x

Meski Beda Grup dengan Indonesia, Media Vietnam Mulai Cari Keuntungan dari Format Piala AFF 2022

Jumat, 2 Desember 2022 22:19 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Isman Fadil
Timnas Indonesia vs Vietnam

INDOSPORT.COM – Jelang pelaksanaan Piala AFF 2022, Media Vietnam kembali ikut menyoroti format turnamen, termasuk hal-hal yang menguntungkan mereka.

Seperti yang diketahui, Piala AFF 2022 akan segera bergulir terhitung mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Pelaksanaan turnamen pada edisi ke-14 kali ini tampil beda karena kejuaraan AFF 2022 secara resmi berganti nama menjadi Piala Mitsubishi Electric AFF 2022.

Kendati demikian, format yang akan diusung pada edisi kali ini masih akan mengikuti format sebelumnya, yakni edisi 2018.

Melalui format ini, sembilan tim dengan peringkat tertinggi dapat dipastikan bisa lolos secara otomatis, sedangkan satu tim lainnya baru bisa bergabung setelah babak kualifikasi.

Baca Juga

Lebih lanjut, 10 tim yang berhasil lolos untuk mengikuti Piala AFF 2022 diantaranya seperti, Brunei, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Kemudian dari 10 peserta tersebut, mereka akan dibagi dan dikelompokkan dalam dua grup.

Baca Juga

Untuk Grup A Piala AFF 2022, akan berisikan negara-negara seperti, Thailand, Filipina, Indonesia, Kamboja, dan Brunei. Sedangkan di Grup B, ditempati oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Sedangkan setiap tim hanya boleh mendaftarkan 23 pemain, dengan tiga diantaranya wajib sebagai penjaga gawang.

Dengan hal tersebut, Media Vietnam kembali mencari peruntungan dengan menyoroti format Piala AFF 2022.

Baca Juga

1. Media Vietnam Mencari Peruntungan di Piala AFF 2022

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo dan pemain Vietnam Nguyen Van Toan saat preskon jelang melawan Indoneisa.

Melansir dari TheThao247, mereka mengungkapkan bahwa Piala AFF 2022 kali ini akan memiliki banyak inovasi dibandingkan pada edisi 2020.

Mereka menyebutkan bahwa format pada 2020 memaksa Vietnam harus bertanding dengan lebih keras karena adanya dampak pandemi Covid-19.

Kendati demikian, mereka tetap optimis karena turnamen tahun ini masih menggunakan format yang sama seperti sebelumnya.

Alhasil, di babak penyisihan setiap peserta akan memainkan dua pertandingan kandang dan dua pertandingan tandang.

Kemudian, dua tim teratas dari setiap grup bisa melanjutkan turnamen Piala AFF 2022 dengan bertanding di babak semifinal.

Baca Juga

Sementara di babak semifinal dan final format dua leg serta aturan gol tandang masih akan diterapkan, untuk menentukan pemenangnya.

Menyikapi hal tersebut, Media Vietnam itu lantas menyoroti stadion Singapura yang menggunakan rumput buatan untuk laga kandang.

Baca Juga

“Federasi Sepak Bola Vietnam (AFF) sempat meminta Federasi Sepak Bola Singapura untuk mengganti lapangan dengan rumput alami,” tulis TheThao247.

“Rumput alami akan membantu semua tim untuk memaksimalkan potensi mereka, sekaligus meminimalkan cedera yang tidak menguntungkan,” jelas mereka.

Baca Juga

Sumber: TheThao247

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamPiala AFF 2022

Berita Terkini