x

5 Pemain Top Ini Cuma Sekali Bela Inggris, Salah Satunya Kiper Manchester United

Selasa, 29 November 2022 21:43 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Laga Piala Dunia 2022 Grup B antara Inggris vs Iran, selebrasi pemain Inggris merayakan gol bersama rekannya. (Foto: REUTERS/Paul Childs)

INDOSPORT.COM - Status Liga Inggris sebagai liga terbaik dan ketat di dunia membuat tim nasional Inggris bertaburan bakat berkualitas top. Yang membuat lima pemain di bawah ini ketiban sial. 

Tentu saja, liga yang kompetitif dan sehat akan menelurkan para pemain berbakat. Yang ujungnya adalah kontribusi pemain ke tim nasional negara tersebut. 

Baca Juga

Itulah yang didapat oleh skuat Inggris jelang turnamen-turnamen besar, contohnya seperti Piala Dunia 2022. 

Banyak perdebatan yang bikin kepala pelatih The Three Lions Gareth Southgate pusing karena banyaknya pemain berkualitas untuk dibawa ke Qatar. 

Tapi di sisi lain, banyaknya pemain berkualitas membuat persaingan untuk mendapat panggilan Inggris sangat ketat. 

Baca Juga

Bahkan membuat beberapa pemain top harus tersingkir alias tidak dipanggil oleh pelatih kepala, karena skuat sudah penuh. 

Seperti yang dialami kelima pemain top di bawah ini, yang hanya sekali bela Inggris, kemudian setelahnya tidak pernah lagi dipanggil. Siapa saja mereka? 

1. Harvey Barnes

Leicester City yang konsisten untuk selalu jadi kuda hitam di Liga Inggris, tidak lepas dari peran Harvey Barnes dalam beberapa musim terakhir. 

Baca Juga

Sejak promosi ke skuat senior The Foxes, Barnes sudah mengumpulkan 162 pertandingan di semua kompetisi. Dia juga mencetak 38 gol dan 30 assist untuk Leicester. 

Meski begitu, Barnes selalu terpinggirkan ketika Inggris mengumumkan pemanggilan skuat. Sejak debut senior bersama Inggris pada 8 Oktober 2020 lalu, penyerang 24 tahun ini belum lagi dipanggil Southgate. 


1. Salah Satunya Kiper Manchester United

Dean Henderson.

2. Dominic Solanke

Selanjutnya ada jebolan akademi Chelsea yakni Dominic Solanke yang sebenarnya langganan untuk tim junior Inggris di berbagai kelompok umur. 

Tapi sayang, status pemain langganan itu tidak berlanjut ketika usianya sudah seharusnya masuk skuat Inggris senior. 

Baca Juga

Sejak debutnya menghadapi Brasil pada 14 November 2017, Solanke seperti tenggelam begitu saja. Kini, dia bahkan hanya membela tim gurem seperti Bournemouth di Liga Inggris musim ini. 

3. Dean Henderson

Dean Henderson merupakan kiper jebolan akademi Manchester United yang mampu menunjukkan kualitas top bersama Sheffield United. 

Performa impresif kala membela Sheffield membuat sang kiper dipanggil Southgate ke skuat Inggris beberapa kali. 

Baca Juga

Tapi sayang, dia baru sekali dipercaya mengawal gawang Inggris ketika friendly match menghadapi Rep. Irlandia pada 12 November 2020 lalu. 

Di musim 2022/2023 ini, dia memang kembali dipinjamkan MU ke Nottingham Forest dan mampu tampil cukup bagus. Tapi Gareth Southgate tidak memanggilnya untuk Piala Dunia 2022. 

4. Patrick Bamford

Patrick Bamford sempat disebut-sebut sebagai striker yang telat muncul ke permukaan karena baru debut senior bersama Inggris di usia 27 tahun. 

Baca Juga

Debut yang terjadi pada 5 September 2021 ketika Inggris menghadapi Andorra di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, terjadi karena sang striker sedang impresif bersama Leeds United. 

Harry Kane yang solid di pos striker membuat Bamford sejak debutnya tidak pernah lagi dipanggil oleh Gareth Southgate. 


2. Bintang Leicester City Incaran Manchester United

James Maddison, pemain Leicester City. Foto: REUTERS/Andrew Couldridge

5. James Maddison

Nama terakhir yang mengejutkan, yakni gelandang serang andalan Leicester City sejak 2018 lalu, yakni James Maddison. 

Gelandang 26 tahun ini sangat konsisten ketika membela The Foxes dalam beberapa musim terakhir. Bahkan dirinya sempat menjadi rebutan klub-klub top Liga Inggris. 

Tapi sangat disayangkan, Gareth Southgate jarang memberinya menit bermain karena jarang dipanggil ke dalam skuat. 

Baca Juga

Maddison tercatat baru bermain sekali saja ketika debutnya pada 14 November 2019 dalam kemenangan 7-0 Inggris atas Montenegro. 

Sejak saat itu, Maddison memang jarang dipanggil. Namun, di Piala Dunia 2022 Qatar, dia kembali dipanggil ke skuat The Three Lions. Apakah Maddison mampu memberi kontribusi?

Manchester UnitedInggrisBola InternasionalJames MaddisonDean Henderson

Berita Terkini