x

Liga 1: Ditumbangkan PSIM di Magelang, Apa Kata Pelatih PSIS Semarang?

Sabtu, 26 November 2022 15:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Uji coba PSIS Semarang melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (25/11/22). (Foto: PSIS Semarang)

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih PSIS Semarang, Achmad Resal, puas dengan progres pemain meski hasil akhir harus kalah 1-2 dari PSIM Yogyakarta dalam uji coba di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (25/11/22).

Pada uji coba kali ini, PSIS tak diperkuat dua pemain asingnya. Carlos Fortes pulang lagi ke Portugal untuk mengurus dokumen pernikahan. Lalu, Jonathan Cantillana dalam kondisi sakit.

Posisi Fortes kemudian digantikan Andreas Ado. Lalu, Reza Irfana menemani Delvin Rumbino untuk mengisi pos tengah yang ditinggalkan Jonathan.

Sementara di sektor lain, PSIS masih mengandalkan nama-nama, seperti Wahyu Tri, Wahyu Prasetyo, Alie Sesay, Alfeandra Dewangga, Fredyan Wahyu, Wawan Febriyanto, Taisei Marukawa, dan Riyan Ardiansyah.

Dalam laga ini, dominasi permainan sejatinya dipegang PSIS Semarang. Namun, PSIM Yogyakarta lebih efektif dalam memanfaatkan peluang yang ada.

Baca Juga

PSIM membuka keunggulan lewat Hapidin menit ke-19. Gol terjadi karena ada kesalahan komunikasi yang dilakukan antarpemain PSIS, utamanya lini belakang.

Perubahan coba dilakukan PSIS pada babak kedua. Alie Sesay, Taisei Marukawa dan Reza Irfana digantikan Taufik Hidayat, Oktafianus Fernando dan Ridho Syuhada.

Baca Juga

Bukannya mendapatkan gol, gawang PSIS justru kembali kebobolan. Kali ini, giliran eks Mitra Kukar, Sugiyanto, yang membawa PSIM Yogyakarta unggul 2-0 pada menit ke-80.

PSIS Semarang baru bisa memperkecil keadaan tiga menit berselang lewat titik putih. Wawan Febriyanto yang ditunjuk sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya.

Kekalahan ini membuat PSIS selalu gagal menang setiap uji coba melawan tim Liga 2. Sebelum dikalahkan PSIM 1-2, mereka pernah ditahan Persijap Jepara 1-1 di Stadion Citarum, Semarang, 28 Oktober lalu.

Baca Juga

1. Sisi Positif Kekalahan

Gelandang PSIS Semarang, Wawan Febriyanto dijepit bek PSIM Yogyakarta dalam uji coba di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (25/11/22). (Foto: PSIS Semarang)

Namun, ada sisi positif yang sudah diperlihatkan PSIS ketimbang saat berbagi angka dengan Persijap. Para pemain bisa mengendalikan bola sepanjang laga.

"Intinya saya kecewa dengan hasil di latih tanding ini, tetapi melihat progres dari para pemain saya puas," kata Achmad Resal usai laga.

Resal menilai ada perbedaan signifikan yang ditampilkan PSIS Semarang saat melawan PSIM Yogyakarta. Hal ini dinilai sesuai dengan apa yang sudah dijalankan dalam latihan.

"Para pemain dapat mengimplementasikan apa yang kita lakukan di latihan untuk dibawa ke dalam sebuah pertandingan," tutur Resal.

Setelah uji coba ini, PSIS akan berbenah lagi. Mereka masih menunggu jadwal pasti lanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

"Kami akan terus evaluasi dan memperbaiki kekurangan yang ada di tim sebelum dilanjutkannya kompetisi Liga 1," ucap Resal.

Belum ada pengumuman resmi yang berkaitan dengan lanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang mengusahakan berjalan awal Desember.

Namun, usaha agar kompetisi segera berjalan terus menunjukkan progres. PT LIB bersama Polri, Kemenkes dan Kemen PUPR bertemu klub Liga 1 di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (24/11/22).

Baca Juga

Pertemuan itu digelar dengan tajuk "Sosialisasi Peraturan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola". Baik dari Polri, Kemenkes dan Kemen PUPR memberikan materi tentang penyelenggaraan kompetisi olahraga.

Klub-klub Liga 1 juga akan melakoni uji coba pekan ini. Persis Solo menghadapi Persebaya Surabaya dan Persib Bandung menghadapi Persikabo 1973. Dua laga itu disiarkan secara langsung oleh Indosiar.

PSIM YogyakartaPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaWawan FebriyantoBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini