x

Pecahkan Rekor 3 Legenda Prancis, Ini Arti Selebrasi Gol Kylian Mbappe

Minggu, 27 November 2022 10:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi gol Kylian Mbappe bersama Timnas Prancis saat menghadapi Denmark di Piala Dunia 2022 menjadi sorotan dunia.

INDOSPORT.COM - Selebrasi gol Kylian Mbappe bersama Timnas Prancis saat menghadapi Denmark di Piala Dunia 2022 menjadi sorotan dunia. Usut punya usut, selebrasi tersebut memiliki makna khusus.

Seperti diketahui, Timnas Prancis menang 2-1 atas Denmark pada matchday kedua Grup D Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Doha, Sabtu (27/11/22) malam WIB. Hasil itu membuat Les Bleus menjadi tim pertama yang lolos ke fase 16 besar.

Kylian Mbappe menjadi bintang kemenangan bagi Prancis. Penyerang PSG tersebut mencetak dua gol ke gawang Denmark.

Gol tersebut ia lesakkan pada babak kedua hanya dalam rentang waktu tujuh menit, tepatnya pada menit ke-61 dan 68’. Namun, torehan itu cukup untuk membuat Mbappe menyalip para legenda hidup Prancis.

Tambahan dua gol di laga kontra Denmark, satu gol vs Australia, maka Kylian Mbappe total sudah mencetak tujuh gol dalam dua edisi Piala Dunia, 2018 dan 2022 ini. Mbappe resmi melampaui rekor gol tiga legenda Prancis di Piala Dunia, yakni MIchel Platini, Zinedine Zidane, dan Thierry Henry. 

Baca Juga

Terlepas dari torehan rekor yang dicetak bintang Paris Saint-Germain, selebrasinya usai mencetak gol kedua ke gawang Denmark menjadi sorotan. 

Selebrasi tersebut jadi sorotan karena Mbappe tidak melakukannya saat dia mencetak sebiji gol ke gawang Australia beberapa hari sebelumnya. 

Bintang Prancis Kylian Mbappe berselebrasi usai mencetak gol di grup D Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)
Baca Juga

Saat mencetak gol pertama ke gawang Denmark, Mbappe hanya melakukan selebrasi dengan menyilangkan tangannya. 

Baru saat gol kedua yang memastikan kemenangan Prancis semalam, Mbappe tampak berlutut dengan pose yang lain dari biasanya. Pemain berusia 23 tahun itu meletakkan lutut kirinya di tanah, kepalanya menunduk, ibu jarinya menempel di hidung dan jari kelingkingnya mengarah ke udara. 

Melansir dari Eurosport, selebrasi ini ternyata bukan yang pertama kalinya dilakukan Kylian Mbappe. Dia pernah melakukan hal serupa musim lalu di pertandingan Paris Saint-Germain melawan Lorient dengan skor kemenangan telak 5-1. 

Mbappe yang mencetak gol kedua ditemani rekan setim dan sahabatnya Achraf Hakimi, melakukan gerakan yang persis sama untuk merayakan gol tersebut. 

Baca Juga

Kedua pemain ini memang kerap menggambarkan kebahagiaan mereka dengan selebrasi aneh-aneh setiap kali mencetak gol. Trademark gol baru Kylian Mbappe di Timnas Prancis pun diyakini tak lebih dari salah satu gaya kompak yang biasa ia pakai bersama Hakimi di PSG.

Berangkat dari cerita itulah, Eurosport menulis bahwa Kylian Mbappe ingin memberikan pesan alias sinyal kepada rekannya, Achraf Hakimi, yang juga dipanggil membela Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 untuk mencetak gol saat melawan Belgia dan Kanada mulai malam nanti. 

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.

PrancisDenmarkPiala Dunia 2022Kylian MbappeUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini