x

Kamboja Lawan Timnas Indonesia: Ujian Besar bagi Duo Jepang di Piala AFF 2022

Kamis, 22 Desember 2022 18:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Timnas Kamboja, Ryu Hirose, saat sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Indonesia di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Jelang jumpa Timnas Indonesia di pertandingan Grup A Piala AFF 2022, Kamboja dengan dua pengampunya, Keisuke Honda dan Ryu Hirose masih terus berbenah.

Kamboja dan Indonesia dijadwalkan bersua di putaran grup Piala AFF pada Jumat (23/12/22) besok, yang mana pertandingannya bakal sayang jika dilewatkan.

Skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong mengawali perjuangan mereka di Piala AFF edisi kali ini setelah membawa pulang gelar runner-up pada 2020.

Sementara itu, Kamboja bisa dibilang tim yang saat ini masih membangun kekuatan di Asia Tenggara dengan merekrut duo Jepang Keisuke Honda dan Ryu Hirose di staf kepelatihan/manajerial mereka.

Meski termasuk tim yang tidak terlalu diunggulkan di Piala AFF 2022, mereka tampil mengejutkan di laga perdana melawan Filipina tempo hari.

Baca Juga

Angkor Warriors berhasil menekuk The Azkals meski dengan skor tipis 3-2. Dua gol dari Reung Bunheing ditambah satu lagi dari Orn Chanpolin sudah cukup membuat Ryu Hirose tersenyum simpul.

Jelang melawan Timnas Indonesia, Kamboja mengantongi poin yang sama dengan sang unggulan di Grup A, Thailand.

Baca Juga

Dengan awal yang baik ini, publik Kamboja tentu berharap banyak pada duo Keisuke Honda dan Ryu Hirose agar bisa menggondol lebih banyak poin demi selembar tiket menuju semifinal.

Apalagi, sejak kehadiran keduanya, sepak bola Kamboja terus berkembang dari hari ke hari, dari masa ke masa.

Ya, dalam beberapa tahun terakhir, Keisuke Honda telah mendedikasikan diri untuk Timnas Kamboja dan memberi kontribusi berharga bagi tim hingga diakui di Asia Tenggara.

Baca Juga

1. Menanti Tangan Dingin Keisuke Honda dan Ryu Hirose

Pelatih Timnas Kamboja, Ryu Hirose, saat sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Indonesia di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Meski bekerja bersama Ryu Hirose, ia tampil sebagai sosok sentral yang kerap jadi pusat perhatian di laga-laga Timnas Kamboja.

Di Piala AFF 2022 ini saja, mantan pemain AC Milan tersebut memakai pendekatan tidak biasa yang berhasil membawa Timnas Kamboja berjaya sejak pertandingan perdana di fase grup.

Keisuke Honda kabarnya belajar banyak dari Piala Dunia 2022 untuk mematangkan persiapan timnya di Piala AFF 2022.

Sebagai informasi, Keisuke Honda memang sempat terbang ke Qatar beberapa waktu lalu untuk jadi komentator final Piala Dunia 2022.

Tidak ayal, ia pun mendapat banyak pelajaran berharga setelah menonton langsung laga sengit antara Argentina vs Prancis di Stadion Lusail.

Baca Juga

"Dia (Keisuke Honda) menerapkan ilmu saat menjadi komentator final Piala Dunia untuk diterapkan ke Timnas Kamboja," tulis salah satu media Jepang, Nikkan Sports, seperti diwartakan Zing News.

Jumpa Lagi dengan Timnas Indonesia

Pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja besok akan jadi ajang ‘balas dendam’ Keisuke Honda dan Ryu Hirose terhadap Shin Tae-yong usai kalah di pertandingan grup Piala AFF 2020 lalu.

Baca Juga

Saat itu, skuad Garuda menghantam para Angkor Warriors 4-2 pada Desember 2021. Evan Dimas dkk akhirnya lolos dari Grup B dengan status juara ditemani Vietnam.

Hanya saja, jika bicara pengalaman, Shin Tae-yong memang lebih berpengalaman lantaran pernah menangani Korea Selatan yang membuat kejutan di Piala Dunia 2018.

Di bawah asuhannya, Timnas Indonesia juga berkembang semakin baik sejak 2019 lalu.

Baca Juga
 

2. Timnas Kamboja Banyak Cobaan Jelang Lawan Indonesia

Pelatih Timnas Kamboja, Ryu Hirose, saat sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Indonesia di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Sepak terjang Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia yang cukup mentereng ini pun jadi tantangan tersendiri bagi Keisuke Honda dan Ryu Hirose.

Apalagi, Timnas Kamboja memiliki waktu yang cukup terbatas untuk mempersiapkan diri jelang laga.

Pasalnya, mereka baru sampai di Jakarta pada Rabu (21/12/22) malam lantaran penerbangan yang mengalami delay.

Situasi ini pun membuyarkan rencana Kamboja dalam persiapannya menghadapi Indonesia, termasuk sesi latihan tim yang jadi berantakan.

Awalnya berniat melakukan latihan pada Rabu malam, kini mereka hanya punya waktu penuh untuk berlatih pada Kamis (22/12/22).

Baca Juga

Bahkan, di tengah drama-drama tersebut, termasuk jadwal kompetisi yang sangat padat, para pemain Timnas Kamboja sempat diteror telepon tidak dikenal saat berada di hotel.

Cerita tersebut diungkapkannya melalui cuitan Twitter, Kamis (22/12/22) pagi hari WIB.

Baca Juga

“Mendapat telepon dua kali saat berada di hotel di Indonesia. Melihat ke arah jam, ternyata pukul empat pagi,” tulisnya.

“Telepon tersebut mati sebelum diangkat,” tambahnya lagi.

Meski mengalami kejadian-kejadian kurang menyenangkan jelang jumpa Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamboja tetap fokus mempersiapkan tim terbaiknya untuk laga besok.

Setelah berhasil mengalahkan Filipina, Keisuke Honda dan Ryu Hirose tentu ingin menjaga tren positif mereka di Piala AFF 2022 agar tiket ke semifinal bisa dingenggam dengan mudah.

Baca Juga
KambojaKeisuke HondaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini