x

Piala Dunia 2022: Paksa Inggris Angkat Koper, Segel Kutukan Juara Bertahan Prancis Makin Lemah

Minggu, 11 Desember 2022 06:27 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Piala Dunia 2022: Paksa Inggris Angkat Koper, Segel Kutukan Juara Bertahan Prancis Makin Lemah (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo)

INDOSPORT.COM - Pasca tekuk Inggris di delapan besar, mitos jika juara bertahan tidak bisa menjaga titel mereka sepertinya akan dihapus Prancis pada Piala Dunia 2022.

Meski tidak berada dalam kondisi optimal seperti di Piala Dunia 2018, namun Les Blues siap mengulang memori Rusia di Qatar.

Mereka yang menjagokan Inggris untuk menang di Al Bayt Stadium pada Minggu (11/12/22) dini hari tadi tampaknya harus menahan malu.

Pasalnya Prancis meski tidak dominan dalam jumlah tembakan maupun penguasaan bola, mereka tetap bisa mengunci slot di empat besar berkat kemenangan tipis 1-2.

Anak-anak asuh Didier Deschamps unggul lebih dulu lewat gol spektakuler Aurelien Tchouameni di permulaan babak pertama namun di awal paruh kedua kenungulan mereka lenyap usai pemain yang sama membuat blunder berujung penalti.

Baca Juga

Harry Kane dapat membawa Inggris menyamakan skor dari titik putih sebelum Olivier Giroud lagi-lagi memaksa The Three Lions tertinggal saat laga sudah memasuki sepuluh menit pamungkas di waktu normal.

Kane sebenarnya bisa saja memperpanjang duel Inggris vs Prancis hingga babak tambahan waktu namun sial baginya karena eksekusi penalti keduanya malah melenceng jauh dari sasaran.

Baca Juga

Meski masih harus menghadapi Maroko di semifinal dan salah satu dari Kroasia atau Argentina di final, kini mulai banyak yang menjagokan Prancis untuk angkat trofi lagi dan menjadi kampiun Piala Dunia 2022.

Statistik membuktikan jika mereka memang bukan tim sembarangan. Terakhir kali ada tim juara bertahan yang bisa mencapai semifinal adalah Brasil pada 1998.

Lagipula mistos jika juara bertahan pasti tertimpa sial baru benar-benar jadi buah bibir di era modern.

Baca Juga

1. Usaha Samai Italia dan Brasil

Pelatih Prancis Didier Deschamps dan Antoine Griezmann. (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo)

Terutama sejak Italia (2010), Spanyol (2014), dan Jerman (2018) hanya bisa melaju sampai fase grup saja setelah empat tahun sebelumnya menjadi juara.

Di awal pembentukan Piala Dunia sebagai kompetisi internasional tertinggi sepakbola, menjadi tim terbaik dalam dua gelaran beruntun bukan hal asing.

Bahkan ada dua negara yang bisa melakukannya yakni Italia pada 1934 dan 1938 juga Brasil di 1958 dan 1962.

Maka dari itu Prancis tidak perlu takut dengan mitos yang menyertai para juara bertahan dewasa ini.

Mereka bukan 'melawan' sesuatu yang tabu melainkan hanya perlu membangkitkan tradisi yang kini hanya jadi cerita masa lalu.

Baca Juga

Walau datang ke Qatar dengan kondisi skuat tambal sulam namun Prancis dinilai lebih dari sekedar mampu untuk merajai Piala Dunia 2022.

Tanpa Karim Benzema, Presnel Kimpembe, Christopher Nkunku, Paul Pogba, dan N'golo Kante yang diprediksi harusnya menjadi kunci jika tidak cedera sekalipun mereka masih tampak kuat.

Baca Juga

Terutama di lini depan dimana kwartet Olivier Giroud, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Ousmane Dembele sudah membangun koneksi sejak lama.

Setelah membekuk Ingris, Prancis disinyalir telah melewati ujian terberat mereka di Piala Dunia 2022.

Menarik untuk menanti apakah benar mereka bakal membangkitkan lagi tradisi sukses juara bertahan atau justru tersungkur saat trofi sudah di depan mata.

Baca Juga

Sumber: Opta

InggrisPrancisPiala Dunia 2022

Berita Terkini