x

Fakta Baru Jelang Laga Pembuka Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Kamboja: Main Sore di SUGBK

Senin, 19 Desember 2022 14:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Laga pembuka Piala AFF 2022 Timnas Indonesia melawan Kamboja pada Jumat (23/12/22) mendatang diwarnai dengan sejumlah fakta menarik.

INDOSPORT.COM - Laga pembuka Piala AFF 2022 timnas Indonesia melawan Kamboja, Jumat (23/12/22), diwarnai dengan sejumlah fakta menarik.

Setelah hanya mampu meraih predikat runner-up di Piala AFF 2020, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong akan kembali mengadu nasibnya di ajang ini untuk edisi 2022.

Seperti diketahui, timnas Indonesia tergabung di Grup A setelah dilakukannya drawing Piala AFF 2022 yang digelar pada 30 Agustus silam.

Timnas Indonesia yang berada di Pot 3, mendapat undian di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, serta  Brunei Darussalam selaku pemenang babak play-off.

Juara bertahan Thailand jelas akan jadi lawan terberat Timnas Garuda. Sebab, pada final Piala AFF 2020, Thailand mengalahkan Indonesia dengan agregat 6-2.

Baca Juga

Timnas Indonesia bahkan sudah menjalani pemusatan latihan selama tiga pekan di lapangan Bali United Training Center sejak 28 November lalu untuk persiapan menyongsong Piala AFF 2022.

Kemudian pada Senin (19/12/22), PSSI sudah mengumumkan daftar pemain yang akan diboyong Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022.

Baca Juga

Pada kesempatan ini, Shin Tae-yong tak mengikutsertakan dua pemain Elkan Baggott dan Sandy Walsh. Nama-nama seperti Muhammad Ferarri, Muhammad Dzaky, dan Andy Setyo juga tersisih.

Sebagai laga pertama, timnas Indonesia yang dipimpin Fachrudin Aryanto akan menghadapi Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (23/2/22).

INDOSPORT menampilkan sejumlah fakta baru di luar hal teknis untuk menyambut laga perdana timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022:

Baca Juga

1. 1. Piala AFF Digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Gelora Bung Karno dipastikan akan menjadi venue laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Foto: Royhan Susilo Utomo/INDOSPORT

Timnas Indonesia sempat jadi sorotan karena belum menentukan stadion untuk laga kandang mereka di  Piala AFF 2022. Padahal, turnamen tinggal sebentar lagi dengan tim lawan sudah merilis venue mereka masing-masing.

Beberapa nama stadion jadi opsi laga kandang Timnas Garuda. Misalnya, Stadion Patriot Cabdrabhaga, Stadion Pakansari, Stadion Gelora Bung Karno hingga Jakarta International Stadium.

Hingga akhirnya tepat 28 November kemarin, PSSI melalui Sekjen Yunus Nusi menetapkan bahwa Timnas Indonesia akan menggunakan Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk Piala AFF 2022.

Bahkan, Yunus menilai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sudah memberikan restu untuk Timnas Indonesia menggunakan Stadion GBK di ajang AFF.

Baca Juga

"Untuk Piala AFF, kandang tanggal 23 Desember melawan Kamboja dan 29 melawan Thailand, kami rencanakan menggunakan SUGBK. Kita tentu berharap Timnas diizinkan bermain di sana," kata Yunus Nusi.

"Mudah-mudahan diizinkan dan tadi kita sudah lapor ke Pak Menteri (Zainudin Amali) dan terima kasih sudah diizinkan kami bisa menggunakan GBK," jelas Yunus.

Baca Juga

Yunus pun menjelaskan penggunaan GBK tak hanya saat Timnas Indonesia melakoni laga home di babak penyisihan. Selain melawan Kamboja, Timnas Indonesia juga akan menjamu Thailand.

Nantinya, Stadion GBK juga disiapkan saat Timnas Indonesia melenggang ke babak semifinal dan final.

Namun demikian, pertandingan kandang Timnas Indonesia di SUGBK selama Piala AFF 2022 dimainkan pada sore hari. Untuk laga melawan Kamboja sendiri akan dimulai pukul 16.30 WIB.

Baca Juga

2. 2. Bakal Dihadiri Penonton

TC Timnas Indonesia Senior di Bali. (Foto: PSSI)

Kabar gembira untuk penggemar, laga kandang Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Kamboja di SUGBK boleh dihadiri penonton.

Dalam kesempatan nonton bareng Piala Dunia 2022 bersama dengan awak media, Minggu (18/12/2022), Iwan Bule menyebut jika PSSI sudah mengurus izin kepada pihak Kepolisian.

"PSSI telah melayangkan surat Izin kepada pihak Polri untuk laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 agar bisa dihadiri penonton," ujar Iwan Bule, Minggu (18/12/22) malam WIB.

Namun, PSSI sesuai dengan imbauan pihak kepolisian tetap akan membatasi jumlah penonton yang akan masuk di Piala

"Kami pun sudah melakukan koordinasi kepada pihak kepolisian mulai dari Polsek, Polres hingga Polda dan Mabes, dimana permohonan kami sekitar 30.000 penonton," cetus Iwan Bule.

Baca Juga

"Mereka bisa memadati SUGBK saat Indonesia menghadapi Kamboja dan 50.000 penonton ketika menjamu Thailand," tambahnya.

3. Timnas Indonesia Tak Jalani Laga Uji Coba

Umumnya, peserta tim Piala AFF 2022 menjalani pertandingan uji coba untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan performa mereka sebelum tampil di ajang dua tahunan ini.

Baca Juga

Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia hingga Singapura tercatat masing-masing sudah menjalani dua laga uji coba dalam satu bulan terakhir.

Namun lain daripada yang lain, timnas Indonesia memutuskan tidak jalani laga uji coba. Mereka justru fokus berlatih baik secara fisik, mental maupun teknis selama TC.

Meski tanpa laga uji coba, timnas Indonesia teta optimistis akan meraih hasil yang maksimal di gelaran akbar Asia Tenggara itu. Apalagi tim menurunkan skuat terbaiknya dalam turnamen ini.

Baca Juga
PSSIKambojaSuporterStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini