x

2 Tim dengan Pertahanan Kokoh di Fase Grup Piala Dunia 2022, Belum Kebobolan!

Kamis, 1 Desember 2022 11:37 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi Timns Brasil usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Amanda Perobelli).

INDOSPORT.COM - Hanya ada dua tim yang mampu menjaga gawangnya dari kebobolan di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 sejauh ini.

Piala Dunia 2022 telah memasuki hari ke-12 penyelenggaraan di Qatar sejak diresmi bergulir pada Minggu, 20 November 2022 kemarin.

Masing-masing grup sudah memainkan tiga pertandingan babak penyisihan.

Hasilnya ada beberapa negara yang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar mereka adalah Brasil, Prancis, Senegal, Inggris, Portugal, Belanda, Amerika Serikat, Australia, Argentina, dan Polandia.

Sedangkan sisanya masih diperebutkan oleh sejumlah tim termasuk negara-negara bertabur bintang, yang masih berusaha untuk bisa melaju ke babak selanjutnya.

Baca Juga

Banyaknya negara-negara langganan Piala Dunia yang harus susah payah lolos 16 besar, menjadi bukti perhelatan ajang empat tahunan itu berlangsung sengit.

Statistik itu juga bisa dilihat dari jumlah gol yang tercipta cukup banyak, karena para tim yang bertanding mampu menorehkan gol ke masing-masing lawan.

Baca Juga

Sampai-sampai hanya ada dua tim yang gawangnya bisa dipertahankan tanpa kebobolan.

Meski mereka juga harus berjuang keras saat pertandingan menjaga pertahanan di Piala Dunia 2022. Siapa saja tim tersebut?

Baca Juga

1. Brasil

Selebrasi pemain Brasil Casemiro mencetak gol pertama mereka dengan Vinicius Junior di grup G Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Timnas Brasil datang ke Qatar dengan rasa percaya diri tinggi karena mereka masuk dalam daftar negara yang difavoritkan menjadi juara Piala Dunia 2022, karena materi pemainnya.

Skuad Brasil memang saat ini dipenuhi oleh para pemain muda bertalenta yang banyak berkarier di Eropa jadi bintang.

Hampir diseluruh sektor kedalam skuad Brasil sangat merata diisi oleh pemain bintang, mulai dari kiper hingga lini depan.

Hal tersebut membuat Brasil melenggang mudah menuju babak 16 besar, setelah mampu meraih dua kemenangan beruntun di babak penyisihan Grup G.

Adapun dua negara yang sudah jadi korban Brasil ada Serbia dan Swiss. Di laga perdana, Brasil mengalahkan Serbia dengan skor menyakinkan 2-0.

Baca Juga

Lalu tren positif berlanjut di matchda kedua melawan Swiss. Tim Samba menang 1-0 berkat gol tunggal Casemiro.

Menang dengan catatan tanpa kebobolan, menjadikan gawang Brasil sebagai salah satu yang paling kokoh di babak penyisihan grup karena bersih dari kebobolan.

Baca Juga

Di babak 16 besar nanti, Brasil sendiri berpotensi akan melawan Ghana. Sebab mereka saat ini menempati posisi runner-up Grup H dengan 3 poin.

Tetapi apapun bisa terjadi, karena persaingan sengit di Grup H ada tiga tim yang masih berpeluang lolos dampingi Portugal yakni Ghana, Korea Selatan dan Uruguay.

Sebelum bertanding di babak 16 besar, Brasil lebih dahulu akan meladeni pertandingan tak menentukan melawan Kamerun di laga terakhir Grup G Piala Dunia 2022, di Stadion Lusail, Sabtu (03/12/22) dinihari WIB.

Baca Juga

2. Maroko

Selebrasi para pemain Maroko usai menjebol gawang Belgia di laga grup F Piala Dunia 2022 (27/11/22). (Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)

Terakhir ada Maroko. Tim yang berasal dari zona Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) itu kiprahnya membuat publik terkejut.

Tak diunggulkan tetapi Maroko berhasil bisa berbicara banyak di babak penyisihan Piala Dunia 2022 ini.

Tergabung di Grup F bersama Kroasia, Belgia dan Kanada, Maroko berpeluang besar lolos ke babak 16 besar.

Saat ini mereka menempati posisi ke-2 dengan koleksi 4 poin. Sama dengan Kroasia di puncak yang juga mempunyai 4 poin.

Tidak ada yang menyangka jika Maroko bisa berada di atas Belgia. Sebuah tim dari Eropa dengan segudang pemain bintangnya berstatus generasi emas.

Baca Juga

Maroko mengawali babak penyisihan Grup F dengan bermain imbang 0-0 lawan Kroasia dan di pertandingan kedua mengejutkan, saat menang 2-0 atas Belgia.

Hasil tersebut membuat Maroko jadi tim kedua setelah Brasil dengan pertahanan kokoh karena belum kebobolan sejauh ini di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Perjuangan Maroko untuk bisa tampil di Qatar sendiri tidaklah mudah. Mereka harus melewati babak play-off penuh menegangkan.

Melawan Republik Demokratik Kongo, di leg pertama Maroko sempat ditahan imbang 1-1. Namun di leg kedua mereka menang 4-1, dengan agregat 5-2. 

Tampil di Piala Dunia 2022 menjadi kali keenam Maroko berpartisipasi di ajang empat tahunan tersebut, sebelumnya ambil bagian pada edisi 1970, 1986, 1994, 1998 dan 2018.

Baca Juga


Maroko akan melakoni laga pamungkas Grup F melawan Kanada. Kemenangan wajib mereka raih untuk bisa lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Mampukah Maroko menang dan menjaga keperawanan gawangnya?

BrasilPiala DuniaMarokoPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini