x

Juara Harga Mati! Timnas Indonesia Tak Pusingkan Kekuatan Thailand di Piala AFF 2022

Rabu, 21 Desember 2022 19:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada pemain saat latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan targetnya adalah juara di Piala AFF 2022. Dia sudah memimpin persiapan skuad Garuda hampir sebulan terakhir dan memilih 23 pemain terbaik. 

Shin Tae-yong ingin tuntaskan rasa penasaran setelah kalah di final Piala AFF 2020. Tahun lalu, Timnas Indonesia kalah dari Thailand di partai final dengan agregat 2-6. 

Tahun ini, Shin Tae-yong kembali memimpin Timnas Indonesia dan ditargetkan juara oleh PSSI. Juru taktik 52 tahun itu pun bertekad menuntaskannya.

"Target saat ini, harusnya sekarang juara, memang targetnya harus menjadi juara," ujar Shin Tae-yong. 

Timnas Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF, tapi semuanya berakhir tanpa gelar juara. Tim Merah Putih jadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020.

Baca Juga

Pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia berada di Grup A dan bersaing dengan Thailand, Kamboja, Filipina dan Brunei Darussalam. 

Thailand yang merupakan juara bertahan diprediksi jadi saingan terberat, meski tanpa diperkuat dia bintangnya, Chanathip Songkrasin dan Thanawat Suenghitthawon. 

Baca Juga

Namun, hal tersebut tidak terlalu dipusingkan Shin Tae-yong. Dia menyatakan fokusnya adalah meracik Timnas Indonesia agat tampil maksimal di Piala AFF 2022. 

"Saya sebelumnya sama sekali tidak pernah memikirkan Thailand itu jadi kuat atau jadi lemah, karena saya sangat fokus ke timnas kita sekarang," katanya. 

"Sama saja sebenarnya dengan kita juga, Sandy Walsh dan Elkan Baggott juga enggak bisa ikut dan memang setiap tim beda-beda situasinya dan punya masalah masing-masing juga," tambah Shin Tae-yong menanggapi dua bintang Thailand yang absen.  

Baca Juga

1. Tetap Waspada

Shin Tae-yong saat menujukkan skil tendangan saat latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Shin Tae-yong tetap waspadai semua pesaing di Grup A. Apalagi, Kamboja berhasil kalahkan Filipina (3-2) di laga perdana Selasa (20/12/22) dan Thailand membantai Brunei Darussalam (5-0). 

"Tetapi ya saya berpikir Thailand tetap kuat walaupun ya dua pemain tidak ikut. Tetap saya melihat Thailand tim yang sangat baik dari ASEAN," jelas Shin Tae-yong. 

Untuk tampil di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong memilih 23 pemain. Tiga di antaranya adalah pemain naturalisasi yakni Jordi Amat, Marc Klok dan Ilija Spasojevic. 

Baca Juga

Dari jadwal yang dirilis AFF, laga perdana Timnas Indonesia digelar 23 Desember 2022 melawan Kamboja, lalu dilanjut away ke Brunei pada 26 Desember.

Selanjutnya Timnas Indonesia akan menjamu Thailand pada 29 Desember serta away ke Filipina pada 2 Januari 2023 di Piala AFF 2022.

Baca Juga
PSSIThailandKambojaTimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini