x

Klasemen Piala Dunia 2022: Grup A dan B Memanas! Saling Sikut hingga Akhir

Sabtu, 26 November 2022 04:45 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM - Perebutan tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Grup A dan Grup B kian memanas. Enam tim bakal bersaing untuk mendapatkan posisi dua teratas di klasemen masing-masing.

Dimulai dari Grup A, satu tim telah dipastikan tersingkir, yakni tuan rumah Qatar yang telah menelan dua kekalahan beruntun, yaitu saat kalah di laga pembuka melawan Ekuador dengan skor 0-2 dan Senegal dengan skor 1-3.

Kekalahan ini membuat Qatar dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar setelah mereka tak mampu meraih satu poin pun dalam dual aga yang membuat mereka kini menempati posisi juru kunci.

Sementara itu, persaingan untuk mendapatkan tiket babak 16 besar di Grup A Piala Dunia 2022 masih diperebutkan oleh tiga tim, yakni Belanda, Ekuador, dan Senegal.

Baca Juga

Ketiganya memiliki poin yang berdempet, sehingga laga pamungkas nanti menjadi penentuan tim mana yang akan lolos. Kemenangan menjadi harga mati untuk bisa memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

Saat ini, Belanda masih memegang puncak klasemen sementara Piala Dunia 2022 di Grup A dengan raihan empat poin, disusul Ekuador di posisi kedua yang juga meraih poin dan selisih gol yang sama.

Kedua tim ini juga meraih hasil imbang 1-1 dalam pertandingan kedua yang digelar hari Jumat, (25/11/22) pukul 23:00 WIB di Stadion Internasional Khalifa.

Moises Caicedo dari Ekuador berjabat tangan dengan Xavi Simons dari Belanda setelah pertandingan REUTERS-Hannah Mckay

Belanda berhak menempati puncak klasemen sementara, karena mereka mampu unggul lebih dulu melalui gol Cody Gakpo di menit ke-6, sementara Ekuador baru membalas di menit ke-49 melalui Enner Valencia.

Posisi ketiga dihuni oleh Senegal yang sukses menjegal tuan rumah Qatar dengan skor meyakinkan 3-1, Jumat (25/11/22) pukul 20:00 WIB di Stadion Al Thumama.

Ketiga gol Senegal dikemas oleh Bouaye Dia di menit ke-41, Famara Diedhiou di menit ke-48, dan Bamba Dieng di menit ke-84. Sementara gol tunggal Qatar diciptakan oleh Mohammed Muntari di menit ke-78.

Kemenangan Senegal atas Qatar membuat mereka mendapatkan tiga poin pertama dan hanya selisih satu poin dengan Belanda dan Ekuador.

Baca Juga
Selebrasi para pemain Senegal usai Boulaye Dia mencetak gol ke gawang Qatar dalam laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Kai Pfaffenbach).

Tentunya, Senegal masih punya kans ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 jika berhasil kalahkan Ekuador yang digelar hari Selasa (29/11/22) pukul 23:00 WIB di Stadion Internasional Khalifa.

Kalaupun imbang, Senegal harus berharap, Belanda takluk dari Qatar dalam pertandingan yang digelar di hari dan waktu yang sama, namun digelar di Stadion Al Bayt.

Beralih ke Klasemen Sementara Grup B Piala Dunia 2022 yang juga tak kalah menarik.

Jika Grup A Piala Dunia 2022 masih diperebutkan oleh tiga tim, maka di Grup B Piala Dunia 2022 seluruh pesertanya alias keempat tim masih punya peluang yang sama.

Keempat tim di grup ini adalah Inggris, Iran, Amerika Serikat, dan Wales yang secara berurutan menempati posisi klasemen tersebut.

Aksi Jordan Pickford di laga Piala Dunia 2022 antara Inggris vs Amerika Serikat REUTERS-Matthew Childs

Dibandingkan tiga tim lainnya, mungkin hanya Wales yang punya peluang lolos paling kecil.

Wales saat ini menempati posisi paling bawah di klasemen dengan raihan satu poin, di mana mereka hanya bermain imbang melawan Amerika Serikat dengan skor 1-1 pada laga pembuka, kemudian pada laga kedua, secara mengejutkan mereka dibekuk oleh Iran dengan skor 0-2.

Jika ingin lolos, Wales harus bisa menang di laga terakhir dalam pertandingan bertajuk Derby Britania melawan Inggris yang digelar hari Rabu (30/11/22) pukul 02:00 WIB di Stadion Ahmed bin Ali.

Yang menjadi masalah adalah, Wales harus bisa menang dengan jumlah 7-0 atas Inggris, mengingat selisih gol Wales saat ini adalah minus dua.

Baca Juga

Sedangkan Inggris saat ini berada di puncak klasemen dengan raihan empat poin, hasil dari kemenangan telak 6-2 atas Iran, dan bermain imbang melawan Amerika Serikat 0-0.

Tentu hasil tersebut tak akan mudah, mengingat Inggris memiliki barisan skuat yang lebih berkualitas dari Wales.

Di bawah Inggris, ditempati oleh Iran yang mengantongi tiga poin. Tiga poin ini tentu sangat berharga, karena pada laga akhir, mereka cukup menahan imbang Amerika Serikat yang berada di posisi ketiga dengan raihan dua poin.

Ya, Amerika Serikat selalu bermain imbang dalam dua pertandingan mereka, yakni saat melawan Wales 1-1 dan Inggris 0-0.

Namun, Negeri Paman Sam juga masih punya peluang lolos andai mampu mengalahkan Iran.

Pertandingan antara Iran vs Amerika Serikat juga bakal digelar hari Rabu (30/11/22) pukul 02:00 WIB di Stadion Al Thumama. Dengan demikian, persaingan di Klasemen Sementara Grup A dan Grup B Piala Dunia 2022 dapat dipastikan bakal berakhir dengan sengit.

Baca Juga

1. Klasemen Sementara Grup A dan Grup B Piala Dunia 2022

Logo Piala Dunia 2022

Berikut Klasemen Sementara Grup A Piala Dunia 2022

Berikut Klasemen Sementara Grup B Piala Dunia 2022

BelandaInggrisPiala DuniaPiala Dunia 2022SenegalKlasemen

Berita Terkini