x

Dari Momok Timnas Indonesia hingga Eks RB Leipzig, 3 Wonderkid yang Siap Guncang Piala AFF 2022

Sabtu, 17 Desember 2022 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Logo Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Piala AFF 2022 akan menghadirkan banyak pemain muda. Setidaknya ada tiga wonderkid dari berbagai kontestan yang diprediksi akan mencuri perhatian.

Pasca gelaran Piala Dunia 2022 berakhir, jagat sepak bola Asia Tenggara akan diramaikan dengan event dua tahunan bertajuk Piala AFF 202.

Di edisi kali ini, terdapat 10 negara yang menjadi kontestan, di mana 10 negara ini akan terbagi dalam dua grup dan bersaing menembus babak semifinal.

Dari grup pertama atau grup A, dua finalis edisi sebelumnya yakni Thailand dan Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tiga negara lainnya, yakni Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Lalu dari grup B, beberapa negara besar Asia Tenggara tergabung seperti Vietnam, Singapura, Malaysia, Laos, dan juga Myanmar.

Baca Juga

Ke-10 negara ini akan bersaing untuk memperebutkan trofi Piala AFF 2022, entah itu untuk mempertahankan, menambah koleksi gelar, atau meraih trofi pertamanya.

Meski punya ambisi menjadi juara, beberapa negara kontestan tak membawa banyak pemain berpengalaman. Malahan banyak pemain muda yang disertakan oleh masing-masing negara.

Baca Juga

Para pemain muda ini dibawa karena dianggap memiliki kualitas setara para pemain senior yang sudah punya pengalaman.

Di sisi lain, para pemain muda ini juga dibawa untuk menambah jam terbangnya agar bisa menjadi tumpuan bagi setiap negara di masa depan.

Karena banyaknya pemain muda yang dibawa, ada tiga wonderkid yang diprediksi bisa mengguncang Piala AFF 2022 nanti. Siapa saja wonderkid tersebut dan dari negara mana saja?

Baca Juga

1. Bintang Timnas Indonesia

Bintang Timnas U-20, Marselino Ferdinan saat Lakoni Uji Coba di Turki

1. Marselino Ferdinan

Timnas Indonesia menjadi salah satu tim yang paling banyak mendaftarkan pemain muda U-23 di Piala AFF 2022 ini.

Meski banyak pemain muda, hanya nama Marselino Ferdinan yang dianggap bisa mengguncangkan Piala AFF 2022 mendatang.

Prediksi ini lahir karena pemain berusia 18 tahun itu sudah kenyang pengalaman di level Timnas Indonesia. Ia bahkan mampu menyumbangkan satu gol, yakni ke gawang Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Di level klub, usia muda Marselino Ferdinan tak menjadi halangan baginya untuk bisa menjadi andalan bagi tim Persebaya Surabaya.

Di musim ini saja, dirinya sudah mencetak satu gol dan dua assist. Tak mengherankan jika salah satu wonderkid terbaik dunia versi The Guardian ini diprediksi bisa mengguncang Piala AFF 2022.

Baca Juga

2. Oliver Bias

Marselino Ferdinan harus bersiap-siap untuk bersaing dengan wonderkid Filipina yang jadi rival Timnas Indonesia di grup A Piala AFF 2022, yakni Oliver Bias.

Pemain berusia 21 tahun itu punya nama besar karena pengalamannya yang pernah tim kelompo umur Timnas Jerman dari U-15 hingga U-17.

Baca Juga

Selain itu, Oliver Bias punya status mentereng sebagai jebolan RB Leipzig. Bahkan, dirinya sempat mendapat kesempatan tampil di tim utama Die Rotten Bullen.

Saat ini, Oliver Bias bermain di Asia Tenggara bersama tim Thailand, Chiangmai United. Meski belum mencetak gol, pengalamannya ini menjadi salah satu yang wajib diwaspadai.

Apalagi ia juga telah berhasil menembus tim senior Filipina sejak 2021 lalu dengan sumbangan satu assist bagi The Azkals.

Baca Juga

2. Momok Timnas Indonesia

Sellebrasi pemain Vietnam U-16, Khuat Van Khang, setelah berhasil bobol gawang Indonesia.

3. Khuat Van Khang

Vietnam merupakan negara yang rajin menghasilkan pemain muda berbakat yang jadi tumpuan masa depan The Golden Stars.

Di Piala AFF 2022 ini, Park Hang-seo selaku pelatih kembali mempromosikan pemain muda berbakat, yakni Khuat Van Khang ke dalam skuadnya.

Baca Juga

Pemain berusia 19 tahun ini dianggap sebagai penerus Nguyen Quang Hai yang mampu menembus kasta kedua Liga Prancis, yakni Pau FC.

Kesamaan posisi dan gaya bermain membuat Khuat Van Khang bisa jadi tumpuan di Piala AFF 2022 ini. Apalagi ia telah punya dua caps dengan Vietnam dan menyumbangkan satu gol.

Baca Juga

Bagi Timnas Indonesia, sosok pemain Viettel FC ini tak begitu asing. Sebab, ia pernah menjebol gawang skuad Garuda di level U-16 lewat tendangan bebasnya.

VietnamFilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamWonderkidMarselino FerdinanOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini