x

5 Pemain Bintang yang Akhirnya Dicoret Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Senin, 19 Desember 2022 23:33 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
TC Timnas Indonesia Senior di Bali. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - 23 pemain telah resmi diumumkan untuk memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Terdapat lima nama yang akhirnya dicoret.

Perhelatan Piala AFF 2022 memang sudah di depan mata. Sebanyak sepuluh tim yang telah dibagi menjadi dua grup masih terus mematangkan persiapan hingga kick-off laga perdana mereka dimulai.

Di edisi kali ini, ada cukup banyak tim yang mengusung misi besar jadi juara dengan latar belakang yang berbeda.

Timnas Indonesia ingin memperbaiki hasil setelah di edisi lalu menuntaskan perjuangan dengan status runner-up.

Thailand akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan gelar.

Baca Juga

Vietnam ingin memberi perpisahan manis bagi Park Hang-seo, dan Brunei akan menjajal comeback setelah absen lama dari turnamen.

Untuk mewujudkan berbagai misi dan cita-cita itu, tentunya dibutuhkan materi pemain dan skuad yang mumpuni.

Baca Juga

Salah satunya adalah timnas Indonesia. Skuad Garuda telah mengumumkan 23 pemain yang akan berlaga di Piala AFF 2022 dari total 28 nama awal.

28 nama itu mengikuti pemusatan latihan sejak beberpaa waktu lalu di Bali, demi mempersiapkan tim tampil maksimal.

Artinya, ada lima pemain yang harus dicoret oleh Shin Tae-yong dari timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022, siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Dzaky Asraf

TC Timnas Indonesia Senior di Bali. (Foto: PSSI)

Dicoretnya Muhammad Dzaky Asraf tidak mengherankan.

Dzaky Asraf adalah salah satu nama pemain muda potensial yang dibawa oleh Shin Tae-yong dari timnas U-20, untuk mengikuti pemusatan latihan bareng timnas senior.

Sang gelandang diproyeksikan menjadi bagian untuk timnas senior masa depan, dan mencuri ilmu demi perkembangan kemampuannya.

Namun untuk menjadi pilihan utama rasanya Dzaky Asraf masih sulit untuk bersaing. Sebab cukup banyak stok di timnas senior saat ini di lini tengah.

Apalagi target Shin Tae-yong di Piala AFF 2022 nanti adalah juara, sehingga komposisi pemain mungkin tidak akan jauh berbeda dari edisi sebelumnya.

Baca Juga

Muhammad Ferarri

Pelatih Shin Tae-yong tampaknya akan mengandalkan pemain berpengalaman pada Piala AFF 2022 kali ini di berbebagai sektor.

Termasuk lini belakang, sehingga pemain muda potensial seperti Muhammad Ferarri tidak dikutsertakan.

Baca Juga

=

Status kapten Timnas Indonesia U-20 dan bek andalan Persija Jakarta, belum cukup bagi Muhammad Ferrari meyakinkan Shin Tae-yong.

Muhammad Ferrari kalah saing dengan Hansamu Yama, Jordi Amat, Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto untuk mengisi area jantung pertahanan Timnas Indonesia.

Andy Setyo

Untuk kesekian kalinya, Andy Setyo gagal menembus skuad Timnas Indonesia.

Baca Juga

Bek milik Persikabo 1973 ini kalah saing dengan nama-nama lain seperti Hansamu Yama, Jordi Amat, Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto.


2. Elkan Baggott

Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Sosok Elkan Baggott sangat dinanti oleh banyak pihak terkait keputusannya untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yang akan bergulir pada 20 Desember 2022 hingga  16 Januari 2023.

Awal bulan lalu, Baggott yang berada di Inggris untuk membela klubnya Gillingham FC, sempat disambangi oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Maksud kedatangan Shin Tae-yong ini ialah meminta kesediaan Gillingham FC dan Ipswich Town merelakan Elkan Baggott bergabung dengan skuad Garuda untuk Piala AFF.

Ini adalah sebuah hal yang dilematis. Elkan sangat ingin membela negaranya di kancah Asia Tenggara.

Namun di sisi lain tenaganya dibutuhkan Gillingham selama periode sibuk Liga Inggris bulan ini.

Baca Juga

Pada akhirnya sebuah kabar mengejutkan datang pada hari Kamis (15/12/22), dimana Elkan Baggott sudah memutuskan sendiri bahwa dia akan bertahan di Inggris.

Sementara Piala AFF 2022 tak masuk kalender FIFA. Sehingga, klub (baik Ipswich Town atau Gillingham FC) tidak wajib melepas Elkan Baggott ke timnas Indonesia.

Baca Juga

Pelatih Gillingham FC, Neil Harris, juga membutuhkan jasa bek berpostur 194 cm tersebut.

“Jika Elkan ingin pergi, saya dan orang-orang di Ipswich akan mendukungnya dan memahami itu juga, tetapi Elkan membuat keputusan sendiri bahwa merupakan hak istimewa mutlak untuk dipanggil oleh negara Anda."

"Di saat yang terbaik baginya untuk bertahan dan bermain sebanyak mungkin di level ini," ungkap Neil Harris dikutip Kent Online.

Baca Juga

Sandy Walsh

Sandy Walsh juga dicoret Shin Tae-yong meski baru saja selesai menjalani proses naturalisasi.

Pemain berdarah Belanda ini dicoret karena sang klub, KV Mechelen, melakoni jadwal padat di sepanjang Desember 2022 hingga Januari 2023, atau di periode Piala AFF 2022 berlangsung.

Namun, ketiadaan Sandy Walsh dapat digantikan pemain lain. Di posisi fullback atau wing back kanan Timnas Indonesia masih bercokol Asnawi Mangkualam dan Yakob Sayuri

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalSandy WalshTRIVIAAndy SetyoElkan BaggottPiala AFF 2022Muhammad Ferarri

Berita Terkini