x

2 Kabar Buruk Fans Timnas Thailand yang Jadi Rival Segrup Indonesia di Piala AFF 2022

Rabu, 14 Desember 2022 22:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Dua kabar buruk ini sedang mengancam para fans Thailand, rival segrup timnas Indonesia di hajatan sepak bola Piala AFF 2022 mendatang.

INDOSPORT.COM – Dua kabar buruk ini sedang mengancam para fans Thailand, rival segrup timnas Indonesia di hajatan sepak bola Piala AFF 2022 mendatang.

Kabar tak mengenakkan menghampiri fans atau pendukung Thailand. Negeri Gajah Putih jadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang belum memiliki hak siar untuk turnamen ini.

Selain itu, absennya pemain seperti Chanatip Songkrasin dan Supachok Sarachat di Piala AFF 2022, juga menjadi kabar buruk bagi fans timnas Thailand yang harus menunda keinginan melihat para idola tanding.

Padahal Chanatip Songkrasin dan Supachok Sarachat adalah tulang punggung timnas Thailand saat mengalahkan timnas Indonesia di final Piala AFF 2020 lalu.

1. Belum Ada Kejelasan Hak Siar TV Thailand

Sebagai turnamen sepak bola Asia Tenggara dua tahunan, Piala AFF kembali akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023.

Baca Juga

Hampir sebulan lalu situs berita CH3Plus menyebutkan bahwa Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara di Piala AFF 2022 yang belum membeli hak siar turnamen.

Fans Thailand makin khawatir setelah laman Daily News menerbitkan sebuah artikel pada Senin (12/12/22) bahwa stasiun televisi di Thailand tidak tertarik membeli hak siar.

Baca Juga

Kegagalan negosiasi dengan stasiun TV Thailand tersebut disebabkan lantaran angka hak siar yang diberikan federasi terlalu tinggi.

“Pang Tahu masih ada stasiun TV Thailand yang ingin membeli hak siar, namun setelah mengetahui harganya terlalu tinggi, mereka menarik diri,” ucap Madam Pang, manager timnas Thailand melansir laman Sports Siam.

Manager timnas Thailand, Madam Pang, baru-baru ini diberitakan sedang meminta bantuan pejabat olahraga setempat untuk membeli hak siar Piala AFF 2022.

Baca Juga

1. Usaha Dapat Hak Siar

Menurut penuturan Madam Pang, dia sedang mengusahakan sedemikian rupa agar masyarakat Thailand bisa menyaksikan laga Piala AFF 2022.

Menurut penuturan Madam Pang, dia sedang mengusahakan sedemikian rupa agar masyarakat Thailand bisa menyaksikan laga Piala AFF 2022.

“Pang berharap Tuan Kongsak Yodmanee, Gubernur Otoritas Olahraga Thailand akan membantu warga Thailand melihat tim Thailand berlaga di Piala AFF 2022,” kata Madam Pang melansir Zing News.

“Pang sendiri belum bekerja sama dengan unit manapun. Saya masih menunggu apakah masyarakat Thailand bisa menonton Piala AFF 2022 di televisi,” kata Madam Pang.

2. Sejumlah Bintang Thailand Absen di Piala AFF 2022

Selain terkait hak siar yang belum pasti, fans timnas Thailand pastinya dibuat lemas saat beberapa bintang diketahui memutuskan absen di ajang Piala AFF 2022.

Bintang Thailand musuh Timnas Indonesia, Chanatip Songkrasin dan Supachok Sarachat dipastikan absen dengan berbagai alasan, terutama tidak dilepas oleh klub tempat mereka bernaung.

Baca Juga

FAT sebagai federasi sepak bola Thailand juga menghormati keputusan itu mengingat kalender AFF bukanlah kalender FIFA.

“Saya ingin berterima kasih kepada eksekutif setiap klub atas kerja sama dan dukungannya kepada timnas Thailand sangat luar biasa,” ucap Madam Pang, manager timnas Thailand.

Baca Juga

“Karena meskipun program ini bukan kalender FIFA, tetap kami memiliki pemain yang masih menjadi inti dari posisi masing-masing.”

“Mengenai 24 pemain di daftar ini, saya berpendapat bahwa ini adalah skuad yang siap dan terbaik saat ini, meskipun tersisa delapan pemain dari skuad kejuaraan terakhir,”

Tanpa Chanatip Songkrasin dan Supachok Sarachat, timnas Thailand pun tetap menjadi salah satu musuh berat negara lain, termasuk timnas Indonesia. Bagaimana kans Negeri Gajah Putih di Piala AFF 2022?

Baca Juga

2. Misi Thailand Pertahankan Trofi

Misi Thailand Pertahankan Trofi Piala AFF.

Sebagai turnamen sepak bola Asia Tenggara dua tahunan, Piala AFF kembali akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023.

Piala AFF 2022 akan mengikuti format 2018, di mana sembilan tim dengan peringkat tertinggi akan otomatis lolos dengan tim di peringkat 10 dan 11 yang bermain di kualifikasi.

Sepuluh tim terbagi dalam dua grup dengan sistem round robin, dan hanya dua negara terbaik yang berhak ke babak semifinal.

Berdasarkan drawing Piala AFF 2022, juara bertahan timnas Thailand tergabung di Grup A bersama Indonesia, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Sementara Grup B Piala AFF 2022, terdiri dari timnas Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos. Melansir AFF, timnas Thailand akan melawan Brunei di pertandingan pertama, Selasa (20/12/22).

Baca Juga

Kemudian dilanjutkan pada Senin (26/12/22) melawan Filipina, pada Kamis (29/12/22) melawan Indonesia, dan pada Senin (02/01/23) melawan Kamboja.

Secara catatan di atas kertas, Thailand sebagai juara bertahan Piala AFF, berpeluang untuk lolos dari fase grup untuk memperlebar kesempatan mempertahankan trofi.

Baca Juga

Hanya saja harus diakui bahwa timnas Indonesia bisa sajamenjadi batu sandungan skuad Alexander Polking mengingat kedua negara itu pernah bertemu di final Piala AFF 2020.

Belum lagi Filipina, Laos, Kamboja, dan Brunei, menjadi lawan yang punya kans untuk menyulitkan skuat Thailand yang bertabur bintang meskipun tanpa Chanatip Songkrasin dan Supachok Sarachat.

Karena di edisi Piala AFF 2022, duet penyerang Teerasil Dangda dan Adisak Kraisorn berpeluang mengganas dan mengancam para rival.

Baca Juga
Timnas IndonesiaPiala AFFTimnas ThailandBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini