x

Drama Kick-off Liga 1: Muka Tegang Seisi Manahan, PSIS Sampai Pemanasan Lagi

Senin, 5 Desember 2022 17:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Iwan Bule dan Ferry Paulus saat mendengarkan live pressconf. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Liga 1 2022-2023 akhirnya resmi dilanjutkan lagi pada Senin (5/12/22). Wajah-wajah tegang sempat menghiasi Stadion Manahan Solo, bahkan PSIS Semarang sampai melakukan pemanasan ulang setelah mendengar keputusan resmi.

Lanjutan Liga 1 dipenuhi ketidakpastian. Meski enam tim plus perangkat pertandingan sudah melakukan pemanasan, tidak ada yang berani menjamin bahwa laga benar-benar jalan sesuai jadwal.

Apa yang dikhawatirkan hampir saja terjadi. Saat waktu menunjukkan pukul 15.30 WIB, laga belum bisa dimulai. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunggu izin resmi kompetisi yang disampaikan via jumpa pers di Jakarta.

Jumpa pers tersebut dihadiri Menko Polhukam RI, Mahfud MD, Menpora RI, Zainudin Amali serta Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Jumpa pers itu molor dari rencana sebelumnya, dari awalnya 15.00 WIB menjadi 15.30 WIB.

Jumpa pers itu disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Kemenko Polhukam RI. Siaran ini yang menghadirkan ketegangan di Stadion Manahan Solo.

Baca Juga

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, terlihat menyaksikan siaran itu di tribun VVIP. Dia duduk disamping Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, yang juga tegang menyaksikan siaran tersebut.

Setelah menit-menit berlalu, senyum lebar terlihat muncul dari keduanya. Lalu, para kameramen yang awalnya terlihat berkumpul di bawah langsung bergerak ke posisinya masing-masing dengan semringah.

Baca Juga

Kemudian, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, memanggil dari bawah. Dalam siaran itu, pemerintah ternyata sudah memberikan izin lanjutan Liga 1 2022-2023.

"Tim mau pemanasan lagi," teriak Sudjarno dari bawah. "Berapa lama?," sahut Mochamad Iriawan. "20 menit," jawab Sudjarno.

Dengan kondisi stadion tanpa penonton, hanya petugas keamanan, awak media dan beberapa perwakilan tim saja, koordinasi itu bisa terdengar dengan jelas.

Baca Juga

1. Ucapkan Terima Kasih

Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Tak lama kemudian, para pemain PSIS Semarang keluar dari ruang ganti. Mereka melakukan pemanasan ulang karena kondisi badan sudah dingin lagi karena menyaksikan jumpa pers dari Jakarta.

Begitu pula para wasit yang bertugas dalam pertandingan ini. Mereka juga melakukan pemanasan ulang dengan lari-lari kecil di lapangan.

Sementara itu, Madura United memilih untuk melakukan pemanasan ulang di depan ruang ganti. Stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2022 ini memiliki ruang dengan rumput sintetis untuk tim bisa melakukan pemanasan.

Iwan Bule dengan senyum semringah langsung beranjak dari tempat duduk. Dia menyapa para awak media serta pihak keamanan yang sudah stand by.

Baca Juga

"Terima kasih sudah mendukung liga bisa bergulir kembali ya," kata Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, seraya menyapa para awak media.

"Terima kasih pengamanan," lanjut kata Iwan Bule menyapa petugas kepolisian yang duduk-duduk di tribun.

Setelah drama penundaan berhari-hari, pada akhirnya pertandingan bisa digelar lagi. PSIS Semarang dan Madura United memasuki lapangan dengan bahagia.

Baca Juga

Sebelum memulai laga, Sudjarno dan Iwan Bule membawa karangan bunga yang diletakkan di lapangan sebagai bentuk ungkapan duka cita atas bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Selain di Manahan, berlangsung pula laga PSS Sleman melawan Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri Semarang dan PSM Makassar melawan Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung Bantul. 

PSIS SemarangStadion Manahan SoloMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola IndonesiaMochamad IriawanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini