x

Izin Keluar Malam Ini, PT LIB Sebut Kick-off Lanjutan Liga 1 Mulai 5 Desember

Jumat, 2 Desember 2022 19:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno mengabarkan bahwa kick-off lanjutan Liga 1 2022/2023 akan dimulai Senin (05/12/22) di Jawa Tengah.

INDOSPORT.COM - Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno mengabarkan bahwa kick-off lanjutan Liga 1 2022/2023 akan dimulai Senin (05/12/22) di Jawa Tengah. LIB tinggal menunggu izin kompetisi dari Kepolisian yang dikatakan pada malam ini.

Sudjarno menyampaikan, klub peserta Liga 1 telah diinstruksikan untuk berangkat ke Jawa Tengah. Pasalnya, lanjutan putaran pertama akan dimainkan dengan sistem bubble di Jawa Tangah dan Yogyakarta.

"Tim-tim yang mau mainkan kan sudah berangkat ke sana (Yogyakarta dan Jawa Tengah). Ada yang berangkat hari ini dan ada yang berangkat besok," katanya ke awak media.

Menurut Sudjarno, izin kompetisi akan dikeluarkan Kepolisian pada Jumat (02/11/22) malam ini. Itu setelah dilakukan dua rapat koordinasi dengan PSSI, Menpora, PUPR dan BNPB.

"Insya Allah ya malam ini. Kami malam ini menunggu dokumen dari Mabes Polri, mudah-mudahan malam ini sudah bisa diterima," tuturnya.

Baca Juga

"Iya kan lanjutan saja putaran pertama. Jadi seremonial (penyerahan izin) berdoa saja gitu nanti," sambung Sudjarno.

Sebelumnya, dari Rapat Koordinasi antara PSSI, PT Liga Indonesia Baru dan Polri pada Selasa (29/11/22) belum ada kepastian izin kompetisi karena masih ada beberapa hal yang mesti dimatangkan. Salah satunya adalah verifikasi stadion.

Baca Juga

Dua dari lima stadion yang disiapkan untuk lanjutan enam laga putaran pertama disebut belum lolos verifikasi yakni Moch Soebroto dan Sultan Agung.

Lalu ada Stadion Manahan Solo masih menggantung karena menunggu keputusan FIFA apakah bisa dipakai atau tidak karena stadion tersebut disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023. Sedangkan dua lainnya yakni Jatidiri dan Maguwoharjo telah lolos verifikasi.

Baca Juga

1. Standar Baru Pengamanan

Direktur Operasional LIB, Sudjarno.

Selain itu LIB, PSSI dan Polri masih harus menelaah Peraturan Kepolisian (Perpol) No 10 Tahun 2022 yang menjadi standar baru pengamanan laga.

"Sudah (verifikasi) dan kalau saya dengernya sudah ya. Insya Allah kita lagi tunggu dokumennya," urai Sudjarno.

Seperti diketahui, Liga 1 2022/2023 sudah berhenti selama dua bulan pasca-kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang. Ada 135 korban jiwa sehingga pemerintah meminta laga distop sementara.

Baca Juga

Kompetisi akan dimainkan dalam sistem bubble (terpusat) di Jawa Tengah sampai putaran pertama Liga 1 2022 selesai. Setelahnya kompetisi kembali ke format normal yakni home-away di putaran kedua. 

Untuk lanjutan Liga 1 dengan sistem bubble disisa putaran pertama , LIB menyiapkan lima stadion di Jawa Tengah yakni Stadion Moch Soebroto, Stadion Jatidiri, Stadion Maguwoharjo, Stadion Sultan Agung dan Stadion Manahan.

Baca Juga

Liga 1 2022/2023 dijadwalkan harus selesai pada 16 April 2023. Itu karena Indonesia harus bersiap untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei 2023 dan hal tersebut sudah diimbau oleh FIFA.

Apabila lanjutan Liga 1 2022/2023 tidak dilanjutkan pada Desember nanti, LIB mengklaim pihaknya akan kesulitan menyelesaikan kompetisi tepat waktu.

Baca Juga
PSSIJawa TengahLiga IndonesiaYogyakartaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Liga 1 2022-2023

Berita Terkini