x

Shin Tae-yong Tarik 4 Pemain Andalan di Laga Timnas Indonesia vs Kamboja, Performa Kurang Memuaskan?

Sabtu, 24 Desember 2022 08:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengganti empat pemain andalan saat menang 2-1 atas Kamboja di laga perdana Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/22) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Dia lakukan itu untuk beri waktu istirahat.

Empat pemain yang dimaksud adalah Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri. Mereka awalnya bermain sebagai starter, tapi ditarik keluar pada babak kedua.

Asnawi digantikan Edo Febriansah, Arhan oleh Yakob Sayuri, Witan oleh Dendi Sulistyawan dan Egy digantikan Saddil Ramdani.

Shin Tae-yong punya alasan kuat mengganti empat pemain tersebut, meski Egy dan Witan mencetak gol di babak pertama. Alasannya karena tenaga mereka dibutuhkan di laga berikutnya di Piala AFF 2022.

Jadwal pertandingan babak grup Piala AFF 2022 sangat padat, tiap tim bermain setiap tiga hari, sehingga Shin Tae-yong ingin berikan waktu istirahat lebih panjang untuk pemain andalannya. 

Baca Juga

"Egy cetak gol babak pertama, tapi saya lihat alur permainan dan dia pemain penting jadi saya harus jaga kondisi dan performa mereka agar lebih meningkat dan tetap baik di laga berikutnya," kata Shin Tae-yong.

Tak hanya itu, juru taktik 52 tahun itu ingin berikan kesempatan bagi pemain lain untuk unjuk gigi. Pasalnya, performa empat pemain di atas juga tidak terlalu maksimal.

Baca Juga

"Para pemain kita memang dua bulan tak bertanding, bahkan ada yang empat bulan. Arhan tak pernah bertanding, Asnawi juga setelah FIFA match day ada sedikit cedera otot dan hanya main sekali di klub," ujar Shin Tae-yong.

"Secara keseluruhan performa kurang baik dan fisik tak maksimal, jadi saya ambil keputusan tarik. Tapi ke depan akan jadi lebih baik," tuntasnya.

Baca Juga

1. Marah Besar

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Gol kemenangan Timnas Indonesia atas Kamboja pada laga sore tadi diciptakan oleh Egy Maulana Vikri ('7) dan Witan Sulaeman ('35). Sedangkan satu-satunya gol tim tamu dilesakan S. Krya ('15).

Meski menang, Shin Tae-yong menyatakan tak puas dengan penampilan anak asuhnya. Dia bahkan marah-marah di ruang ganti pasca-laga lantaran banyak peluang emas yang terbuang sia-sia.

Baca Juga

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai, pemain tak menghargai penonton yang datang ke stadion karena tak menyuguhkan permainan yang seru.   

Usai lawan Kamboja, Indonesia harus segera berbenah karena sudah ditunggu lawan berikutnya yakni Brunei Darussalam. Pertandingan itu akan digelar 26 Desember di Malaysia.  

Baca Juga

Pada Piala AFF 2022, Indonesia berada di Grup A dan bersaing dengan Kamboja, Thailand, Brunei Darussalam dan Filipina. 

KambojaTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini