x

Liga 1: Alie Sesay Ungkap Pengaruh Carlos Fortes dalam Kemenangan PSIS atas Persija

Rabu, 14 Desember 2022 15:22 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Duel antara Alie Sesay dan Abdulla Yusuf Helal pada laga Liga 1 antara PSIS Semarang vs Persija Jakarta, Selasa (13/12/22).

INDOSPORT.COM - Bek asal Sierra Leone, Alie Sesay, bahagia PSIS Semarang bisa menang atas Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2022/2023. Alie bicara pengaruh besar Carlos Fortes dalam mengangkat percaya diri tim.

Fortes untuk pertama kali main sebagai pemain inti pada laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/12/22). Ini menjadi momen emosional setelah Fortes sembuh dari cedera hamstring.

Kembalinya Fortes cukup mengubah performa PSIS. Mereka tak gentar ketika harus bertemu tim bertabur bintang, Persija Jakarta, pada laga pekan ke-14 Liga 1 ini.

Kontribusi Fortes begitu nyata ketika mencatatkan assist untuk gol Riyan Ardiansyah. Meski berbau offside, namun gol Riyan menit ke-20 tetap disahkan wasit.

Gol itu memberi efek buruk pada fokus Persija. Buktinya, dua menit setelah gol pertama, gawang Persija kembali kebobolan.

Baca Juga

Sepakan keras Taisei Marukawa yang sempat membentur Rio Fahmi, kembali berbelok arah masuk gawang Persija setelah mengenai kaki Hamra Hehanusa.

Dalam laga ini, Fortes bermain selama 61 menit. Ia ditarik keluar bersama dengan Reza Irfana untuk digantikan Andreas Ado dan Ridho Syuhada.

Baca Juga

PSIS Semarang yang diserang Persija habis-habisan tetap tangguh dan mempertahankan keunggulan dua gol. Alie Sesay mengungkapkan kegembiraan atas hasil ini.

"Secara keseluruhan permainan tim cukup bagus, terutama pada 25 menit pertama. Intensitas bagus, semua pemain memberikan 100 persen. Mungkin Persija tidak berekspektasi sejauh itu," kata Alie Sesay usai pertandingan.

Baca Juga

1. Kembalinya Fortes

Carlos Fortes telah kembali bermain untuk PSIS Semarang pada laga Liga 1 kontra Persija Jakarta usai mengalami cedera.

Alie menilai tim masuk ke lapangan dengan percaya diri tinggi. Hal ini tak lepas dari kembalinya Carlos Fortes sebagai bomber utama tim sejak menit pertama.

Dalam dua laga sistem bubble Liga 1, Fortes baru masuk pada babak kedua. Ia bermain 14 menit saat melawan Madura United dan 45 menit pada laga melawan Borneo FC.

"Kembalinya Fortes membuat tim lebih percaya diri," tutur Alie Sesay.

Mantan bek Leicester City ini puas ketika PSIS bisa menang dua gol atas Persija. Ini merupakan kekalahan kedua Persija setelah yang pertama saat pembuka Liga 1 2022/2023 lalu, atas Bali United 1-0.

"Saya cukup bahagia, apalagi PSIS bisa clean sheet. Semoga hasil laga melawan Persija ini bisa terulang pada laga selanjutnya," ucap Alie Sesay.

Baca Juga

Carlos Fortes tak dapat menutupi rasa bahagianya usai tampil 61 menit dalam laga melawan Persija. Ini menjadi penampilan inti pertamanya setelah pulih dari cedera Hamstring.

Dalam postingan instagramnya, Fortes menceritakan masa sulit yang dialami selama lima bulan masa cedera.

"Setelah lima bulan cedera, saya kembali, tetapi di balik pengembalian ini, ada banyak pekerjaan dan dedikasi dari semua orang," tulis Fortes.

Baca Juga

"Saya merasa bersyukur bekerja dengan orang-orang yang sangat berbakat dan berdedikasi yang membantu saya pulih secara fisik dan memungkinkan saya untuk kembali lebih kuat!," lanjut Fortes.

Dalam postingan itu, Fortes mengunggah video saat berobat di Portugal. Ia mengungkapkan betapa besar dukungan yang didapatkan saat melalui proses terberat.

"Saya dapat mengatakan hari ini saya 100 persen dan saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang bekerja dengan saya setiap hari dari cedera!," kata Fortes.

Baca Juga
Persija JakartaPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Carlos Manuel Dos Santos FortesLiga 1 2022-2023

Berita Terkini