x

Masih Bisa Melenggang! Hitung-Hitungan Peluang Lolos Jerman di Fase Grup Piala Dunia 2022

Senin, 28 November 2022 09:00 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Selepas menahan imbang jagoan grup E Spanyol dengan skor 1-1 di matchday ke-3 Jerman masih punya peluang ke 16 besar Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/John Sibley)

INDOSPORT.COM- Selepas menahan imbang jagoan grup E Spanyol dengan skor 1-1 di matchday ke-3 Jerman masih punya peluang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Timnas Jerman mampu memperpanjang napas untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 meski sempat kalah mengejutkan di partai awal.

Pasalnya, Der Panzer mampu menahan imbang Spanyol dalam matchday ketiga grup E Piala Dunia 2022 pada hari Senin (28/11/22) dini hari WIB.

Jerman sebenarnya sempat tertinggal lebih dulu ketika penyerang Atletico Madrid, Alvaro Morata, mencetak gol pada menit ke-62.

Namun demikian, penyerang Werder Bremen, Niclas Fullkrug, kemudian mampu memperpanjang harapan skuad asuhan Hansi Flick usai mencetak satu gol ke gawang Spanyol pada menit ke-83.

Baca Juga

Dengan satu poin saja, Jerman mampu sedikit memperpanjang napas, mengingat di partai pertama mereka kalah secara mengejutkan dari Jepang dengan skor 1-2.

Kondisi rupanya berbalik menguntungkan Niclas Fullkrug dkk, mengingat Jepang kalah dari tim terlemah grup E, Kosta Rika dengan skor 0-1.

Baca Juga

Tentu saja, empat tim di grup E masih berpeluang melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, mengingat semua tim memiliki poin, dengan Spanyol memuncaki klasemen.

Jerman berada di posisi buncit dengan meraih satu poin saja dari dua pertandingan, sementara Kosta Rika dan Jepang berada di posisi lebih tinggi dengan raihan tiga poin dan berbeda selisih gol.

Berikut hitung-hitungan peluang Jerman untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, dengan pengaruh yang ditimbulkan dari pertandingan Jepang vs Spanyol, juga hasil melawan Kosta Rika.

Baca Juga

1. Jerman Harus Menang dari Kosta Rika

Kiper Jerman Manuel Neuer usai pertandingan di grup E Piala Dunia Qatar 2022.. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Jerman akan menghadapi matchday ke-3 dengan langkah yang lebih ringan ketika melawan Kosta Rika yang pada pertandingan pertama kalah dari Spanyol dengan skor telak 0-7.

Namun demikian, Jerman harus berhati-hati, mengingat tim asal Amerika Tengah ini mampu menumbangkan sang pembuat luka, Jepang dengan skor tipis 1-0.

Sementara di partai lain yang akan digelar pada hari Jumat (02/12/22), Spanyol akan menghadapi Jepang yang juga merupakan tim berbahaya.

La Furia Roja tentu tak ingin kalah dalam partai ini, mengingat ada tim-tim lain yang bisa mengganggu mereka jika mendapatkan tiga poin.

Baca Juga

Tak ada kata lain selain menang, itulah yang harus didapat Jerman dari pertandingan matchday ke-3 Piala Dunia 2022 melawan Kosta Rika.

Pasalnya, tim asuhan Hansi Flick belum sama sekali meraih kemenangan, sementara tiga tim di atas mereka sudah mendapatkan tiga poin.

Baca Juga

Tercatat bahwa Jerman harus merelakan tiga poin pertama yang seharusnya didapat karena kalah dari Jepang. Sementara dalam waktu yang sama, Spanyol membantai Kosta Rika.

Selain soal poin, selisih gol Jerman sebenarnya berada dalam posisi kurang menguntungkan, karena ada di angka -1.

Tentu saja, selain menang melawan Kosta Rika, Jerman harus mencetak gol sebanyak-banyaknya untuk bebas dari pengaruh laga lain.

Baca Juga

2. Spanyol Menang dari Jepang

Aksi Jamal Musiala di laga Piala Dunia 2022 Spanyol vs Jerman (28/11/22). (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Syarat lain selain Jerman harus menang atas Kosta Rika untuk lolos dari fase grup Piala Dunia 2022 adalah berdoa agar Spanyol bisa menang atas Jepang. 

Kondisi ini tentu akan membuat Jerman lolos sebagai runner-up grup, karena Spanyol akan finis dengan poin 7 usai mengalahkan Jepang.

Jika Jerman bermain imbang melawan Kosta Rika, sementara Spanyol menang dari Jepang, maka tim asal Amerika Tengah itulah yang akan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Sementara, Spanyol tetap akan bertindak sebagai juara grup E Piala Dunia 2022 dan akan mendapat keuntungan di babak selanjutnya.

Baca Juga

Jika Jepang menang dari Spanyol, maka tim Samurai Biru otomatis akan melenggang ke 16 besar, sementara Jerman tak akan mendapat apa-apa, meskipun menang dari Kosta Rika.

Pasalnya, Jerman punya perbedaan jumlah gol yang besar dari Spanyol, dan setidaknya harus menang 8-0 dari Kosta Rika untuk lolos.

Baca Juga

Kondisi ini tentu membuat Jerman layak berharap Jepang tak menang dari Spanyol atau minimal kedua tim bermain imbang untuk lolos.

Memang, kondisi ini membuat Jerman dalam posisi kurang mengenakkan dan mereka tak punya pilihan lain selain menang untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Sementara, Jepang masih punya kans lolos lebih besar dari Jerman, hanya dengan bermain imbang melawan Spanyol dan Kosta Rika vs Jerman bermain imbang.

Baca Juga
SpanyolJepangKosta RikaJermanPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini