x

Impresif di Piala Dunia 2022, Maroko Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub 2023

Sabtu, 17 Desember 2022 02:51 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Yohanes Ishak
Suporter Maroko merayakan kemenangan usai Maroko lolos ke semifinal Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Henry Nicholls)

INDOSPORT.COM – Presiden FIFA, Gianni Infantino, secara resmi telah menunjuk Maroko sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2023 mendatang, setelah mampu tampil cemerlang di Piala Dunia 2022.

Salah satu negara di benua Afrika, Maroko, dalam kurun waktu satu bulan belakangan ini memang telah menyita begitu banyak perhatian para pecinta sepak bola.

Penampilannya yang gemilang saat menjalani Piala Dunia 2022 adalah penyebabnya. Singa Atlas, julukan Maroko secara mengejutkan mampu tampil hingga babak semifinal turnamen sepak bola empat tahunan tersebut.

Langkah Maroko harus terhenti pada babak semifinal lalu ketika berhadapan dengan Prancis yang berkesudahan dengan skor, 2-0, Kamis (15/12/22) dini hari.

Kekalahan tersebut setidaknya bukan akhir dari segalanya sebab Maroko masih memiliki peluang untuk menyabet juara ke-3 Piala Dunia 2022 saat berhadapan dengan Kroasia, Sabtu (17/12/22) malam WIB.

Baca Juga

Selain itu, ada kabar gembira lain yang saat ini tengah menghinggapi Maroko. Melansir dari My Joy Online, Maroko dikabarkan menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarkub pada 2023 nanti.

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengatakan Dewan FIFA telah menyetujui negara Afrika Utara tersebut menjadi tuan rumah turnamen tujuh klub terbaik di dunia.

Baca Juga

“Presiden FIFA Gianni Infantino telah mengkonfirmasi Maroko akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub FIFA 2023,” tulis laporan My Joy Online, Jumat (17/12/22).

Turnamen tersebut setidaknya akan berlangsung dari 1-11 Februari 2023 mendatang. Ini adalah ketiga kalinya Maroko menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub setelah juga melakukannya pada 2013 dan 2014 yang lalu.

Tak hanya itu, presiden FIFA, Gianni Infantino juga menjelaskan akan ada format baru dalam turnamen Piala Dunia Antarklub nanti.

Baca Juga

1. Mulai 2025, Piala Dunia Antarklub Diikuti 32 Tim

Presiden FIFA, Gianni Infantino (kiri) bersama Perdana Menteri Qatar, Khalid bin Khalifa bin Abdulaziz saat menyaksikan salah satu pertandingan Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Pedro Nunes).

Diumumkannya Maroko menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2023 tampaknya juga turut memberi pembaharuan terhadap turnamen bergengsi antarklub itu ke depannya.

Presiden FIFA Gianni Infantino juga menjelaskan pada 2025 nanti Piala Dunia Antarklub akan memiliki sesuatu yang berbeda.

Ya, format turnamen yang sebelumnya hanya diikuti oleh tujuh tim terbaik dari tiap benua akan mulai diikuti oleh 32 tim.

Format turnamen turnamen antar klub tersebut setidaknya akan menjadi mirip dengan gelaran Piala Dunia 2022 yang saat ini sedang berlangsung di Qatar.

“Kami beberapa tahun lalu telah menyetujui untuk mempunyai kompetisi Piala Dunia Antarklub yang diikuti oleh 24 tim," kata Infatino.

Baca Juga

“Harusnya format ini sudah dimulai pada 2021, tetapi ditunda karena pandemi Covid-19. Kompetisi baru ini akan dimulai pada tahun 2025 dan akan diikuti 32 klub, ini akan membuat kompetisi ini seperti Piala Dunia,” lanjutnya.

Infantino juga menambahkan format anyar Piala Dunia Antarklub itu mulai 2025 akan diselenggarkan tiap empat tahun sekali.

Baca Juga

Sedangkan, Piala Dunia Antarklub 2023 di Maroko nanti akan tetap dilanjutkan dengan format yang ada atau yang lama terlebih dahulu.

Real Madrid akan menjadi wakil Eropa setelah pada musim sebelumnya berhasil menjuarai Liga Champions dengan menyingkirkan Liverpool.

Enam klub lain yang akan menjadi lawan Real Madrid adalah Flamengo dari Brasil, Al Hilal dari Arab Saudi, Wydad Casablanca dari Maroko, Seattle Sounders dari Amerika Serikat dan Auckland City dari Selandia Baru.

Baca Juga

Sumber: My Joy Online

FIFAPiala DuniaMarokoPiala Dunia AntarklubPiala Dunia 2022Gianni InfantinoBola InternasionalUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini