x

Para Pemain Keturunan Timnas Indonesia yang Jebol Gawang Kamboja, Jordi Amat Selanjutnya?

Jumat, 23 Desember 2022 14:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Jordi Amat saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan mengawali perjuangan di Piala AFF 2022 dengan menghadapi Kamboja pada penyisihan Grup A, Jumat (23/12/22) sore WIB. Sosok bintang keturunan, Jordi Amat diprediksi bakal jadi sorotan di laga ini.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, skuad Timnas Indonesia yang merupakan runner up Piala AFF edisi sebelumnya, jauh lebih diunggulkan ketimbang Kamboja.

Apalagi dalam sepuluh pertemuan terakhir, Timnas Indonesia tak pernah telan kekalahan bahkan selalu amankan kemenangan atas Kamboja.

Di Piala AFF 2020 lalu pun Timnas Indonesia sukses menaklukkan Kamboja dengan skor telak 4-0 pada partai perdana penyisihan Grup A.

Sepanjang pertemuan kontra Kamboja, ada beberapa bintang keturunan di Timnas Indonesia yang sukses tampil gemilang bahkan mampu cetak gol kemenangan.

Baca Juga

Serupa dengan edisi Piala AFF 2022 kali ini, skuad Timnas Indonesia pun dihuni oleh beberapa pemain keturunan yang diprediksi bakal jadi tumpuan Garuda untuk amankan kemenangan.

Salah satunya adalah Jordi Amat. Kehadiran pemain kelahiran Canet de Mar, Spanyol berdarah Makassar ini dipastikan akan membuat lini pertahanan Timnas Indonesia kian kokoh selama Piala AFF 2022 nanti.

Baca Juga

Datangnya Jordi Amat pun diprediksi bisa melengkapi puzzle Timnas Indonesia untuk bisa menjuarai Piala AFF perdana dalam sejarah.

Jelang laga debutnya di Timnas Indonesia, Jordi Amat diharapkan bisa meniru catatan beberapa pemain keturunan yang lebih dulu sukses membawa skuad Garuda raih kemenangan terutama saat menghadapi Kamboja.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, para pemain keturunan yang berhasil mencetak gol ke gawang Kamboja:

Baca Juga

1. Raphael Maitimo

Irfan Bachdim menggiring bola dalam pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Selasa (15/10/19) malam.

Nama pertama adalah Raphael Maitimo. Gelandang Rotterdam, Belanda tersebut sempat jadi tumpuan di lini tengah Timnas Indonesia.

Tercatat, ada 21 pertandingan yang telah dimainkan Raphael Maitimo bersama Timnas Indonesia sejak tahun 2012 silam.

Dari jumlah penampilan tersebut, Raphael Maitimo berhasil catatkan empat gol di semua ajang internasional.

Termasuk salah satu golnya ke gawang Kamboja dalam sebuah laga uji coba di Gelora Delta Stadium, Sidoarjo pada tahun 2014.

Selain ke gawang Kamboja, pemain yang kini telah berusia 38 tahun tersebut juga sempat mencetak gol ke gawang Andorra dan membuat Timnas Indonesia menang 1-0 di laga uji coba tahun 2014 silam.

Baca Juga

Irfan Bachdim
Berikutnya adalah Irfan Bachdim. Penyerang keturunan Belanda ini juga merupakan mesin gol andalan Timnas Indonesia dan sempat jadi andalan skuad Garuda dalam beberapa era kepelatihan.

Menjalani debut di Timnas Indonesia pada tahun 2010 lalu, total Irfan Bachdim sudah bermain sebanyak 41 laga buat Merah-Putih.

Baca Juga

Dari jumlah penampilan tersebut, Irfan Bachdim berhasil mencetak 12 gol di semua kompetisi termasuk saat hadapi Kamboja pada laga uji coba pada 8 Juni 2017 silam.

Berbekal torehan 12 gol miliknya, membuat Irfan Bachdim hanya berjarak dua gol saja dari Budi Sudarsono yang bertengger di urutan 10 top skor sepanjang masa Timnas Indonesia.

Selama memperkuat Timnas Indonesia, penyerang yang kini telah berusia 34 tahun tersebut juga sempat membawa skuad Garuda menjadi runner up Piala AFF 2010 lalu.

Baca Juga

2. Timnas Indonesia Tak Boleh Anggap Enteng Kamboja

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Kamboja (AFF Cup 2022).

Sementara itu, meski diatas kerta Timnas Indonesia lebih diunggulkan namun pelatih Shin Tae-yong peringati anak asuhnya agar tetap waspada. Pasalnya, dalam sepak bola semua hal bisa terjadi.

Apalagi, Kamboja dalam situasi terbaik setelah menangi laga perdana Grup A Piala AFF 2022. Di partai pembuka kemarin, Kamboja mampu kalahkan Filipina dengan skor 3-2.

Baca Juga

Untuk itu, Shin Tae-yong meminta anak asuhnya tampil maksimal demi memenangi laga pembuka kontra Kamboja sore nanti.

"Saya juga tegaskan bola itu bundar, saya tidak bisa bilang bisa dapat kemenangan dengan mudah atau tidak. Memang tergantung situasi juga bisa berubah-berubah," kata Shin Tae-yong.

KambojaNaturalisasiTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini