrasilPiala Dunia 2022Alisson BeckerLucas PaquetaTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini