x

Rekor Mentereng Belanda Meski Disingkirkan Argentina di Perempat Final Piala Dunia 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 06:43 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Belanda tetap torehkan sejumlah rekor positif meski baru saja telan kekalahan di babak perempat final Piala Dunia 2022 kontra Argentina, Sabtu (10/12/22).

INDOSPORT.COM – Timnas Belanda tetap torehkan sejumlah rekor positif meski mereka baru saja telan kekalahan di babak perempat final Piala Dunia 2022 kontra Argentina, Sabtu (10/12/22) dini hari WIB.

Bertanding di Lusail Stadium, skuad De Oranje tampil dengan perjuangan luar biasa dan sempat memaksa Argentina harus lewati babak adu penalti untuk pastikan kemenangan.

Sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Nahuel Molina pada menit ke-35’ serta penalti Lionel Messi pada ke-73’ babak kedua, namun Belanda berhasil bangkit di sisa akhir laga.

Jelang pertandingan berakhir, Belanda yang tertinggal dua gol mampu membuat kejutan dengan cetak gol penyama kedudukan melalui brace Wout Weghorst menit ke-83' serta 90+11'.

Skor 2-2 bertahan hingga peluit panjang berbunyi dan membuat laga dilanjutkan ke masa extra time. Pada babak tambahan, Argentina dan Belanda sama-sama menekan namun sayangnya tidak ada gol yang tercipta hingga.

Baca Juga

Pertandingan pun harus ditentukan lewat adu penalti. Di babak adu tos-tosan, Argentina sukses pastikan tiket ke semifinal setelah empat penendang mereka mampu menjalankan tugas, sedangkan dua eksekutor Belanda gagal mencetak gol.

Pada babak empat besar nanti, Argentina akan menghadapi Kroasia yang sebelumnya juga sukses raih kemenangan saat melawan Brasil.

Baca Juga

Bagi Belanda, ini merupakan kali keenam mereka gagal melangkah ke babak semifinal Piala Dunia sepanjang sejarah.

Sebelumnya, skuad De Oranje juga sempat gagal melaju ke empat besar pada gelaran Piala Dunia edisi 1934, 1938, 1990, 1994 serta 2006.

Khusus untuk Piala Dunia 2022, meski kembali tersingkir pada perempat final namun Belanda tetap sukses menorehkan sejumlah rekor impresif terutama sepanjang era kepelatihan Louis van Gaal.

Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Tak Pernah Kalah

Selebrasi Pemain Belanda di Piala Dunia 2022 REUTERS/Paul Childs

Melansir dari laman Opta, disebutkan bahwa Belanda belum pernah rasakan kekalahan di waktu normal selama berada di bawah era kepelatihan Louis van Gaal.

Tercatat dari 20 pertandingan yang dilalui, Timnas Belanda mampu torehkan 14 kemenangan dan hanya menelan 6 hasil seri.

Lebih hebatnya lagi, Belanda mampu menorehkan 54 gol dan cuma kebobolan 21 kali dari total keseluruhan laga bersama Van Gaal.

Andai bukan karena apes di babak adu penalti, rekor unbeaten Belanda mungkin masih bakal terus bertahan hingga partai final Piala Dunia 2022 nanti.

Wout Weghorst Si Penyelamat Belanda
Selain rekor Louis Van Gaal, ada juga rekor impresif lain yang ditorehkan salah satu penggawa Timnas Belanda, Wout Weghorst usai ditaklukan Argentina.

Baca Juga

Masih dari laman Opta, disebutkan bahwa Wout Weghorst adalah pemain pengganti pertama yang mampu mencetak dua gol dalam satu pertandingan di Piala Dunia untuk Timnas Belanda.

Selain itu, gol penyama kedudukannya pada menit ke-90+11’ membuat nama Wout Weghorst tercatat sebagai pencetak gol paling telat di fase knock out Piala Dunia sepanjang sejarah.

Baca Juga

Hebatnya lagi, Wout Weghorst mencetak dua gol penyeimbang tersebut hanya dalam dua kali kesempatan menembak.

Artinya, Wout Weghorst punya akurasi finishing mencapai 100% di pertandingan kontra Argentina semalam.

Produktivitas Gol
Catatan impresif terakhir Timnas Belanda yakni torehan gol mereka yang mampu melewati pencapaian saat terhenti di perempat final atau 16 besar Piala Dunia.

Total sepanjang Piala Dunia 2022, Timnas Belanda berhasil torehkan 10 gol mulai dari fase penyisihan grup hingga perempat final.

Jumlah tersebut jauh lebih baik ketimbang lima edisi lain, di mana Belanda paling banyak cuma bisa cetak 8 gol sebelum tersingkir perempat final (Piala Dunia 1998). 

Baca Juga
BelandaArgentinaPiala DuniaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini