x

Lolos ke Final Piala Dunia 2022, Prancis Diambang Samai Rekor Superior Italia dan Brasil

Kamis, 15 Desember 2022 04:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Keberhasilan Prancis lolos ke final Piala Dunia 2022 usai taklukkan Maroko (2-0), Kamis (15/12/22), membuat Les Bleus diambang samai rekor Italia dan Brasil.

INDOSPORT.COM – Keberhasilan Prancis lolos ke final Piala Dunia 2022 usai taklukkan Maroko (2-0) pada Kamis (15/12/22), membuat Les Bleus diambang samai rekor Italia dan Brasil.

Bertanding di Stadion Lusail, sang juara bertahan Prancis terlihat tanpa kesulitan dalam memulai laga saat menghadapi kuda hitam penuh kejutan asal Afrika, Maroko di babak semifinal Piala Dunia 2022.

Terbukti, Prancis mampu mencetak gol lebih dulu melalui sontekan Theo Hernandez di menit keempat.

Meski tertinggal lebih dulu, namun hal tersebut tak membuat Maroko menurunkan tempo permainan sepanjang babak pertama.

Hasilnya, Les Bleus pun harus bersusah payah menjaga lini pertahanan mereka dengan baik karena mendapat serangan bertubi-tubi dari Maroko.

Baca Juga

Prancis sendiri mampu bermain lebih tenang dan membiarkan para pemain Maroko masuk ke lini pertahanan mereka usai membuka keunggulan.

Skuad besutan Didier Deschamps tersebut lebih banyak melancarkan serangan melalui skema serangan balik sepanjang sisa pertandingan.

Baca Juga

Taktik tersebut terbukti ampuh untuk mengakhiri permainan Maroko. Hasilnya, menjelang 10 menit berakhirnya pertandingan, Prancis menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Randal Kolo Muani.

Gol dari Muani ini sekaligus menjadi gol penutup karena hingga berakhirnya laga, skor 2-0 untuk keunggulan Prancis atas Maroko tak berubah.

Prancis pun melaju ke final Piala Dunia 2022 melawan Argentina yang digelar hari Minggu (18/12/22) pukul 22:00 WIB di Stadion Lusail.

Selain itu, keberhasilan Prancis ke final Piala Dunia 2022 juga membuat Kylian Mbappe cs berpotensi menyamai rekor dua negara besar di sepak bola yakni Italia dan Brasil.

Baca Juga

1. Rekor Prancis Usai Lolos ke Final Piala Dunia 2022

Selebrasi Theo Hernandez saat unggulkan Prancis atas Maroko di babak pertama dalam laga Semifinal Piala Dunia 2022 Foto: REUTERS/Dylan Martinez).

Melansir dari laman Squawka, disebutkan bahwa kesuksesan Prancis kembali lolos ke final Piala Dunia 2022, membuat mereka jadi tim keenam yang bisa back to back tampil di final Piala Dunia sepanjang sejarah.

Sebelum Prancis, lima negara yang lebih dulu melakukannya adalah Italia, Brasil, Belanda, Jerman serta Argentina.

Tak cuma masuk sebagai daftar negara yang dua kali beruntun lolos ke final Piala Dunia, Prancis juga berpeluang besar menyamai rekor Brasil dan Italia yang mampu juara dua kali beruntun.

Seperti diketahui, Prancis berhasil menjadi juara di Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 di partai final.

Andai pada final Piala Dunia 2022 nanti Prancis kembali menang, mereka pun akan jadi negara ketiga yang bisa dua kali beruntun juara Piala Dunia.

Baca Juga

Negara pertama yang berhasil menjuarai Piala Dunia secara beruntun adalah Italia. Gli Azzurri meraih gelar juara Piala Dunia pertama mereka tahun 1934, kemudian mampu mereka pertahankan di edisi Piala Dunia 1938.

Setelah Italia, ada juga Brasil yang berhasil juara Piala Dunia 1958 usai mengalahkan Swedia (5-2).

Baca Juga

Kemudian, Brasil kembali memenangkan gelar juara Piala Dunia pada tahun 1962 dengan mengalahkan Ceko (3-1).

Partai final Piala Dunia 2022 sendiri akan mempertemukan Prancis kontra Argentina hari Minggu (18/12/22) mendatang pukul 22:00 WIB di Stadion Lusail.

Argentina berhasil melangkah ke partai final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Kroasia dengan skor telak 3-0, Rabu (14/12/22) lalu di Lusail Stadium.

Baca Juga
PrancisPiala DuniaMarokoPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini