x

Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 Brasil vs Serbia: Richarlison Kesetanan, Tripoin Selecao Amankan

Jumat, 25 November 2022 04:02 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Richarlison jadi pembeda dalam laga lanjutan Grup G Piala Dunia 2022 antara Brasil vs Serbia yang digelar di Lusail Stadium pada Jumat (24/11/22) dini hari. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM - Richarlison jadi pembeda dalam laga lanjutan Grup G Piala Dunia 2022 antara Brasil vs Serbia yang digelar di Lusail Stadium pada Jumat (24/11/22) dini hari.

Dua golnya sukses membuat Selecao menang 2-0 atas Orlovi meski dianggap minim kontribusi secara keseluruhan selama 80 menit di atas lapangan. Tambahan tiga poin membawa Brasil untuk sementara memuncaki Grup G Piala Dunia 2022 yang baru berjalan satu putaran.

Di belakang mereka ada Swiss yang juga punya raihan poin serupa namun kalah dalam agresivitas gol. Kamerun dan Serbia kemudian menempati dua posisi terendah.

Pelatih Brasil, Tite, sepertinya ingin timnya bermain super menyerang dan itu dibuktikan dengan diturunkannya Raphinha, Neymar, Vinicius Junior, dan Richarlison secara bersamaan.

Tidak cuma itu, Lucas Paqueta yang biasanya dipasang sebagai gelandang serang bahkan dimainkan sebagai tandem Casemiro di posisi yang lebih dalam.

Baca Juga

Hasilnya Brasil tampil dominan dan menekan dengan 58% penguasaan bola di babak pertama tetapi Serbia tidak keberatan bermain lebih bertahan.

Skema tiga bek wakil Eropa yang mengandalkan Milos Velijkovic, Strahinja Pavlovic, dan Nikola Milenkovic mampu meminimalisir ancaman-ancaman ke gawang Vanja Milinkovic-Savic.

Baca Juga

Peluang besar pertama di laga Brasil vs Serbia kali ini hadir pada menit ke-29 saat Thiago Silva mampu mengirim umpan terobosan jitu untuk Vinicius namun nama kedua masih gagal melewati hadangan kiper meski punya ruang dan waktu cukup banyak mempersiapkan tembakan.

Lima menit kemudian giliran Raphinha yang mendapat giliran menjajal ketenangan Milinkovic-Savic di bawah mistar namun shooting sang winger setelah melakukan kombinasi one-two bersama Paqueta masih terlalu lemah.

Blunder dari Milenkovic nyaris membuat Serbia kebobolan hanya empat menit sebelum jeda namun beruntung karena Vinicius justru masih mandul di hadapan kesempatan emas. Skor 0-0 pun bertahan sampai turun minum.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Duel pemain Brasil dengan Serbia dalam pertandingan pertama Grup G Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Molly Darlington).

Pada awal paruh kedua, Brasil hampir diuntungkan lagi oleh kesalahan mendasar dari Serbia. Milinkovic-Savic awalnya ingin memberikan umpan pendek pada Nemanja Gudelj namun bola justru dicuri ole Raphinha.

Hoki masih berpihak pada Milinkovic-Savic karena kiper milik Torino itu dapat membayar kesalahannya sendiri dan melakukan intervensi brilian untuk mengagalkan peluang tadi.

Kebuntuan akhirnya benar-benar pecah di menit ke-62 lewat pemain dengan sentuhan paling sedikit di lapangan, Richarlison. Semua bermula dari dribel Neymar yang membuat pertahanan Serbia merenggang dan bola kemudian ditembak oleh Vinicius.

Milinkovic-Savic masih bisa menepisnya namun kemudian rebound jatuh ke kaki Richarlison. Sang striker Tottenham Hotspur tidak membuang banyak waktu karena sekejap saja bola sudah bersarang di gawang Serbia.

Sepuluh menit berselang kedudukan kembali berubah saat Richarlison untuk kali kedua mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini lewat sebuah teknik akrobatik memanfaatkan assist kaki luar Vinicius.

Baca Juga

Tidak ada gol tambahan di sisa laga Piala Dunia 2022 Brasil vs Serbia. Skor 2-0 tetap bertahan sampai peluit panjang ditiup oleh wasit Alireza Faghani.

Susunan Pemain Brasil vs Serbia 

BRASIL (4-2-3-1): Alisson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Lucas Paqueta, Casemiro; Raphinha, Neymar, Vinicius Junior; Richarlison.

Baca Juga

SUBS: Fred, Weverton, Dani Alves, Eder Militao, Fabinho, Alex Telles, Bruno Guimaraes, Gabriel Jesus, Antony, Rodrygo, Everton Ribeiro, Ederson, Gleison Bremer, Pedro, Gabriel Martinelli.

SERBIA (3-5-1-1): Vanja Milinkovic-Savic; Milos Veljkovic, Nikola Milenkovic, Strahinja Pavlovic; Andrija Zivkovic, Sasa Lukic, Nemanja Gudelj, Filip Mladenovic; Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Tadic; Aleksandar Mitrovic.

SUBS: Marko Dmitrovic, Strahinja Erakovic, Nemanja Maksimovic, Nemanja Radonjic, Luka Jovic, Predrag Rajkovic, Stefan Mitrovic, Srđan Babic, Filip Kostic, Dusan Vlahovic, Uros Racic, Filip Duricic, Darko Lazovic, Ivan Ilic, Marko Grujic.

Baca Juga
 
BrasilSerbiaPiala Dunia 2022RicharlisonHasil Piala Dunia 2022

Berita Terkini