x

PSSI Tunjuk 2 Sosok Ini jadi Manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Kamis, 8 Desember 2022 01:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
Logo PSSI

INDOSPORT.COM - PSSI resmi mendaftarkan dua sosok yakni Endri Erawan dan Sumardji untuk menjadi manajer Timnas Indonesia di Turnamen Piala AFF 2022. Keduanya sudah tak asing karena sebelumnya juga mendampingi skuad Garuda.

Endri Erawan saat ini menjabat sebagai Exco PSSI. Dia juga merupakan pemilik klub Liga 3, Mitra Kukar dan sudah beberapa kali dampingi Timnas baik level kelompok usia maupun senior.

Endri pernah jadi manajer Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2017, timnas U-23 di Asian Games 2018, timnas Indonesia di Piala AFF 2018 dan timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga

Sementara Sumadji saat ini menjadi COO Bhayangkara FC. Dia pernah jadi manajer The Guardian dan beberapa kali dampingi Timnas U-22 Indonesia di Piala AFF U-22 2019 dan Timnas U-20 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan kedua sosok itu dirasa pas mengayomi para pemain. Apalagi, Endri dan Sumardji sudah lama berkecimpung di sepak bola nasional.

"Pak Endri dan Pak Sumardji mempunyai kemampuan dan pengalaman bersama Timnas Indonesia. Kehadiran mereka dapat menambah motivasi para pemain untuk meraih hasil maksimal Piala AFF 2022," kata Mochamad Iriawan.

Baca Juga

Mendapat kepercayaan tersebut, Endri Erawan mengaku bangga. Dia pun siap untuk memberikan kinerja maksimal demi prestasi terbaik Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. 

"Terima kasih kepada PSSI yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami. Insya Allah saya dengan Pak Sumardji siap mengemban amanah dari PSSI dan menjalankan tugas sebagai manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 nanti," ujar Endri Erawan.

Baca Juga

1. Piala AFF 2022 Segera Dimulai

Timnas Indonesia saat latihan di . (Foto: PSSI)

Piala AFF 2022 akan dimainkan mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja pada laga perdana pada 23 Desember 2022. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta yang jadi kandang Indonesia selama Piala AFF 2022.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang untuk menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam. Lalu menjamu Thailand pada 29 Desember 2022 dan terakhir menjajal kekuatan Filipina pada 2 Januari 2023.

Baca Juga

Saat ini, skuad Garuda tengah lakukan persiapan akhir di Bali. Pelatih Shin Tae-yong memanggil 28 pemain dengan empat diantaranya adalah pemain naturalisasi.

Shin Tae-yong menjelaskan, pada pekan pertama TC, fokus latihan adalah penguatan otot dan fisik pemain. Itu disebabkan mayoritas pemain Timnas Indonesia tidak berkompetisi selama dua bulan akibat Liga 1 dihentikan akibat Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga

"Memang latihan seminggu ini intensitasnya sangat tinggi dan program latihan timnas juga berjalan lancar. Para pemain mengikuti latihan dengan baik walaupun intensitasnya tinggi," jelas Shin Tae-yong.

Memasuki pekan kedua, Shin Tae-yong menyebut program latihannya tidak jauh berbeda. Penguatan otot dan peningkatan fisik pemain tetap jadi fokus utama.

Baca Juga
PSSIPiala Dunia 2022Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalKombes Pol SumardjiEndri ErawanPiala AFF 2022

Berita Terkini