x

Sponsor Baru Beri Kode Keras, Timnas Indonesia Bakal Juara Piala AFF 2022?

Sabtu, 26 November 2022 19:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Trofi tour AFF Cup 2022.

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2022 akan dimainkan mulai 20 Desember hingga 16 Januari mendatang. Ajang dua tahunan kali ini akan mengusung sponsor baru dan diharapkan bisa memberikan efek positif bagi timnas Indonesia.

Diketahui, Piala AFF tahun ini tak lagi disponsori Suzuki yang telah jadi titel kejuaraan sejak 2008. Mitsubishi Electric pun menggantikan sponsor lama.

Presiden director Mitsubishi Indonesia, Tomonori Hinata, mengatakan pihaknya sangat antusias menjadi sponsor utama Piala AFF 2022. Dia berharap kejuaraan berlangsung meriah.

Selain ada sponsor baru, ada kejutan di Piala AFF tahun ini. Brunei Darussalam lolos ke babak utama setelah penantian 26 tahun, menyusul kemenangan atas Timor Leste dengan agregat 6-3 di laga play-off.

"Tahun pertama buat kami join ke AFF, tentu saja kami sangat antusias. Tahun ini AFF dimainkan Desember sampai Januari 2023," kata Tomonori dalam acara AFF Trofi Tour 2022 di Jakarta Barat. 

Baca Juga

"Indonesia satu grup dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Inilah pertama kalinya Brunei ikut setelah absen lama," cetusnya.

Dengan adanya sponsor baru, Tomonori mendoakan timnas Indonesia meraih gelar juara pertama kalinya. Pasalnya, Skuat Garuda belum pernah juara atau hanya sekadar runner up, meski pernah enam kali bermain di final Piala AFF.

Baca Juga

"Kita tahu fans Indonesia sangat berharap dengan timnas Indonesia. Kami harap tahun ini menjadi milik Indonesia untuk menang AFF dengan sponsor baru," ujarnya.

Sebelum acara pameran trofi di salah satu mall di Jakarta Barat, ada sesi coaching clinic pada Sabtu (26/11/22) pagi tadi bersama dua eks pemain timnas Indonesia, Budi Sudarsono dan Ilham Jaya Kesuma. 

Baca Juga

1. TC di Bali

Trofi tour AFF Cup 2022.

Di Piala AFF 2022, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama musuh bebeyutan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Skuat Garuda akan dua kali bertindak sebagai ruan rumah pada babak penyisihan grup yakni melawan Kamboja pada 23 Desember dan menjamu Thailand pada 29 Desember 2022. 

Untuk persiapan Piala AFF 2022, pelatih Shin Tae-yong akan memimpin latihan mulai 28 Desember. Nantinya kegiatan itu dilakukan di Bali, hingga nanti menjelang kejuaraan dua tahun tersebut.

Baca Juga

Shin Tae-yong menyelesaikan TC timnas Indonesia U-20 di Eropa lebih cepat dari jadwal awal. Dia ingin mempersiapkan tim senior.

Piala AFF tetap menjadi turnamen penting bagi Shin Tae-yong, meskipun hanya diikuti negara se-Asia Tenggara. Juru taktik asal Korea Selatan itu ingin berikan trofi pertama bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga

Pada Piala AFF sebelumnya, timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong hanya menempati peringkat kedua. Skuat Garuda gagal meraih trofi akibat kalah agregat dari Thailand dengan skor 2-6.

Timnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini